10 Top Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan

Kesehatan
Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan
image from pixabay.com

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa termasuk kemampuannya dalam mencegah penyakit kanker, dan penyakit jantung. Ada banyak alasan bagi anda untuk menggunakan minyak zaitun setiap hari. Minyak ini sangat luar biasa sekali karena memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah, kesehatan sampai pencegahan penyakit. Karena manfaat yang luar biasa tersebut maka beberapa orang menyebut minyak zaitun sebagai cairan emas.

 

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan Anda

Minyak zaitun telah lama digunakan selama berabad-abad yang lalu untuk perawatan kecantikan dan keperluan pengobatan. Bagi anda ingin mengetahui selengkapnya mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan berikut alasannya:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Minyak zaitun dipercaya mampu dengan efektif menurunkan tekanan darah tinggi sehingga akan mencegah beberapa penyakit terkait seperti stroke. Para peneliti masih belum mengetahui secara pasti kenapa minyak zaitun dapat melakukannya, akan tetapi kegunaannya tersebut telah dibuktikan melalui banyak studi.

2. Mencegah kanker payudara

Minyak zaitun mengandung senyawa yang dikenal sebagai phytochemical, dimana senyawa ini sangat penting sekali untuk mencegah penyakit kanker. Beberapa jenis kanker yang berpotensi besar dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi minyak zaitun adalah kanker payudara. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan senyawa dalam minyak zaitun tersebut mampu membunuh sel kanker sekaligus menekan gen yang menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung koroner

Mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin akan sangat mengurangi risiko penyakit jantung. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Italia menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi minyak zaitun memiliki kemungkinan terserang penyakit jantung lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak.

4. Melindungi sel darah merah

Seiring berjalannya waktu sel-sel darah merah di dalam tubuh kita akan teroksidasi yang menyebabkan munculnya penuaan. Untungnya diantara manfaat minyak zaitun untuk kesehatan adalah membantu Anda melindungi sel darah merah dari oksidasi tersebut. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung polifenol khusus yang berguna melindungi sel darah merah dari proses oksidasi. Jadi dengan mengkonsumsi minyak zaitun bukan hanya membuat anda tampak lebih muda tetapi juga mencegah munculnya penuaan lebih awal.

5. Membantu meningkatkan daya ingat

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur lebih cenderung tidak mengalami penurunan ingatan dibandingkan mereka yang tidak. Jadi jika anda tidak ingin mengalami pikun di masa tua sebaiknya tingkatkan asupan minyak zaitun. Karena manfaatnya tersebut juga lah yang membuat minyak zaitun biasa digunakan sebagai bahan alami pencegahan penyakit alzheimer.

6. Mengurangi kolesterol dalam tubuh

Meskipun minyak zaitun terdiri dari minyak akan tetapi dia tidak berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Justru sebaliknya, minyak zaitun dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Kandungan lemak sehat dalam minyak zaitun mampu meningkatkan produksi kolesterol baik atau HDL dan mengurangi kolesterol buruk atau LDL.

7. Membuat Anda lebih sehat

Badan organisasi kesehatan dunia atau WHO telah merekomendasikan untuk meningkatkan asupan minyak zaitun agar Anda lebih sehat. Hal ini Tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi dalam minyak zaitun yang sangat banyak. Dimana kesemua nutrisi tersebut mampu meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan.

8. Meningkatkan kesehatan tenggorokan

Mengkonsumsi minyak zaitun ternyata dapat mencegah serak dan meningkatkan kesehatan tenggorokan. Hal ini berperan penting dalam mencegah hilangnya suara yang diakibatkan oleh masalah tenggorokan. Jadi bagi Anda yang sering mengalami masalah tenggorokan atau hilangnya suara secara tiba-tiba tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi minyak zaitun.

9. Meningkatkan kesehatan kulit anda

Manfaat minyak zaitun untuk wajah sangat banyak sekali karena kandungan nutrisi di dalamnya sangat mendukung untuk kecantikan kulit wajah. Hal ini menjadikan minyak zaitun sebagai bahan alami yang sangat potensial untuk meningkatkan kesehatan kulit anda. Menggunakan masker minyak zaitun secara rutin akan membantu menghaluskan, mencerahkan, sekaligus mengencangkan kulit wajah Anda. Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah sangat mudah cukup dengan menggunakannya sebagai masker wajah selama 15 sampai 20 menit.

10. Menjaga agar rambut tetap sehat

Kandungan nutrisi dalam minyak zaitun bukan hanya baik untuk kesehatan wajah tetapi juga rambut Anda. Diantara manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah membantu meningkatkan kilau alaminya sekaligus membuatnya tampak lebih halus dan terawat. Penggunaan minyak zaitun untuk perawatan rambut juga relatif lebih aman karena merupakan bahan alami.

Demikian tadi ulasan mengenai 10 khasiat dan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga info di atas bisa berguna bagi anda.