6 Manfaat niacin (vitamin B3) untuk kesehatan Anda

manfaat niacin
manfaat niacin
Ilustrasi manfaat niacin

Manfaat niacin (vitamin B3) untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Niacin atau vitamin B3 merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting sekali. Meskipun tidak begitu terkenal tanpa kita sadari vitamin B3 ini banyak ditemukan dalam buah dan sayur serta beberapa makanan seperti biji-bijian. Fungsi dan manfaat niacin ternyata sangat banyak sekali bagi kesehatan kita diantaranya adalah membantu menstabilkan kolesterol dalam darah. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat niacin untuk kesehatan mari baca artikel di bawah ini:

1. Mengurangi nyeri sendi

Artritis merupakan istilah yang digunakan untuk beberapa penyakit yang berkaitan dengan sendi atau nyeri sendi. Osteoartritis dan reumatoid artritis merupakan jenis penyakit artritis yang paling banyak diderita. Pada kasus osteoartritis terjadi akibat kerusakan pada tulang rawan yang menutupi tulang. Dalam sebuah penelitian niacin ternyata dapat membantu meringankan penyakit arthritis. Penelitian lain yang juga dilakukan menggunakan objek tikus sebagai percobaan menemukan bahwa suntikan vitamin b3 atau niacin dapat mengurangi pembengkakan yang berhubungan dengan artritis.

2. Menurunkan resiko penyakit alzheimer

Manfaat niacin yang kedua adalah mengurangi resiko penyakit alzheimer. Alzheimer merupakan penyakit yang banyak mengarang para lansia. Penyakit ini ditandai dengan menurunnya fungsi kognitif otak termasuk dalam hal mengingat. Penyakit Alzheimer lebih mungkin dialami oleh mereka yang memasuki usia diatas 60 tahun. Biasanya para penderita alzheimer sulit mengingat hal-hal yang sifatnya jangka pendek. Akan tetapi ingatan jangka panjang mereka secara umum masih utuh. Penelitian menunjukkan orang yang memiliki kadar niacin yang rendah memiliki resiko lebih tinggi terkena Alzheimer.

3. Meningkatkan fungsi otak

Bersamaan dengan menurunkan resiko penyakit alzheimer niacin atau vitamin B3 juga berguna meningkatkan fungsi otak. Ini sangat penting sekali terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Para peneliti melihat ada hubungan yang erat antara mencukupi kebutuhan niacin dan mengurangi resiko penyakit skizofrenia. Penyakit ini ditandai dengan delusi, halusinasi, dan sulit berkonsentrasi.

4. Membantu mencegah katarak

Katarak merupakan salah satu penyakit yang paling banyak merenggut penglihatan orang di seluruh dunia. Salah satu cara mencegah katarak adalah menjaga pola makan yang sehat termasuk dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin B3 atau niacin. Orang yang memiliki asupan niacin tinggi ternyata memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit katarak.

5. Membantu menyeimbangkan kadar kolesterol

Sebagian besar kolesterol dalam darah adalah jenis kolesterol buruk atau LDL. Kolesterol ini dapat mempengaruhi kesehatan jantung dan juga bisa menyebabkan stroke. Selama lebih dari 50 tahun para dokter telah memanfaatkan niacin sebagai pengobatan untuk menurunkan kolesterol. Selain membantu menurunkan kolesterol jahat di saat yang bersamaan niacin juga berguna meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

6. Mengurangi resiko diabetes

Manfaat niacin untuk kesehatan tampaknya berpotensi dalam mencegah penyakit diabetes. Diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun dimana tubuh seseorang menyerang dan menghancurkan sel-sel yang menciptakan insulin di pankreas. Studi menunjukkan bahwa asupan vitamin B3 atau niacin dapat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 1 pada anak-anak.

7. Membantu mencegah penyakit jantung

Manfaat niacin untuk kesehatan yang berakhir adalah membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Cara niacin dalam mengurangi resiko penyakit jantung sangat beragam selain berguna menurunkan kolesterol jahat niacin juga bermanfaat mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Meskipun demikian, beberapa penelitian telah menemukan bahwa niacin tidak memiliki pengaruh besar pada pengurangan resiko serangan jantung dan stroke atau akibat penyakit jantung pada orang yang berisiko tinggi. Akan tetapi studi lain menemukan bahwa niacin justru berguna mengurangi tingkat keparahan dan kematian pada pasien penyakit jantung.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →