17 Manfaat minyak ikan kod untuk kesehatan yang mengagumkan

Posted on
manfaat minyak ikan kod
image from publicdomainpictures.net

Manfaat minyak ikan kod untuk kesehatan yang sangat mengagumkan. Asal-usul minyak ikan kod dapat ditelusuri kembali ke Era Viking ketika minyak tersebut digunakan baik sebagai produk makanan ataupun obat-obatan. Saat itu minyak ikan kod terbuat dari ikan segar dengan cara menuangkan air ke dalam panci besar. Kemudian merebusnya setelah itu mereka meletakkan beberapa cabang pohon birtch di atas panci. Selanjutnya mereka menempatkan hati ikan kod di atas cabang pohon birtch tersebut. Pada saat uap keluar dari wajan maka hati ikan kod akan mengeluarkan minyak.

Minyak ikan kod mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi tersebut diantaranya vitamin A, D, omega 3 dan beberapa senyawa penting lainnya. Dari beberapa nutrisinya tersebut membuat minyak ikan kod sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Menurut Departemen Pertanian AS, minyak ikan cod mengandung sekitar 41 kalori per satu sendok teh. Minyak ikan kod juga mengandung 4,5 gram lemak, yang dibagi di antara tiga kategori (polyunsaturated, monounsaturated, dan saturated).

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua lemak itu buruk untuk kesehatan. Di antara lemak yang baik untuk kesehatan adalah asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan di beberapa jenis ikan termasuk ikan salmon, makarel, dan sarden. Kandungan asam lemak omega-3 dalam minyak ikan kod memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan. Beberapa manfaat minyak ikan kod untuk kesehatan adalah:

1. Meningkatkan kekuatan tulang

Vitamin D adalah nutrisi yang sangat penting sekali untuk menjaga kekuatan tulang kita. Menurut penelitian, seorang wanita yang tinggal di daerah yang tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup akan mengalami kekurangan vitamin D. Karena diantara fungsi dan manfaat vitamin D adalah membantu penyerapan kalsium maka kekurangan vitamin D dapat meningkatkan resiko tulang keropos. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan termasuk minyak ikan kod.

2. Membantu menyembuhkan bisul

Menggunakan minyak ikan kod menunjukkan hasil yang positif saat digunakan sebagai obat alami ulkus. Temuan menunjukkan bahwa pemberian minyak ikan kod pada tikus tampaknya memiliki manfaat sitoprotektif terhadap lambung tikus tersebut. Hal ini akan membantu mengurangi nyeri ulkus gaster dan ketidaknyamanan yang ditimbulkannya.

3. Mengobati artritis

Di awal abad ke 21 para ahli medis secara ilmiah menetapkan diantara manfaat minyak ikan kod adalah mengobati radang sendi. Hal ini dikarenakan minyak ikan kod memiliki sifat anti arthiritis. Setelah berita ini diturunkan sejumlah ibu pada saat itu mulai memberikan minyak ikan kod kepada anak-anak mereka. Minyak ikan kod terbukti memiliki sifat anti inflamasi yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, mengobati sendi yang kaku, dan meminimalkan pembengkakan. Manfaat ikan kod untuk kesehatan ini sangat berguna terutama bagi penderita radang seperti rheumatoid arthritis.

4. Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular

Penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi minyak ikan dapat membantu menurunkan risiko pengembangan komplikasi kardiovaskular. Minyak ikan kod berguna mengurangi tingkat trigliserida dalam darah yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular anda. Trigliserida merupakan jenis lemak yang dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung anda. Kandungan trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Selain itu, minyak ikan kod juga terbukti baik untuk menurunkan gejala tekanan darah tinggi dan menyeimbangkan kadar kolesterol darah. Studi laboratorium yang dilakukan pada manusia dan hewan secara pasti menunjukkan bahwa kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan kod secara signifikan dapat menghilangkan kemungkinan pengembangan atherosclerosis.

5. Mengurangi resiko kanker

Mencukupi kebutuhan vitamin D harian anda dari sinar matahari atau minyak ikan kod telah dikaitkan dengan pengurangan resiko berbagai jenis kanker. Sebuah penelitian mengungkap bahwa vitamin D dari kedua sumber tersebut membantu mengurangi gejala kanker payudara pada wanita. Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa minyak ikan kod memiliki efek antiproliferatif dan proapoptosis pada sel kanker di payudara sehingga akan menurunkan resiko perkembangan tumor.

6. Menurunkan resiko diabetes

Kandungan asam lemak omega-3 dalam minyak ikan kod sangat baik sekali dalam meningkatkan resistensi insulin (yang mengatur kadar gula darah). Minyak ikan kod juga telah didokumentasikan untuk membantu mengurangi gejala komplikasi kesehatan yang berkaitan dengan penyakit diabetes. Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan minyak ikan kod secara konsisten pada ibu hamil dapat memastikan kelahiran yang aman dan sehat (dengan resiko diabetes yang lebih rendah).

7. Sumber vitamin A yang cukup baik

Dengan kandungan vitamin A yang dimiliki minyak ikan kod maka menjadikannya sangat baik sekali untuk mengurangi efek berbahaya antioksidan yang dapat merusak sel di dalam tubuh. Hal ini disebabkan diantara fungsi dan manfaat vitamin A untuk kesehatan adalah membantu meminimalisir stres oksidatif. Radikal bebas yang tidak terkontrol dapat menyebabkan beberapa penyakit radang dan komplikasi. Selain bertindak sebagai antioksidan vitamin A juga sangat baik untuk meningkatkan dan melindungi kesehatan mata kita. Vitamin A juga berkontribusi penting dalam mencegah berbagai macam jenis kanker karena efek antioksidannya.

8. Mengandung asam lemak omega 3

Minyak ikan kod merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Omega-3 memiliki komponen anti inflamasi yang kuat dan juga membantu meminimalkan produksi prostaglandin tubuh. Anda juga bisa menggunakan suplemen minyak ikan kod sebagai alternatif untuk obat anti inflamasi. Minyak ikan kod juga membantu mengurangi berbagai macam gejala peradangan.

9. Mengurangi nyeri otot

Nyari otot atau nyeri tulang sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin D. Minyak ikan kod dapat membantu mengurangi nyeri tulang dan otot dikarenakan memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Minyak ikan kod sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang sering mengalami kaku dalam bergerak. Suplemen minyak ikan juga bermanfaat meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas persendian anda.

10. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Manfaat minyak ikan kod untuk kesehatan yang sangat penting adalah membantu meningkatkan fungsi kognitif otak. Tidak heran jika minyak ikan kod sering diberikan oleh ibu kepada anak-anak mereka saat masa pertumbuhan. Manfaat minyak ikan kod ini didapat dari kandungan asam lemak omega-3. Selain membantu meningkatkan kemampuan otak minyak ikan kod juga mengurangi beberapa gangguan otak termasuk depresi, ADHD, dan penyakit bipolar.

11. Menurunkan kolesterol

Kolesterol jahat dapat dikurangi dengan rutin mengkonsumsi minyak ikan kod. Kolesterol dapat menyebabkan masalah kardiovaskular termasuk meningkatkan resiko penyakit jantung. Minyak ikan kod memiliki asam lemak yang sehat sehingga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol darah. Selain rutin mengkonsumsi minyak ikan kod, meningkatkan asupan buah dan sayur sangat penting sekali untuk membantu mengontrol kadar kolesterol.

Selain di atas beberapa manfaat minyak ikan kod yang lain adalah:

12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

13. Baik untuk kesehatan mata Anda

14. Mengurangi stres dan depresi

15. Mencegah penyakit ginjal

16. Membantu menyembuhkan luka kulit

17. Meningkatkan kesuburan