23 Manfaat oatmeal untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Nutrisi
manfaat oatmeal
image from pixabay.com

Manfaat oatmeal untuk kesehatan yang mengagumkan serta kandungan nutrisi di dalamnya yang lengkap meliputi vitamin, serat, protein, mineral dan juga beberapa karbohidrat kompleks. Oatmeal merupakan makanan sehat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Oatmeal umumnya dibuat dari gandum utuh. Makanan ini pada umumnya telah lama dijadikan sebagai makanan utama pada bangsa Romawi dan Yunani. Semenjak diketahui jika oatmeal memiliki banyak nutrisi penting maka menjadikannya semakin populer di seluruh dunia.

 

Kandungan Nutrisi Oatmeal

Oatmeal mengandung 68 kalori per 100 gram dan dianggap menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik. Oatmeal sering digunakan sebagai sarapan sehat karena menyediakan banyak nutrisi penting yang sangat anda butuhkan untuk beraktivitas seharian. Berikut daftar rinci kandungan nutrisi oatmeal:

  • Total Lemak – 1,4 g
  • Sodium – 49 mg
  • Lemak Jenuh – 0,2 g
  • Lemak Tak Jenuh – 0.4 g
  • Lemak tak jenuh tunggal – 0,4 g
  • Lemak Trans – 0 g
  • Kalium – 61 mg
  • Karbohidrat Total – 12 g
  • Serat Makanan – 1,7 g
  • Gula – 0,5 g
  • Protein – 2,4 g
  • Vitamin A – 8%
  • Vitamin C – 0%
  • Kalsium – 8%
  • Zat besi – 33%
  • Vitamin D – 0%
  • Vitamin B-6 – 15%
  • Vitamin B-12 – 0%
  • Magnesium – 6%

 

Manfaat oatmeal untuk kesehatan

1. Kaya akan kandungan antioksidan

Oatmeal padat akan kandungan antioksidan yang dirancang untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Menambahkan makanan yang kaya antioksidan seperti oatmeal sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas (oksidan). Sebenarnya oksidan dibuat oleh tubuh untuk melawan mikroba dan virus berbahaya akan tetapi terkadang oksidan jumlahnya terlalu banyak sehingga dapat menyerang sel.

2. Mencegah sembelit

Oatmeal diperkaya dengan serat yang dapat membantu pergerakan usus. Orang yang mengalami masalah dengan pencernaan dapat mengkonsumsi oatmeal secara rutin. Oatmeal mengandung 8 gram serat larut yang sangat baik untuk mengatasi berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit. Serat larut dalam oatmeal akan menyerap air kemudian akan mempermudah proses pengeluaran kotoran.

3. Meningkatkan sensitifitas insulin

Manfaat oatmeal untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin. Insulin merupakan hormon yang diproduksi pankreas untuk melayani banyak tujuan dalam tubuh. Di antara manfaat dan fungsi insulin adalah mengubah karbohidrat menjadi energi. Jika tubuh anda memiliki sensitivitas insulin maka itu artinya anda memiliki resistensi rendah terhadap insulin. Hal ini sangat baik sekali terutama untuk mencegah penyakit diabetes. Selain itu oatmeal juga rendah indeks glikemik sehingga akan mengontrol kadar gula darah anda.

4. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat oatmeal untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu mengurangi resiko diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit metabolik yang disebabkan oleh peningkatan kadar glukosa darah. Diabetes dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan lain termasuk penglihatan menjadi kabur, sering berkemih, dan cepat lelah. Dalam kondisi yang lebih kronis diabetes dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti kerusakan saraf atau ginjal, masalah kardiovaskular, gangguan pendengaran, bahkan stroke.

Oatmeal kaya akan serat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah anda. Studi menemukan bahwa mengkonsumsi makanan yang diperkaya serat dapat mengurangi resiko diabetes hingga lebih dari 30%.

5. Membantu meningkatkan energi tubuh

Oatmeal merupakan menu sarapan sehat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain rendah lemak oatmeal juga memilih karbohidrat kompleks yang baik untuk mendongkrak stamina. Di dalam oatmeal terdapat beberapa nutrisi penting termasuk protein, serat, dan beberapa vitamin B kompleks yang sangat baik untuk meningkatkan energi anda. Bagi anda yang memiliki aktivitas padat sangat cocok menggunakan oatmeal sebagai menu sarapan.

6. Membantu pembentukan hemoglobin

Manfaat oatmeal untuk kesehatan ini didapat dari kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya, dimana zat besi sangat penting dalam pembentukan hemoglobin. Mencukupi kebutuhan zat besi dapat mencegah kekurangan sel darah merah yang mengarah pada anemia. Selain itu kurangnya asupan zat besi dari makanan juga akan menghambat oksigen untuk disalurkan ke berbagai organ di dalam tubuh. Mengkonsumsi satu porsi oatmeal sebagai menu sarapan dapat membantu anda terhindar dari anemia.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Tingginya kadar kolesterol menjadi salah satu masalah utama bagi kesehatan karena dapat menyebabkan beberapa penyakit termasuk stroke, serangan jantung, bahkan diabetes. Untungnya di antara manfaat oatmeal untuk kesehatan adalah membantu anda dalam mengontrol kadar kolesterol darah. Kandungan serat yang tinggi dalam oatmeal dapat menurunkan LDL atau kolesterol buruk. Selain itu, serat larut dalam oatmeal juga mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

8. Membantu meningkatkan massa otot

Bagi anda yang ingin memiliki otot yang kekar tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi oatmeal. Meskipun produk biji-bijian seperti oatmeal bukan sumber utama protein akan tetapi oatmeal bisa dijadikan alternatif yang sehat karena sangat rendah lemak. Satu porsi oatmeal akan membantu anda menyediakan energi sekaligus memenuhi kebutuhan protein untuk meningkatkan massa otot. Hal ini sangat dibutuhkan terutama bagi para olahragawan yang mengeksploitasi tubuh mereka.

9. Membantu menyeimbangkan berat badan

Bagi anda yang ingin memiliki berat badan ideal sebaiknya tingkatkan asupan serat dan protein nabati seperti oatmeal. Karena kandungan nutrisinya yang lengkap membuat oatmeal membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian sehingga membuat anda tidak mudah lapar. Akhirnya kebiasaan ngemil anda bisa ditanggulangi. Kebanyakan orang yang tidak mendapatkan asupan makanan yang kaya akan nutrisi akan melampiaskannya dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti kue, es krim, dan makanan manis lainnya.

10. Membantu pemulihan otot

Memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein sangat penting untuk membangun sekaligus memulihkan otot. Oatmeal diperkaya dengan protein dan karbohidrat kompleks yang dapat melakukannya dengan baik. Protein dalam oatmeal secara langsung digunakan untuk memperbaiki jaringan otot sekaligus membantu menguatkannya. Sedangkan karbohidrat digunakan oleh tubuh untuk menciptakan energi. Jika tubuh kekurangan karbohidrat maka untuk membuat energi terpaksa tubuh akan mengambil protein. Jadi mencukupi kebutuhan keduanya sangatlah penting sekali tentunya dalam porsi yang tidak berlebihan.

11. Mengurangi resiko asma pada anak

Penyakit asma menyerang hingga lebih dari 22 juta orang di Amerika serikat dan penyakit ini cukup sering dialami anak-anak. Penyakit asma memiliki kaitan langsung dengan kesehatan saluran napas dan paru-paru efek dari asma dapat mempengaruhi sensitifitas pernapasan terhadap panas dan dingin yang ekstrim. Satu studi mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan yang diperkaya oatmeal untuk anak-anak sebelum usia 6 bulan dapat menurunkan resiko asma.

12. Sumber protein nabati

Protein sangat penting sekali untuk tubuh karena memainkan banyak fungsi vital. Kekurangan protein dapat melemahkan beberapa otot termasuk otot rambut dan mempengaruhi beberapa kesehatan termasuk tulang, kulit, kuku, dan darah. Oatmeal mengandung protein nabati yang sangat baik sekali untuk mencukupi kebutuhan protein harian anda. Asupan protein harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 46 sampai 57 gram per hari, sedangkan satu cangkir oatmeal mengandung 12 gram protein.

13. Membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh

Manfaat oatmeal untuk kesehatan ini sangat cocok sekali terutama bagi mereka yang sering mengalami ketidakseimbangan hormon seperti pada saat hamil dan PMS. Ketidakseimbangan hormon dapat mempengaruhi mental, libido yang rendah, kecemasan berlebih, depresi, kelelahan, dan berat badan yang tidak terkontrol. Karena oatmeal mengandung tinggi serat maka membuatnya sangat baik sekali dalam menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Serat bekerja dengan cara mengikat dirinya pada estrogen sekaligus menghilangkan hormon yang berlebihan atau yang tidak perlu.

14. Meningkatkan kesehatan mata

Vitamin A yang ditemukan dalam oatmeal memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan mata anda. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi dan manfaat vitamin A adalah melindungi kornea mata dari kerusakan sekaligus meningkatkan penglihatan anda terutama di malam hari. Selain itu, vitamin A juga berguna menghambat virus dan bakteri untuk menyebabkan infeksi pada mata.

15. Membantu meningkatkan suasana hati

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang anda konsumsi berperan penting dalam meningkatkan suasana hati. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti junk food sebenarnya akan meningkatkan risiko depresi dan gangguan mental lainnya. Begitu juga sebaliknya makanan yang kaya akan nutrisi termasuk karbohidrat kompleks seperti yang terdapat dalam oatmeal akan merangsang produksi serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter yang diproduksi oleh tryptophan. Peningkatan serotonin memiliki efek langsung pada nafsu makan, kontrol implus, tidur, dan peningkatan suasana hati. Jadi mengkonsumsi oatmeal secara rutin berperan penting untuk meningkatkan kesehatan mental anda.

16. Mengurangi berbagai macam masalah otot

Manfaat oatmeal untuk kesehatan yang perlu diperhitungkan adalah membantu mengurangi berbagai macam masalah otot. Oatmeal mengandung 61 mg kalium per 100 gramnya. Perlu anda ketahui jika kalium sangat penting sekali untuk kontraksi otot yang sehat. Ion yang dilepaskan oleh kalium juga ditemukan di sel otot kita. Ion-ion ini akan membantu refleks serta fungsi di otak dan sistem saraf yang berhubungan dengan otot.

17. Menghilangkan kelebihan karbondioksida

Asupan sodium yang direkomendasikan pada orang dewasa adalah 1500 mg. Kurang ataupun lebih dari itu akan memiliki efek kurang baik untuk kesehatan (tergantung tingkat kelebihan dan kekurangannya). Sodium sangat penting untuk menghilangkan kelebihan karbondioksida dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah pernapasan, kerusakan pada sistem saraf, hiperkapnia, dan kerusakan sel. Dalam 100 gram oatmeal mengandung setidaknya 49 mg sodium.

Manfaat oatmeal untuk kesehatan yang lainnya adalah:

18. Mencegah migrain
19. Meringankan gejala PMS
20. Mencegah stroke
21. mengurangi risiko penyakit jantung
22. Mencegah penyakit kanker usus besar
23. Meningkatkan fungsi otak