Manfaat minyak biji anggur untuk rambut

5 Manfaat menakjubkan minyak biji anggur untuk rambut

Manfaat minyak biji anggur untuk rambut
image from thealternativedaily.com

Manfaat menakjubkan minyak biji anggur untuk rambut. Minyak biji anggur merupakan salah satu bahan perawatan yang sangat mengagumkan terutama untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut. Minyak ini diekstrak dari biji anggur yang biasa digunakan sebagai masker rambut, masker kulit wajah, dan bahan kecantikan lainnya.

Sekilas tentang minyak biji anggur

Minyak biji anggur merupakan minyak yang didapat dari ekstrak biji anggur. Biasanya dalam proses pembuatan minuman anggur (wine) semua benih anggur dibuang dan diletakkan di satu sisi. Setelah itu biji anggur tersebut akan ditekan untuk menghasilkan minyak yang diekstraksi. Jadi bisa dikatakan minyak biji anggur merupakan produk sampingan pembuatan minuman anggur. Minyak biji anggur telah diproduksi setidaknya 6000 tahun yang lalu dan sampai saat ini masih digunakan oleh bangsa Eropa untuk mengobati berbagai macam penyakit dan perawatan kulit.

Keuntungan menggunakan minyak biji anggur untuk rambut

Ada orang bertanya apa sih kelebihan minyak biji anggur dibandingkan beberapa minyak esensial lainnya? berikut beberapa alasan yang bisa meyakinkan anda untuk menggunakan minyak biji anggur sebagai bahan perawatan rambut dirumah:

1. Harga yang lebih terjangkau

Dibandingkan dengan minyak rambut yang dijual di pasaran minyak biji anggur memiliki kisaran harga yang cukup murah. Biasanya harga minyak biji anggur sekitar 30 sampai 40% lebih rendah dibandingkan minyak kelapa extra Virgin atau minyak zaitun tergantung dari mana anda membelinya. Minyak biji anggur bahkan lebih terjangkau daripada minyak jojoba. Ini merupakan salah satu alasan paling umum yang menarik banyak orang untuk menggunakan minyak biji anggur sebagai bahan perawatan kecantikan termasuk rambut.

2. Teksturnya lebih ringan

Salah satu manfaat utama minyak biji anggur dibandingkan minyak esensial lainnya adalah teksturnya yang lebih ringan dan mirip dengan minyak jojoba. Bagi Anda yang tidak suka menggunakan minyak yang lengket seperti minyak zaitun bisa menggunakan minyak biji anggur sebagai bahan perawatan rambut.

3. Tidak berbau

Alasan yang ketiga adalah minyak biji anggur tidak memiliki bau sehingga tidak akan mengganggu Anda saat menggunakannya.

Manfaat minyak biji anggur untuk rambut

Berikut akan kami tunjukkan manfaat minyak biji anggur untuk perawatan rambut Anda:

1. Mengatasi rambut rontok

Manfaat minyak biji anggur untuk rambut yang pertama adalah membantu mengurangi rambut rontok. Minyak biji Anggur mengandung antioksidan yang mampu menghalangi produksi DHT (suatu jenis hormon yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut) sehingga penggunaan minyak biji anggur pada rambut dapat mengurangi kebotakan. Sebuah studi oleh Tsukuba Research Laboratories Pada tahun 1998 lalu telah membuktikan bahwa proanthocyanidins yang terkandung dalam biji anggur dapat mempromosikan proliferasi sel-sel folikel rambut pada tikus. Menurut penelitian tersebut senyawa ini juga mampu mempercepat perpindahan fase tidak aktif ke pertumbuhan selama siklus pertumbuhan rambut.

2. Menumbuhkan rambut lebih cepat

Hampir sama dengan beberapa minyak esensial lainnya seperti minyak sawi, minyak kacang, dan minyak argan, minyak biji anggur juga mengandung berbagai zat dan juga nutrisi alami yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Zat-zat ini juga didukung dengan beberapa nutrisi termasuk mineral, protein, vitamin E, dan linoleic yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus memberi nutrisi pada kulit kepala. Sehingga bagi Anda yang ingin memiliki rambut lebat bisa menggunakan minyak biji anggur secara rutin.

3. Melembabkan kulit kepala dan rambut

Alasan lainnya yang perlu Anda pertimbangkan kenapa harus menggunakan minyak biji anggur untuk perawatan rambut adalah manfaatnya yang dapat melembabkan kulit kepala dan rambut secara alami dan cukup efektif. Berbeda halnya dengan minyak zaitun dan minyak kelapa minyak biji anggur bisa digunakan sebagai pelembab alami rambut untuk kering yang tidak meninggalkan rasa berminyak pada rambut setelah digunakan. Minyak biji anggur ini mampu mengunci kelembaban alami dan juga mencegah kerapuhan pada rambut. Selain itu, minyak biji anggur juga tidak berbau sehingga membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik yang bisa anda gunakan secara rutin untuk merawat rambut Anda.

Untuk menggunakan minyak biji anggur anda hanya perlu mengoleskannya langsung ke rambut selama sekitar 10 menit kemudian gunakan air dingin untuk membersihkannya.

4. Menghilangkan ketombe dan gatal pada kulit kepala 

Ketombe merupakan masalah dermatologist yang disebabkan oleh masalah kulit kepala yang kering. Masalah kulit kepala ini cukup menjengkelkan karena dapat merusak penampilan dan memberikan sensasi gatal yang cukup mengganggu. Secara umum ketombe bisa diobati dengan mudah menggunakan beberapa minyak esensial termasuk memanfaatkan minyak biji anggur. Obat alami ini dapat memelihara pertumbuhan sel kulit dengan kandungan nutrisi dan emolien yang dimilikinya.

Cara menggunakan minyak biji anggur ke rambut cukup mudah karena anda hanya perlu mengoleskan minyak biji anggur secara melingkar ke kulit kepala. Biarkan sekitar 10 menit agar minyak biji anggur bisa meresap ke kulit kepala. Setelah selesai Anda bisa membersihkannya seperti biasa.

5. Membantu menguatkan rambut

Manfaat minyak biji anggur yang terakhir adalah menguatkan rambut secara alami. Minyak biji anggur dapat dengan mudah diserap oleh kulit kepala sehingga sangat berguna menguatkan folikel rambut dari akar sambil mencegah timbulnya masalah rambut lainnya termasuk kerontokan pada rambut.
Minyak biji anggur dianggap sebagai salah satu sumber asam linoleat yang sangat baik. Dimana asam lemak ini sangat efektif dalam meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut. Selain itu, minyak ini juga memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang sangat ampuh dalam membangun kekuatan rambut.