24 Manfaat minyak zaitun untuk wajah, rambut, dan kecantikan kulit

manfaat minyak zaitun untuk wajah
manfaat minyak zaitun untuk wajah
image from pixabay.com

Manfaat minyak zaitun untuk wajah, rambut, dan kecantikan kulit yang sangat mengagumkan termasuk menghilangkan kerutan di wajah, melembabkan kulit, serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Salah satu produk kecantikan yang menjadi favorit para wanita adalah minyak zaitun. Minyak zaitun dikemas dengan berbagai macam nutrisi penting yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan kulit anda. Minyak zaitun kaya akan vitamin termasuk vitamin A dan E serta efek antioksidan yang kuat. Sehingga membuatnya sangat baik untuk mengatasi berbagai macam problem yang dialami kulit.

 

Manfaat minyak zaitun untuk wajah

Berikut beberapa info selengkapnya mengenai manfaat minyak zaitun untuk wajah anda:

1. Make up remover

Menggunakan minyak zaitun sebagai make up remover menjadi langkah yang sangat baik sekali. Minyak zaitun dapat dengan lembut menghilangkan make up dari wajah sekaligus memelihara kesehatannya di saat yang bersamaan. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan sedikit minyak zaitun dengan kapas kemudian gosokkan dengan lembut pada riasan wajah anda. Lakukan dengan tlaten sampai riasan di wajah anda benar-benar hilang. Proses pembersihan ini sangat baik dilakukan terutama saat menjelang tidur untuk menghindari sisa make up yang menyebut pori-pori.

2. Menghilangkan kerutan di wajah

Munculnya kerutan di wajah merupakan tanda-tanda penuaan yang sangat umum terjadi. Meskipun hal ini adalah proses alami akan tetapi terkadang bisa datang lebih cepat daripada yang seharusnya. Untungnya salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah membantu mengurangi tanda-tanda penuaan tersebut. Di dalam minyak zaitun terdapat senyawa penting yang bertindak sebagai antioksidan. Dimana senyawa ini berguna mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Kerusakan tersebut dapat mempengaruhi sel tubuh dan kulit sehingga dapat menyebabkan penuaan.

Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan minyak zaitun sangat sederhana dan mudah. Pertama ambil dua sendok makan minyak zaitun extra virgin lalu masukkan ke dalam mangkuk kaca. Tambahkan beberapa sendok susu ke dalamnya sebagai bahan campuran setelah itu gunakan sebagai masker wajah. Melakukannya secara rutin akan mencegah munculnya kerutan di wajah lebih awal. Ini sangat penting sekali jika anda ingin terlihat lebih muda secara alami.

3. Melembabkan wajah secara alami

Apakah anda sedang membutuhkan pelembab alami untuk wajah?. Jika anda menggunakan minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang tepat. Penggunaan minyak zaitun pada wajah bukan hanya membuatnya lebih lembab tetapi juga ternutrisi dari luar. Penggunaan minyak zaitun sangat direkomendasikan karena selain aman juga memiliki tingkat keefektifan cukup baik dibandingkan menggunakan bahan kimia. Banyak pelembab berbahan kimia yang ternyata justru dapat berakibat buruk bagi kesehatan kulit wajah. Belum lagi kulit wajah merupakan salah satu bagian yang sangat sensitif sehingga bahan perawatannya harus benar-benar minim efek samping.

4. Membersihkan wajah dengan cepat

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang tidak kalah penting adalah membantu membersihkannya dari kotoran. Menerapkan minyak zaitun pada kulit wajah akan membantu mengangkat kotoran yang menempel. Ini merupakan proses pembersihan yang luar biasa karena minyak zaitun juga akan memberikan kelembaban alami pada kulit. Belum lagi, berbagai macam nutrisi penting dalam minyak zaitun juga akan meresap di kulit wajah sehingga membuatnya lebih sehat.

5. Menghilangkan kantung mata

Kantung mata bisa muncul jika seseorang mengalami kekurangan porsi tidur terutama di malam hari. Salah satu penyebab paling umum munculnya kantung mata adalah retensi air yang berlebihan pada area bawah mata. Kabar baiknya, diantara manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah membantu menghilangkan kantung mata.

Cara menghilangkan kantung mata dengan minyak zaitun tidaklah sulit. Karena anda tinggal mengoleskan minyak zaitun pada area bawah mata dan sekitarnya dengan merata. Lakukan sedikit pemijatan untuk membuat nutrisi dalam minyak zaitun terserap dengan baik. Diamkan selama setidaknya 30 menit lalu bilas wajah anda dengan air hingga tidak ada minyak zaitun yang masih menempel.

6. Mengangkat sel kulit mati di wajah

Proses pembersihan sel kulit mati sangat penting sekali untuk mencegahnya menyumbat pori-pori kulit sehingga dapat menyebabkan jerawat dan komedo. Selain itu, sel kulit mati juga dapat menutupi cahaya alami kulit wajah anda sehingga membuatnya tampak kusam dan tidak sehat. Minyak zaitun hadir sebagai bahan perawatan yang sangat baik untuk membantu Anda mengangkat sel kulit mati tersebut, tentunya dengan mudah dan aman. Berikut cara mengangkat sel kulit mati di wajah dengan minyak zaitun:

Pertama masukkan gula yang sudah dihaluskan terlebih dahulu ke dalam mangkuk kecil setelah itu tuangkan 2 sendok makan minyak zaitun ke dalamnya. Aduk-aduk hingga kedua bahan tadi tercampur rata lalu gunakan sebagai scrub alami kulit dengan cara menggosokkan nya secara perlahan. Ingat, jangan melakukan proses ini terlalu sering karena dapat mengiritasi kulit anda. Proses scrubbing harus dilakukan tidak lebih dari 1 bulan sekali.

7. Melindungi kulit dari sengatan sinar matahari

Paparan sinar matahari berlebih dapat berakibat buruk bagi kesehatan kulit wajah termasuk membuatnya menjadi lebih kusam, kering, bahkan memicu kanker kulit. Tentu anda tidak ingin jika hal ini terjadi pada wajah anda. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai tabir surya alami. Caranya cukup dengan menggunakan minyak zaitun sebagai masker wajah secara rutin terutama saat sebelum keluar rumah.

8. Mengatasi kulit kering dan pecah-pecah

Kulit kering dan pecah-pecah biasanya diakibatkan oleh sinar matahari berlebih atau kondisi lain termasuk alergi. Apapun penyebabnya, masalah ini harus segera diatasi karena akan mempengaruhi penampilan anda. Kulit kering biasanya akan membuat kerutan lebih mudah muncul di wajah anda. Selain itu, kekeringan pada kulit juga akan membuatnya tampak tidak sehat. Ada cara yang sangat praktis dan bekerja sangat baik sekali dalam mengatasi kulit kering dan pecah-pecah, yaitu menggunakan minyak zaitun. Caranya tidak sulit kok, anda hanya perlu menggunakan minyak zaitun sebagai masker wajah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal penggunaan bahan lainnya seperti lidah buaya mungkin diperlukan. Tetapi hal ini bersifat opsional saja alias tidak wajib.

9. Mengencangkan kulit wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sangat digemari wanita adalah kemampuannya dalam meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini sangat penting karena kulit yang kencang akan membuatnya tampak lebih muda dan sehat. Belum lagi, menjaga elastisitas kulit artinya juga membantu mencegah kerutan dan munculnya tanda-tanda penuaan lainnya. Manfaat minyak zaitun yang satu ini bukan hanya untuk wajah tetapi juga kulit bagian tubuh lainnya.

10. Mencegah jerawat di wajah

Pastinya jengkel jika wajah anda yang cantik harus dinodai dengan munculnya jerawat. Bukan hanya dapat mengganggu penampilan, jerawat juga terkadang menyakitkan karena menimbulkan peradangan. Tetapi tidak perlu khawatir, karena minyak zaitun bisa anda gunakan sebagai bahan alami untuk mencegah jerawat tersebut.

11. Menghaluskan kulit wajah secara alami

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang sangat baik karena sangat efisien untuk membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Ini merupakan bahan yang sangat bagus bukan hanya untuk kecantikan kulit wajah, tetapi juga membuatnya tampak lebih sehat dan terawat. Pengaplikasian minyak zaitun pada tubuh juga relatif lebih mudah dan praktis sehingga Anda tidak perlu lagi membeli cream atau lotion mahal.

 

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

1. Menghaluskan rambut secara alami

Perawatan rambut menggunakan minyak zaitun sangat cepat dan mudah dibuat. Anda hanya butuh 15 menit untuk melakukannya. Caranya campurkan 1 kuning telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun ke dalam sebuah mangkuk. Biarkan masker ini di rambut Anda selama 15 menit kemudian bilas dengan shampo. Menerapkannya secara rutin akan membuat rambut anda tampak lebih sehat dan bersinar secara alami.

2. Menghilangkan ketombe

Minyak zaitun menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menyingkirkan ketombe di kulit kepala dan rambut Anda. Cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe sangat praktis. Anda cukup mencampurnya dengan lemon sebelum memijatkannya dengan lembut di kulit kepala. Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang satu ini perlu Anda coba terutama bagian yang sering mengalami gatal pada kulit kepala akibat ketombe.

3. Mengatasi rambut kering dan bercabang

Ujung rambut yang bercabang bisa diatasi dengan mudah menggunakan minyak zaitun. Ya, minyak zaitun merupakan pelembab alami yang memberikan sentuhan luar biasa pada rambut. Rambut Anda yang kering akan berubah menjadi lembab secara alami hanya dengan menggunakan serum dari minyak zaitun. Untuk menggunakannya pertama panaskan minyak zaitun terlebih dahulu. Setelah itu gunakan saat sudah mulai hangat pada rambut Anda. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan shampo.

4. Menghaluskan rambut Anda secara alami

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang satu ini paling disukai wanita karena rambut yang halus akan membuatnya tampak lebih sehat dan terawat. Memijatkan minyak zaitun ke kulit kepala dan rambut akan dengan cepat memperbaiki rambut yang kasar dan mengembang. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan Anda harus rutin menerapkan minyak zaitun ke rambut, setidaknya 2 kali sebulan.

5. Memanjangkan rambut secara alami

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut panjang dan kuat penggunaan minyak zaitun bisa dijadikan pilihan. Minyak zaitun bisa dikatakan berperan sebagai obat penumbuh rambut alami. Anda tidak perlu lagi memikirkan produk yang tepat untuk membuat agar rambut cepat panjang karena minyak zaitun bisa menggantikan peran obat penumbuh rambut tersebut.

Memijatkan minyak zaitun hangat pada kulit kepala akan merangsang pertumbuhan rambut sehingga bisa tumbuh lebih cepat. Minyak zaitun bekerja dengan cara meningkatkan aliran darah ke kulit kepala sehingga membuat rambut bisa ternutrisi maksimal.

6. Meluruskan rambut keriting

Keinginan orang berbeda-beda soal rambut mereka, ada yang menginginkan memiliki rambut keriting tapi ada juga yang lebih menyukai rambut lurus. Bagi Anda yang ingin mendapatkan rambut lurus secara alami tanpa menggunakan rebonding atau pencatok rambut minyak zaitun bisa dijadikan solusinya. Minyak zaitun bisa membantu Anda mendapatkan rambut yang lurus tanpa harus merusaknya. Berbeda halnya dengan pelurus rambut yang dapat membuat rambut lebih kering dan mudah patah.

7. Membantu rambut tumbuh lebih kuat

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang berakhir adalah membuatnya lebih kuat dan tahan segala kondisi. Nutrisi yang diberikan oleh minyak zaitun mampu membuat rambut tumbuh lebih kuat dan sehat secara alami. Memiliki rambut yang kuat sangat penting sekali untuk mencegah kerontokan dan masalah rambut lainnya. Menggunakan minyak zaitun secara rutin akan membersihkan lapisan kulit kepala yang terkadang dapat ditumbuhi jamur. Munculnya jamur pada kulit kepala bukan hanya akan menyebabkan ketombe, tetapi juga meningkatkan resiko kerontokan pada rambut.

 

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

Setelah kita mengetahui mengenai manfaat minyak zaitun untuk wajah dan rambut. Mari kita cari tahu apa lagi manfaat yang bisa kita dapatkan saat menggunakan minyak zaitun.

1. Mengurangi munculnya stretch mark

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang sangat mengagumkan adalah mengurangi munculnya stretch mark. Cara menghilangkan atau menyamarkan stretch mark yaitu dengan memijatkan minyak zaitun hangat ke kulit selama masa kehamilan. Hal ini bertujuan untuk membuat kulit lebih elastis sehingga mengurangi risiko munculnya stretchmark. Selain pada saat kehamilan, penggunaan minyak zaitun juga direkomendasikan pada saat setelah kelahiran dengan manfaat yang sama.

2. Melembabkan bibir secara alami

Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab alami bibir yang tentunya lebih aman dibandingkan penggunaan lip balm. Kebanyakan dari jenis lip balm menggunakan bahan kimia untuk melembabkan bibir. Sehingga dalam jangka panjang justru membuat bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah.

3. Membuat bibir tampak lebih kenyal

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah membuatnya lebih elastis dan kencang. Ini juga berlaku saat Anda menerapkannya pada bagian bibir. Penggunaan minyak zaitun pada bibir akan membantu meningkatkan elastisitasnya sehingga membuat bibir Anda lebih kenyal dan tampak berisi.

4. Memerahkan bibir secara alami

Siapa yang menyangka jika penggunaan minyak zaitun bisa dengan mudah memerahkan bibir. Untuk melakukannya, anda perlu mencampur minyak zaitun dengan gula halus, setelah itu terapkan pada bibir anda. Pijat secara perlahan untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir. Melakukannya secara rutin akan membantu Anda mendapatkan bibir yang merah merona.

5. Menghaluskan tangan dan kuku

Minyak zaitun adalah ramuan penghalus kulit yang sangat baik sekali. Minyak zaitun bukan hanya bekerja pada wajah tetapi juga tangan dan kuku anda. Memijatkan minyak zaitun ke tangan dan kuku akan membuatnya tampak lembut dan lembab secara alami. Ini merupakan perawatan yang murah dan tentunya tidak kalah efektif.

6. Menghilangkan selulit

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang tidak kalah mengagumkan adalah kemampuannya dalam melawan selulit. Caranya: campurkan minyak zaitun dengan bubuk kopi lalu pijatkan pada area tubuh yang terdapat selulit. Lakukan secara teratur agar anda segera mendapatkan hasil yang diinginkan.

Demikian tadi informasi seputar manfaat minyak zaitun untuk wajah, rambut, dan kecantikan kulit yang perlu anda ketahui. Bagaimana setelah mengetahui manfaat minyak zaitun di atas Apakah anda tertarik untuk menggunakannya sebagai bahan perawatan kecantikan?.

Pencarian terkait:

  • wajah glowing dengan minyak zaitun