17 Manfaat membaca buku yang jarang diketahui orang

Ulasan
manfaat membaca buku
manfaat membaca buku, image from pixabay.com

Manfaat membaca buku yang jarang diketahui orang. Membaca buku merupakan aktivitas positif yang memiliki banyak manfaat terutama bagi kehidupan kita. Akan tetapi masih banyak orang yang malas untuk membaca buku karena berbagai macam alasan. Memang membaca khususnya membaca buku sangat membosankan, karena kebanyakan dari kita berpikir belum tentu apa yang kita baca bisa berguna dalam kehidupan kita. Padahal kalau kita cermati ilmu pengetahuan itu bisa kita dapat dari membaca buku.

Seiring berkembangnya zaman, buku semakin ditinggalkan dengan seiring banyaknya website atau blog yang juga menyediakan informasi yang unik dan lebih menarik. Meskipun tidak ada salahnya membaca blog atau website tersebut akan tetapi kebiasaan kita membaca website jangan sampai melupakan membaca buku yang sejatinya merupakan sumber ilmu.

Secara umum ada perbedaan mendasar antara membaca buku dan membaca website. Buku merupakan sumber ilmu yang sudah terverifikasi, sedangkan website belum tentu kebenarannya karena bisa ditulis oleh siapa saja. Meskipun demikian bukan berarti kita menganggap bahwa informasi yang ada di website atau blog itu menyesatkan atau kurang valid.

Selain lebih terpercaya salah satu manfaat membaca buku dibandingkan webiste adalah informasi yang diberikan oleh buku lebih detil dan mendalam kepada satu topik tertentu, sedangkan website biasanya hanya secara garis besarnya saja. Tentu saja hal ini juga tergantung dari website tersebut sehingga tidak mutlak ya.

Bagi anda yang masih malas membaca tidak ada salahnya untuk menyimak manfaat membaca buku di bawah ini:

1. Menambah pengetahuan

Manfaat membaca buku yang paling penting adalah dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Dengan membaca buku kita bisa mengetahui informasi atau pengetahuan yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya. Dengan pengetahuan yang kita miliki dari membaca buku tersebut akan menjadikan bekal yang sangat berharga dalam menjalani kehidupan di masa depan. Jadi jangan hanya sekedar suka membaca status Facebook saja ya. 🙂

2. Dapat mencegah stres

Ternyata membaca dapat menghindarkan seseorang dari stres. Salah satu manfaat membaca yang satu ini cukup dirasakan bagi mereka yang memiliki aktivitas padat. Kebiasaan membaca ternyata memiliki kemampuan dalam mengurangi perkembangan hormon kortisol yang merupakan hormon stres. Bahkan membaca telah dikaitkan dengan penurunan stres hingga 67%. Selain efek relaksasi yang ditimbulkan membaca buku juga akan memberikan kedamaian dan mengurangi tekanan batin bagi anda.

Manfaat membaca buku yang satu ini bisa Anda rasakan jika anda dapat memilih jenis buku yang tepat untuk anda baca. Karena tidak semua buku itu dapat memberikan Efek relaksasi. Buku yang menghibur plus memberikan pelajaran berharga sangat baik sekali untuk dibaca terutama saat sedang suntuk.

3. Meningkatka kinerja otak

Manfaat membaca buku yang selanjutnya adalah meningkatkan kinerja otak. Seperti halnya bagian tubuh lainnya otak memerlukan latihan. Dan salah satu latihan yang paling efektif untuk otak adalah dengan membaca buku. Dengan membaca buku maka kita akan mencermati apa yang ada di dalam buku tersebut, sehingga menuntut otak untuk lebih aktif berpikir. Hal ini pada gilirannya akan membuat kinerja otak menjadi lebih baik.

4. Menambah kosakata

Manfaat membaca buku bukan hanya menambah wawasan kita akan tetapi juga meningkatkan jumlah kosakata. Saat membaca buku kita akan menemukan istilah-istilah baru yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Hal ini tentunya sangat penting sekali bukan hanya dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga dalam memahami berita atau tulisan yang kita baca. Di zaman sekarang ini ada banyak istilah baru yang mungkin belum kita ketahui, jadi dengan membaca buku maka kita akan lebih paham dan mengerti mengenai istilah-istilah tersebut.

5. Meningkatkan daya ingat

Ternyata manfaat membaca buku tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan berpikir otak, tetapi juga membuatnya lebih mudah mengingat sesuatu. jadi bisa dikatakan dengan membaca kita akan melatih otak untuk menyimpan lebih banyak informasi. Tanpa kita sadari dengan membaca maka ada banyak istilah dan informasi yang kita ingat dalam otak kita. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas memori. Pada dasarnya setiap memori bisa membantu dalam menempa jalur otak sekaligus memperkuatnya.

6. Melatih kemampuan berpikir dan menganalisa

Buku terkadang menyediakan informasi yang tidak begitu saja bisa kita pahami, sehingga membutuhkan kemampuan analisa dan juga berpikir untuk mengerti maksud dari isi buku tersebut. Hal ini secara tidak langsung akan melatih kemampuan kita dalam memecahkan masalah dan menganalisa sesuatu.

7. Meningkatkan konsentrasi dan fokus

Beberapa jenis buku seperti buku cerita kadang membuat kita harus berkonsentrasi dan fokus untuk bisa mengetahui dan memahami jalan cerita tersebut. Hal ini tentunya tidak akan bisa dilakukan jika kita tidak memiliki konsentrasi dan fokus yang baik. Jadi dengan membaca buku maka kemampuan konsentrasi dan fokus kita akan lebih terasah.

8. Membuat kita lebih bersemangat

Ada banyak buku yang mencatat biografi orang-orang terkenal atau tokoh hebat di masa lampau. Biasanya di dalam ulasan perjalanan hidup tokoh tersebut ada banyak perjuangan yang dilalui sehingga membuat kita kadang terbawa dan menjadi lebih bersemangat.

9. Meningkatkan kreativitas seseorang

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang gemar membaca memiliki tingkat kreativitas lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang atau kurang dalam membaca. Hal ini tentu sangat masuk akal karena mereka yang sering membaca buku akan mendapatkan banyak hal berharga dan ilmu pengetahuan yang akan berpengaruh pada kemampuannya dalam memecahkan masalah.

10. Membuat seseorang lebih bijak dan dewasa

Setiap pengetahuan dan pelajaran yang didapat dari buku akan membuat pembacanya lebih dewasa dan bijak. Hal ini dikarenakan pengetahuan yang luas dan pemahaman yang kita dapat dari membaca buku akan sangat berpengaruh dalam pola pikir kita terutama saat menilai sesuatu. Contoh yang paling sederhana adalah dengan kita banyak mengetahui perbedaan dalam masalah agama maka kita tidak akan cepat menyalahkan saudara kita yang mungkin memiliki amalan berbeda dengan kita. Hal ini Tentunya bisa didapat dengan kita banyak membaca buku karangan para ulama.

11. Mencegah penyakit alzheimer

Penyakit Alzheimer atau menurunnya fungsi kognitif pada otak biasanya dialami oleh mereka yang memasuki usia senja. Untuk mencegah penyakit alzheimer selain mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung tinggi antioksidan, Anda juga diharuskan mengasah kemampuan otak dan salah satunya dengan cara membaca. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Oleh Rush University Of Medical Center menemukan jika orang yang menghabiskan banyak waktu dengan hal-hal kreatif dan intelektual (termasuk mengajar dan membaca) memiliki tingkat penurunan kognitif lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak membaca.

12. Meningkatkan keterampilan menulis

Bagi Anda yang masih menjadi pelajar atau mahasiswa tentu kemampuan menulis menjadi salah satu hal yang sangat penting sekali. Jadi manfaat membaca buku yang satu ini bisa sangat dirasakan bagi mahasiswa dan pelajar. Dengan membaca buku maka kita akan bisa mengamati gaya penulisan, Irama, dan juga cara menulis yang baik dan benar. Belum lagi dengan membaca buku maka jumlah kosakata kita akan bertambah yang tentunya sangat dibutuhkan dalam keterampilan menulis.

13. Meminimalisir waktu yang tidak bermanfaat

Kadang saat sedang tidak ada pekerjaan kita akan melakukan hal yang mungkin tidak bermanfaat atau justru memberikan dampak negatif bagi kehidupan kita. Akan tetapi hal ini bisa dicegah jika kita memiliki kegiatan rutin yang bermanfaat seperti membaca. Tentunya manfaat membaca buku yang satu ini bisa dirasakan jika anda memiliki hobi membaca.

14. Membuat seseorang lebih rendah hati

Seperti ilmu padi, semakin berisi maka akan semakin merunduk. Mungkin inilah manfaat yang akan dirasakan bagi mereka yang suka membaca. Selain pengetahuannya akan semakin banyak dan luas, orang yang suka membaca juga lebih bijak dan menganggap pengetahuan yang dimilikinya sangat sedikit sekali dibandingkan ilmu yang ada di dunia ini.

15. Memudahkan kita dalam bersosialisasi

Pengetahuan yang luas yang kita dapat dari membaca buku akan bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah saat kita bergaul. Pengetahuan yang kita miliki tanpa kita sadari bisa kita gunakan untuk bersosialisasi dan bersikap dengan teman kita. Belum lagi dengan membaca kita juga akan lebih memahami keberagaman yang berada di Indonesia seperti perbedaan budaya, agama, ras, dan karakteristik setiap suku.

16. Membantu mewujudkan cita-cita

Selain menambah pengetahuan yang sangat kita perlukan dalam menempuh kehidupan di masa depan, membaca buku juga akan membuat kita menjadi lebih bersemangat. Hal ini tentunya sangat diperlukan sekali dalam meraih cita-cita yang kadang penuh dengan rintangan. Dengan membaca biografi orang hebat maka kita akan memahami bagaimana menempuh hidup yang bisa mengantarkan kita kepada kesuksesan.

17. Membantu kemampuan kita berbicara di depan umum

Dalam berbicara di depan umum atau yang lebih dikenal dengan istilah public speaking memerlukan pengetahuan yang luas dan jumlah kosakata yang banyak. Hal ini tentu bisa didapat jika kita banyak membaca. Selain pengetahuan yang luas, membaca juga membuat kita memiliki keahlian dalam menyusun kalimat dan menyampaikannya, yang itu sangat dibutuhkan saat kita berbicara di depan umum.

Demikian tadi rangkaian informasi mengenai manfaat membaca buku untuk kehidupan kita. Selain di atas, tentu masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapatkan dari membaca buku. Untuk itu jangan berhenti membaca.