7 Manfaat masker susu beruang untuk wajah serta cara membuatnya

Manfaat masker susu beruang
Manfaat masker susu beruang

Manfaat masker susu beruang untuk kulit wajah yang perlu kamu ketahui. Penggunaan susu beruang sebagai masker wajah akhir-akhir ini cukup banyak diminati oleh wanita.

Susu beruang atau bear brand dianggap menjadi salah satu jenis susu yang memiliki tingkat kemurnian cukup baik. Lantas tahukah anda apa saja manfaat menggunakan masker susu beruang untuk kecantikan kulit wajah anda?. Berikut ini kami sajikan daftar manfaat masker susu beruang serta efek sampingnya:

Manfaat masker susu beruang

Memiliki kulit wajah yang cantik alami tentu menjadi idaman hampir semua wanita. Salah satu bahan yang bisa anda gunakan untuk merawat kecantikan adalah susu. Susu memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap meliputi vitamin, mineral, serta protein. Dari sekian banyak jenis merek susu yang cukup terkenal adalah bear brand atau susu beruang. Berikut daftar manfaat masker susu beruang untuk kulit wajah:

Membantu hilangkan jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang menjadi musuh hampir semua orang baik pria maupun wanita. Menghilangkan jerawat cukup sulit bahkan dengan obat berbahan kimia sekalipun. Tetapi anda bisa mengurangi jerawat di wajah dengan menerapkan masker susu beruang.

Agar manfaat masker susu beruang tersebut menjadi semakin baik anda bisa menambahkan bahan alami lainnya seperti madu. Madu memiliki sifat antiseptik yang sangat baik sehingga cukup ampuh dalam mengurangi dan menghilangkan jerawat di wajah.

Mencerahkan kulit wajah

Jika anda ingin memiliki kulit wajah yang cerah alami cobalah menggunakan masker susu beruang. Susu beruang diyakini mampu membuat kulit anda menjadi lebih cerah dan pastinya aman untuk digunakan.

Menggunakan susu beruang terutama jika dicampur dengan bahan alami lainnya termasuk tepung beras dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang menumpuk di wajah bisa menutupi kecerahan alami kulit anda. 

Selain dicampur dengan tepung beras anda juga bisa mengkombinasikan kan susu beruang dengan jeruk nipis sebagai masker wajah. Efek dari penggunaan masker wajah dari susu beruang dan jeruk nipis ini akan membantu kulit wajah semakin lebih cerah.

Membuat kulit menjadi lebih halus

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit halus dan sehat secara alami?. Semua wanita pasti menginginkan nya, bahkan untuk mendapatkan kulit wajah impian tersebut banyak dari wanita yang harus mengeluarkan banyak uang.

Tetapi ternyata anda bisa mendapatkan kulit wajah yang halus secara alami hanya menggunakan masker susu beruang. Susu beruang mampu menghaluskan kulit wajah dikarenakan kandungan vitamin yang dimilikinya serta efek pembersih alami. 

Menggunakan masker susu beruang secara rutin akan membantu kulit wajah anda tampak lebih halus dan cerah secara alami. 

Mengurangi tampilan bekas jerawat

Munculnya jerawat di wajah akan membuat penampilan anda menjadi kurang menarik untuk dipandang. Untungnya diantara manfaat masker susu beruang adalah membantu anda dalam mengurangi tampilan bekas jerawat tersebut.

Efek pencerah alami yang dimiliki oleh susu beruang mampu mengurangi bekas jerawat di wajah. Saat dikombinasikan dengan bahan lain seperti tepung beras susu beruang dapat mengelupaskan kulit bagian luar. Hal ini berguna untuk menyamarkan flek hitam di wajah yang diakibatkan oleh bekas jerawat.

Membuat kulit wajah lembab alami

Menjaga kelembaban kulit wajah sangat penting sekali untuk mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Kulit wajah yang kering dapat memicu munculnya garis halus dan kerutan di wajah. Anda bisa melembabkan kulit wajah anda menggunakan masker susu beruang yang dicampur dengan madu murni. Gunakan masker wajah ini di pagi hari agar kulit wajah anda terlihat lebih lembab terawat.

Mengencangkan kulit wajah

Manfaat masker susu beruang yang tidak kalah pentingnya adalah membantu mengencangkan kulit wajah anda secara alami. Efek pelembab alami yang dimiliki oleh masker susu beruang membantu mengurangi kerutan sekaligus membuat wajah anda tampak lebih kenyal.

Selain itu dengan kandungan nutrisi yang melimpah di dalam susu beruang juga membuat proses regenerasi sel kulit menjadi maksimal. Proses regenerasi sel kulit ini sangat penting jika anda ingin memiliki kulit wajah yang lebih awet muda. 

Tidak berhenti sampai disitu, kandungan vitamin D yang melimpah dalam susu beruang juga berguna dalam menciptakan kolagen. Kolagen merupakan sejenis protein yang menyusun kulit dan tulang rawan. Terpenuhinya kecukupan kolagen di dalam tubuh akan membantu proses degenerasi sel kulit menjadi lebih baik.

Membuat kulit tampak lebih muda

Selain membantu mengencangkan kulit secara alami kandungan antioksidan dalam susu beruang juga berperan penting dalam melindungi kulit dari efek merugikan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan munculnya kerutan dan garis halus di wajah.

Agar manfaat masker susu beruang tersebut menjadi semakin maksimal, anda bisa mencampur dengan bahan lain yang tinggi antioksidan seperti tomat dan wortel. 

Cara membuat masker susu beruang

Mengingat manfaat masker susu beruang untuk kulit wajah sangat banyak sekali pastinya anda penasaran bagaimana cara menerapkannya?. Berikut beberapa tips menggunakan susu beruang sebagai masker wajah:

Susu beruang dan madu

Untuk membuat masker wajah dari susu beruang kali ini kita akan menambahkan bahan lainnya yaitu madu. Kenapa harus menggunakan?. Madu diperkaya dengan vitamin dan antioksidan penting yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah.

Jadi mengkombinasikan antara madu dan susu beruang pasti akan memberikan banyak manfaat untuk kulit wajah anda. Berikut cara membuatnya:

Tuangkan susu beruang secukupnya ke dalam mangkuk kaca. Kemudian tambahkan satu sampai dua sendok makan madu murni ke dalamnya, lalu aduk kedua bahan tadi hingga menyatu dengan baik. Gunakan sebagai masker wajah dengan cara menerapkan masker susu beruang dan madu ke kulit hingga bagian leher. 

Diamkan selama 20 menit agar kandungan nutrisi di dalam susu beruang dan madu bisa menyerap dengan baik ke kulit wajah anda. Jika sudah selesai bilas wajah anda hingga bersih.

Susu beruang dan tepung beras

Bahan lainnya yang patut dicoba untuk digunakan sebagai campuran susu beruang adalah tepung beras. Tepung beras diyakini memiliki kemampuan dalam mengangkat sel kulit mati. Berikut cara membuat masker susu beruang dengan campuran tepung beras:

Pertama-tama ambil 2 sendok makan tepung beras lalu masukkan ke dalam mangkuk. Tuangkan juga susu beruang ke dalamnya lalu aduk hingga kedua bahan tadi berbentuk seperti pasta. Jika dirasa cukup aplikasikan ke kulit wajah menggunakan kuas halus.

Kemudian lakukan pemijatan ringan dengan gerakan melingkar agar tepung beras dan susu beruang tersebut bisa mengangkat sel kulit mati di kulit. Diamkan sesaat lalu bersihkan wajah anda menggunakan air hingga tidak ada masker susu beruang dan tepung beras yang masih menempel.

Kopi dan susu beruang

Dengan menambahkan kopi maka akan membuat manfaat masker susu beruang untuk wajah akan semakin lebih maksimal. Hal ini dikarenakan kopi merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan antioksidan penting.

Berikut cara membuat masker susu beruang dan kopi: pertama ambil satu sendok makan kopi bubuk murni kemudian masukkan ke dalam wadah kecil. Setelah itu tuangkan susu beruang ke dalamnya lalu aduk hingga keduanya menyatu dan berbentuk seperti pasta. Seperti biasa aplikasikan ke kulit wajah menggunakan kuas kemudian diamkan selama 15 menit. 

Jika sudah selesai jangan lupa bilas wajah anda sampai bersih. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat terawat.

Susu beruang tanpa campuran

Jika anda ingin membuat masker susu beruang yang lebih simpel anda cukup menggunakannya tanpa tambahan bahan lain. Caranya sangat mudah anda tinggal menerapkan susu beruang secara langsung ke kulit wajah anda. Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan wajah anda dengan air seperti biasa.

Note: sebelum menerapkan masker susu beruang sebaiknya bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kandungan nutrisi di dalam susu beruang bisa dengan mudah masuk ke kulit wajah.

Efek samping masker susu beruang

Setelah kita membahas mengenai manfaat masker susu beruang di atas, tentu tidak lengkap rasanya jika kita tidak mencari tahu apakah susu beruang ini memiliki efek sampingnya atau tidak. Berikut beberapa informasi terkait efek samping masker susu beruang:

Menyebabkan alergi

Bagi anda yang tergolong memiliki alergi dengan produk susu sebaiknya hindari menggunakan susu beruang sebagai masker wajah. Beberapa gejala yang dialami akibat alergi susu beruang adalah munculnya bruntusan di kulit wajah. Jika hal ini anda alami sebaiknya lekas hentikan penggunaan masker susu beruang tersebut. 

Wajah menjadi lebih berminyak

Kasus lainnya yang bisa saja muncul akibat penggunaan susu beruang sebagai masker wajah adalah membuatnya semakin berminyak. Kondisi ini juga diyakini akibat ketidak cocokan wajah anda dengan produk susu. Jika efek samping ini anda alami sebaiknya hentikan penggunaan susu beruang tersebut dan segera beralih ke bahan alami lainnya.

Berisiko menimbulkan jerawat

Meskipun di sisi lain penggunaan susu beruang mampu mencegah jerawat akan tetapi ternyata bagi mereka yang tidak cocok justru akan berdampak sebaliknya. Seperti yang sudah kita tahu bahwa di dalam produk susu biasanya mengandung tinggi lemak di mana lemak ini bersifat comedogenic.

Jadi penggunaan produk susu terutama bagi mereka yang memiliki wajah berminyak justru akan menyebabkan jerawat. Meskipun demikian sebenarnya tidak semua orang akan mengalami hal yang sama sehingga anda bisa mengenali jenis kulit wajah anda.

Intinya jika anda termasuk orang yang tidak alergi dengan produk susu sebenarnya tidak perlu khawatir dalam menggunakan masker susu beruang. Tetapi sebaliknya jika anda memiliki kulit sensitif, maka sebaiknya jangan menggunakan susu beruang sebagai masker wajah.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat masker susu beruang untuk wajah serta efek samping yang mungkin bisa ditimbulkannya.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →