8 Manfaat masker temulawak untuk wajah dan kecantikan

Manfaat masker temulawak
Manfaat masker temulawak
Manfaat masker temulawak

Manfaat masker temulawak untuk wajah dan kecantikan Anda yang luar biasa serta informasi mengenai penggunaan temulawak yang tepat dan benar. Temulawak tergolong sebagai bahan tidak berbahaya atau adaptogen dan berfungsi sebagai antibodi, sehingga bisa melawan serangan radikal bebas. Wajar saja kalau rimpang ini diklaim sebagai obat penyembuh menakjubkan atau wonder healer. Kandungan xanthorrhiza, minyak atsiri, curcumin dan sebagainya menjadikan temulawak sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Nah, apa saja manfaat masker temulawak untuk wajah?

 

Manfaat masker temulawak untuk wajah 

1. Efektif Singkirkan Jerawat

Meskipun bentuknya kecil dan hanya ada satu buah, munculnya jerawat bisa sangat meresahkan. Anda bisa mengandalkan temulawak sebagai obat herbal yang terbukti efektif mengatasi jerawat. Cukup sediakan seruas temulawak, sesendok teh minyak zaitun, tiga sendok makan tepung beras, jeruk nipis dan madu. Penambahan minyak zaitun bermanfaat untuk pelembab alaminya.

Pastikan Anda sudah mencuci temulawak dengan bersih dan mengupas kulitnya. Kemudian temulawak ditumbuk agar memudahkan untuk mencampurnya dengan bahan lainnya. Campurkan dulu tepung beras dan mengaduknya sampai merata. Selanjutnya bisa menambahkan minyak zaitun dan mengaduknya kembali hingga rata sempurna. Minyak zaitun bisa diganti dengan madu murni sebagai alternatifnya.

Bagi pemilik kulit wajah berminyak bisa menambahkan jeruk nipis, supaya kulit nampak lebih cerah. Kalau ternyata ramuan ini masih terlalu padat teksturnya, maka bisa ditambahkan air hangat sampai bertekstur seperti pasta. Seterusnya bisa langsung mengoleskannya di seluruh wajah. Biarkan ramuan melekat dengan sempurna selama 30 menit sampai mengeras di kulit wajah. Dengan begitu bahan ramuan temulawak ini bisa terserap optimal. Lalu bilaslah wajah menggunakan air hangat.

Bila masih tersisa ramuannya jangan dibuang, Anda bisa membentuknya menjadi bulatan kecil mirip kelereng. Kemudian keringkan ramuan itu di bawah sinar matahari sampai teksturnya keras. Kalau ingin menggunakannya tinggal menambahkan air secukupnya. terapkan 3-4 kali setiap minggunya, supaya khasiatnya lebih terasa khususnya dalam mengatasi jerawat.

2. Putihkan Wajah Secara Alami

Untuk meracik ramuan dengan fungsi sebagai pemutih kulit, Anda bisa mengkombinasikan susu dengan temulawak. Gunakan sejumlah ruas temulawak dan blender agar lebih halus sempurna. Kemudian menambahkan sejumlah sendok susu dan aduk kembali sampai merata. Sesudah itu Anda bisa memanfaatkan ramuan herbal itu sebagai masker wajah bahkan seluruh tubuh.

Supaya ramuan bekerja lebih efektif, maka jangan lupa untuk membersihkan permukaan kulit menggunakan air hangat. Tujuannya adalah supaya pori-pori kulit wajah bisa dibuka dan lebih efektif dalam menerima manfaat dari campuran temulawak dan susu tersebut. Setelah mengaplikasikan masker ini di wajah bisa mendiamkannya selama 15 menit sampai teksturnya kering. Sesudah itu bisa gunakan air dingin untuk membilasnya.

3. Hilangkan Jaringan Parut di Kulit Wajah

Jaringan parut di kulit muka bisa menghilangkan kecantikan kulit. Oleh karena bisa mengakibatkan munculnya noda hitam. Jaringan parut bisa muncul akibat jerawat. Keadaan ini memang tidak berbahaya bagi kesehatan, tapi bisa menurunkan rasa percaya diri. Nah, Anda jangan khawatir karena ramuan temulawak bisa mengatasi permasalahan kulit wajah tersebut.

Cara membuat ramuannya ini dengan menghaluskan temulawak beberapa ruas. Kemudian mencampurkannya dengan garam dengan perbandingan 1:5. Setelah tercampur dengan sempurna, Anda bisa mengolesi kulit wajah dengan masker tersebut. Terutama di bagian yang terdapat jaringan parutnya, sembari menekannya secara lembut. Diamkan ramuan menempel selama 15 menit dan barulah dibilas memakai air.

4. Cegah Serangan Kanker Kulit

Kanker kulit bisa menyerang karena paparan sinar matahari berlebihan, pola maka kurang sehat dan kebiasaan buruk lainnya. Tidak melindungi kulit dengan cara yang tepat, maka semakin memperbesar risiko terpapar kanker kulit. Penanganan menggunakan bahan herbal atau alami seperti temulawak lebih dianjurkan, karena manfaat masker temulawak untuk wajah terbukti efektif dan tanpa efek samping.

Temulawak dipercaya bisa membantu mencegah serangan penyakit berbahaya ini. Oleh karena, rimpang tersebut memiliki kandungan anti oksidan dan anti bakteri. Sehingga kalau dikonsumsi atau digunakan dengan rutin terbukti bisa terhindar dari kanker kulit. Anda bisa mengonsumsi temulawak atau memanfaatkannya sebagai masker. Khasiatnya akan terasa karena temulawak mampu menangkal serangan radikal bebas dan racun yang memicu penyakit ganas tersebut.

5. Atasi Kulit Kusam dan Keriput

Kulit wajah yang terlihat kusam biasanya karena tekstur kulitnya terlalu kering. Bisa juga karena tumpukan sel kulit mati. Cara mengatasi keluhan itu dengan temulawak sangatlah mudah. Dengan cara menjadikannya sebagai masker tanpa campuran bahan lain. Gunakan beberapa ruas secukupnya dan haluskan. Anda bisa menggunakannya sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Selain mengatasi kulit kusam, ramuan temulawak ini pun efektif untuk menghilangkan kerutan. Sehingga permasalahan penuaan dini juga bisa teratasi. Keriput biasanya mudah terlihat di bagian jidat dan sekitaran mata. Caranya sama dengan menghaluskan beberapa ruas temulawak dan mengoleskannya pada kulit wajah. Pemakaian ramuan ini secara tepat dan rutin akan menjadikan kulit wajah lebih cerah dan tidak berkerut.

6. Atasi Kulit Belang dan Lenyapkan Bekas Luka

Paparan terik matahari bisa memicu munculnya belang pada kulit termasuk bagian wajah. Kondisi itu pastinya bisa menurunkan kadar kecantikan dan rasa percaya diri. Hal serupa juga dirasakan kala terdapat luka di kulit wajah. Luka karena benturan benda keras, kecelakaan dan sebagainya bisa meninggalkan bekas. Terkadang bekas luka sangat sulit dihilangkan.

Supaya kedua permasalahan itu bisa teratasi dengan mudah, cepat dan aman, Anda bisa mengandalkan masker temulawak. Cara membuatnya sangat mudah dengan menghaluskan beberapa ruas sesuai kebutuhan. Selanjutnya bisa mengoleskannya secara merata dan rutin, agar khasiatnya bisa terasa lebih maksimal.

7. Kecilkan Pori-Pori dan Kencangkan Kulit Wajah

Pori-pori kulit yang membesar bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan wajah. Memang bisa ditutupi dengan penggunaan make up, tetapi itu tidak disarankan karena bisa saja kosmetik itu bisa semakin merusak kondisi kulitnya. Cara penanganan yang lebih aman adalah dengan menggunakan masker berbahan temulawak.

Cara itu juga bisa sekaligus mengencangkan kulit wajah, sehingga permasalahan kulit kendur bisa teratasi dengan mudah. Memasuki usia 30 tahunan biasanya tekstur kulit menjadi kurang kencang, sehingga seseorang nampak lebih tua dari usianya. Buatlah ramuan temulawak dengan mengupas kulit dan menghaluskannya secara sempurna. Gunakan sebagai masker wajah secara teratur, maka khasiat itu pun bisa dirasakan.

8. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Temulawak mengandung zat antioksidan tinggi, sehingga sangat efektif sebagai perlindungan kulit dari serangan radikal bebas. Polusi, pola maka, terik matahari dan sebagainya bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit wajah. Kalau tidak terlindungi maka wajah sangat mudah menderita jerawat, noda hitam, keriput, kulit kendur dan keluhan lainnya.

Baca juga: 14 Manfaat masker kunyit untuk wajah dan rambut yang luar biasa

Itulah beberapa manfaat masker temulawak untuk wajah. Sebenarnya masih banyak lagi khasiat rimpang ini bagi kecantikan khususnya kulit wajah. Temulawak sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern dengan harga relatif terjangkau. Cara membuat ramuan ini juga sangat mudah dan cepat. Sehingga Anda tidak kerepotan dalam pembuatannya.