10 Manfaat minyak pohon teh untuk kesehatan dan kecantikan

manfaat minyak pohon teh
manfaat minyak pohon teh
image from pixabay.com

Manfaat minyak pohon teh untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu anda coba seperti membantu menghilangkan jerawat, menghilangkan bau badan, sampai mengatasi bau badan pada miss v. Minyak pohon teh merupakan minyak esensial yang mudah menguap yang berasal dari melaleuca alternifolia yang merupakan tumbuhan asli dari Australia. Minyak pohon teh telah lama digunakan oleh penduduk asli benua tersebut selama ratusan tahun yang lalu. Jadi bisa dikatakan minyak pohon teh merupakan salah satu ramuan kuno. Meskipun dinamakan minyak pohon teh sebenarnya pohon dari tanaman ini berbeda dengan pohon teh yang selama ini anda ketahui.

Manfaat minyak pohon teh untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak sekali. Hal ini dikarenakan sifat antiseptik yang dimilikinya cukup kuat untuk melawan berbagai macam bakteri yang dapat menginfeksi tubuh. Berikut daftar selengkapnya mengenai manfaat minyak pohon teh untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Mencegah infeksi saluran kemih

Manfaat minyak pohon teh untuk kesehatan yang pertama adalah membantu mencegah infeksi kandung kemih. Kemampuan minyak pohon teh ini didapat dari efek antibakteri yang mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih. Selain membantu mencegah infeksi, penggunaan minyak pohon teh juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi saluran kemih.

2. Mengatasi bau pada miss v

Ada banyak wanita yang mengeluhkan bau pada miss v mereka. Bau pada miss v umumnya diakibatkan oleh bakteri sehingga penggunaan minyak pohon teh bisa menjadi obat yang cukup baik untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini dikarenakan salah satu manfaat minyak pohon teh adalah sebagai antibakteri untuk mencegah perkembangan berbagai macam bakteri di area miss v.

3. Membantu pengobatan selulitis

Selulitis merupakan suatu masalah kulit yang terjadi akibat infeksi bakteri. Penyakit ini ditandai dengan kemerahan pada kulit, bengkak, dan terasa lembek. Sebuah penelitian menemukan bahwa penggunaan minyak pohon teh membantu mempercepat proses penyembuhan selulitis. Anda bisa menggunakan minyak pohon teh secara langsung pada area kulit yang mengalami selulitis.

4. Mengobati blepharitis

Blepharitis merupakan suatu kondisi dimana kelopak mata mengalami peradangan. Blepharitis menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang sangat signifikan. American Academy of Ophthalmology menyatakan bahwa minyak pohon teh dapat membantu menenangkan masalah mata tersebut karena memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba. Kondisi mata yang satu ini biasanya disebabkan oleh tungau debu yang masuk ke mata dan menyebabkan peradangan.

5. Menghilangkan bau badan

Kualitas antibakteri yang sangat baik yang dimiliki oleh minyak pohon teh membuatnya sangat efektif untuk menghilangkan bau badan tidak sedap. Minyak pohon teh bisa digunakan sebagai alternatif alami untuk deodoran. Karena pada umumnya beberapa deodoran dibuat dengan bahan kimia yang tentunya memiliki efek samping.

6. Membantu menghilangkan jerawat

Jika anda sedang mencari obat jerawat alami yang aman dan memiliki tingkat keefektifan cukup baik mungkin minyak pohon teh menjadi jawabannya. Anda bisa menggunakan minyak pohon teh sebagai masker wajah untuk membantu mengurangi jerawat yang sangat mengganggu. Sifat antibakteri yang dimiliki minyak pohon teh bukan hanya membantu mengurangi jerawat tetapi juga mencegah jerawat muncul kembali.

7. Membantu menghilangkan flek hitam di wajah

Flek hitam di wajah merupakan salah satu masalah kulit yang sering disebabkan oleh jerawat atau sinar matahari. Flek hitam ini cukup mengganggu dan pastinya anda ingin segera menghilangkannya. Untungnya diantara manfaat minyak pohon teh adalah membantu mengurangi flek hitam di wajah. Cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan minyak pohon teh cukup mudah. Anda hanya perlu menerapkan minyak pohon teh pada area wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 10 menit kemudian bersihkan menggunakan air.

8. Mencegah infeksi pada luka

Jika anda mengalami luka di bagian kulit maka tidak ada salahnya menggunakan minyak pohon teh untuk mengurangi resiko infeksi. Beberapa luka di kulit seperti luka bakar, ruam, atau gigitan serangga bisa disembuhkan menggunakan minyak pohon teh. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh minyak pohon teh akan mencegah infeksi pada luka dan membantu mempercepat proses penyembuhannya.

9. Menghilangkan jamur di kuku

Onikomikosis merupakan salah satu jamur kuku yang menjadi masalah tersendiri bagi kebanyakan orang. Jamur di kuku pada umumnya disebabkan oleh kondisi yang lembab dan hangat sehingga memungkinkan jamur untuk berkembang. Minyak pohon teh hadir sebagai solusi yang ramah dan cukup efektif untuk menghilangkan jamur di kuku tersebut. Anda bisa mengoleskan minyak pohon teh pada kuku yang terinfeksi jamur secara teratur untuk menghilangkan jamur di kuku yang ditandai dengan bau dan ketidaknyamanan.

10. Pembersih make up alami

Sisa make up yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit termasuk jerawat. Untungnya minyak pohon teh dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan sisa riasan di wajah. Selain dapat membantu membersihkan wajah minyak pohon teh juga sangat aman sekaligus membantu menghilangkan bakteri pada area wajah. Jadi minyak pohon teh merupakan paket yang lengkap untuk membersihkan dan melindungi kulit wajah anda.

Demikian tadi daftar 10 manfaat minyak pohon teh untuk kesehatan dan kecantikan.