7 Manfaat masker putih telur dan susu dancow untuk kulit wajah

Manfaat masker putih telur dan susu Dancow
Manfaat masker putih telur dan susu dancow

Manfaat masker putih telur dan susu dancow untuk kesehatan kulit wajah anda sehingga membuatnya tampak lebih cantik dan terawat.

Putih telur adalah salah satu bahan alami yang saat ini sangat sering sekali digunakan sebagai masker wajah. Hal ini tidak mengherankan karena putih telur dipercaya memang mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Manfaat masker putih telur dan susu dancow

Selain putih telur bahan lainnya yang akhir-akhir ini cukup digandrungi sebagai masker wajah adalah susu dancow. Lantas bagaimana jika masker putih telur dikombinasikan dengan susu dancow?. 

Pasti manfaat keduanya akan menjadi semakin banyak. Berikut ulasan serta penjelasan mengenai manfaat masker putih telur dan susu dancow untuk kulit wajah:

1. Menghaluskan kulit

Apakah anda ingin memiliki kulit wajah yang halus dan cantik secara alami?. Jika iya coba lah untuk menggunakan masker putih telur dan susu dancow secara rutin. Hal ini dikarenakan ternyata di dalam susu memang memiliki beberapa kandungan bahan alami yang mampu menghaluskan wajah.

Jadi dengan mengombinasikan antara putih telur dan susu dancow manfaat yang didapat akan jauh lebih banyak. Meskipun susu dancow dan putih telur memiliki banyak manfaat akan tetapi anda tetap harus waspada untuk tidak menggunakannya terlalu sering. Hal ini dikarenakan ternyata efek samping masker susu dancow dapat mengganggu kesehatan kulit jika digunakan berlebihan.

2. Mencerahkan kulit wajah

Memiliki kulit cerah yang terawat tentu menjadi dambaan hampir semua orang tidak terkecuali anda pastinya. Untuk mendapatkannya bahkan sebagian wanita rela mengeluarkan banyak uang hingga berjuta-juta. Padahal ada banyak bahan alami disekitar kita yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan wajah yang cantik.

Salah satu masker wajah yang perlu anda coba dengan bahan yang mudah ditemukan adalah putih telur dan susu dancow. Cara membuat masker putih telur dan susu dancow tersebut juga sangat mudah berikut langkah-langkahnya:

Pertama siapkan setidaknya dua sendok makan susu dancow lalu masukkan ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan 1 butir putih telur yang sudah dikocok ke dalamnya lalu aduk kedua bahan tadi hingga merata. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan cepat anda bisa menambahkan satu sendok teh air perasan lemon ke dalam campuran kedua bahan tadi.

Setelah ke semua bahan menyatu dengan baik maka langkah selanjutnya adalah menerapkan masker wajah dari putih telur dan susu dancow tersebut ke kulit wajah. Terapkan dengan lembut dan penuh kehati-hatian hingga masker menutupi seluruh area wajah kecuali mata, bibir, dan hidung.

Biarkan masker putih telur dan susu dancow tersebut di wajah anda selama setidaknya 10 menit. Hal ini bertujuan agar kandungan bahan-bahan yang terdapat dalam masker wajah tersebut bisa menyerap dengan baik.

Langkah terakhir adalah anda bisa membilasnya dengan air hingga benar-benar bersih sampai tidak ada putih telur atau masker susu dancow yang tersisa.

3. Mencegah penuaan

Diantara manfaat masker putih telur dan susu dancow yang patut untuk diperhitungkan adalah kemampuannya dalam meremajakan kulit. Kulit yang terlihat lebih muda tentunya menjadikan anda lebih menarik di hadapan pasangan anda.  

Lantas bagaimana cara anda mendapatkannya?. Jawabannya adalah dengan menggunakan masker putih telur dan susu dancow. Kedua bahan ini memang diperkaya dengan kandungan vitamin khususnya vitamin e yang diketahui sangat baik untuk kulit. Vitamin e bukan hanya membuat kulit tampak lebih halus tetapi juga sehat dan tampak awet muda.

Jadi sebaiknya jangan ragu menggunakan masker putih telur dan susu dancow sebagai bahan perawatan kecantikan kulit wajah.

4. Mengurangi bekas jerawat

Munculnya bekas jerawat pastinya akan sangat mengganggu anda karena wajah yang tadinya bersih menjadi ternoda. Untungnya bekas jerawat tersebut bisa dihilangkan menggunakan susu dancow dan putih telur. 

Lantas bagaimana caranya?. Untuk mendapatkan manfaat putih telur dan susu dancow tersebut anda harus menggunakannya sebagai masker wajah secara rutin setidaknya dua kali seminggu. Meskipun boleh digunakan secara rutin akan tetapi tetap tidak boleh berlebihan dalam menggunakan kedua bahan tadi.

5. Mengencangkan kulit

Manfaat masker putih telur dan susu dancow yang selanjutnya adalah mampu mengencangkan kulit wajah anda secara alami. Hal ini tidak berlebihan memang karena di dalam putih telur terdapat protein yang diyakini menjadi salah satu nutrisi yang baik untuk kulit. Salah satu kunci mendapatkan kulit wajah yang kenyal dan kencang adalah mencukupi kebutuhan nutrisi terutama protein.

Dengan mengkombinasikannya dengan susu dancow maka kemampuan putih telur akan menjadi lebih maksimal. Jadi jangan ragu menggunakan susu dancow dan putih telur sebagai bahan perawatan kecantikan anda.

6. Menghilangkan rambut halus di wajah

Rambut halus di wajah terkadang sangat mengganggu terutama bagi wanita. Ya hal ini dikarenakan rambut tersebut akan membuat kulit tampak kurang halus. Jika anda mengalaminya jangan khawatir karena masker putih telur dan susu dancow dapat membantu menghilangkannya secara alami.

Cara membuat masker putih telur sebagai penghilang rambut di wajah sangat mudah sekali. Pertama ambil putih telur dari 1 butir telur ayam kampung kemudian kocok hingga sedikit berbusa. Setelah itu tambahkan dengan 1 sampai 2 sendok makan susu dancow. Lalu aduk keduanya hingga menyatu dengan baik.

Jika kedua bahan tersebut sudah menyatu kemudian terapkan ke kulit wajah anda hingga merata. Diamkan beberapa saat hingga putih telur menjadi kering dengan sendirinya. Jika sudah, lepaskan masker putih telur dan susu dancow tersebut secara perlahan agar tidak mengiritasi kulit.

Langkah terakhir untuk menghilangkan sisa-sisa dari masker putih telur dan susu dancow anda bisa membilasnya dengan air sehingga tidak ada yang tersisa.

7. Mengecilkan pori-pori kulit

Bagi anda yang memiliki pori-pori kulit besar bisa dengan mudah dikecilkan menggunakan masker putih telur dan susu dancow. Caranya campurkan putih telur yang sudah di kocok dengan 1 sendok makan susu dancow. Setelah itu aduk kedua bahan tadi hingga tercampur dengan sempurna. Langkah selanjutnya terapkan ke kulit wajah dengan menggunakan kuas hingga semua bagian wajah tertutup ini kecuali hidung, mata, dan bibir.

Kemudian biarkan masker tetap di wajah anda setidaknya 15 menit setelah itu anda bisa membersihkannya seperti biasa.

Efek samping masker susu dancow

Meskipun manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan kulit akan tetapi ternyata masker susu dancow juga menyimpan efek samping tersendiri. Bagaimanapun juga susu dancow bukanlah 100% susu alami karena tentunya sudah melalui beberapa proses tertentu.

Lantas apa saja efek samping masker susu dancow untuk kulit wajah?. Berikut kami sajikan untuk anda:

Dapat memicu jerawat

Bagi anda yang tidak cocok menggunakan masker susu dancow sebaiknya berhati-hati. Pasalnya susu dancow ternyata dapat menyebabkan jerawat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif terhadap produk tersebut. Untuk itu jika anda mengalami jerawatan setelah menggunakan masker susu dancow sebaiknya cobalah untuk menghentikannya.

Memicu pengelupasan kulit

Salah satu manfaat masker susu dancow adalah membantu menghaluskan kulit secara alami. Akan tetapi ternyata hal ini memiliki efek samping yaitu mengelupaskan kulit. Memang proses pengelupasan kulit sebenarnya bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih halus.

Jadi sebaiknya anda harus waspada saat menggunakan masker putih telur dan susu dancow, jangan sampai berlebihan dan terlalu sering. Cukup gunakan masker wajah tersebut tidak lebih dari dua kali seminggu agar tidak menyebabkan efek samping yang mengganggu.

Memicu kemerahan pada kulit

Efek pengelupasan saat menggunakan masker putih telur dan susu dancow terkadang berdampak pada munculnya kemerahan pada kulit. Hal ini sangat terasa khususnya bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. 

Jadi bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya untuk sementara hindari penggunaan putih telur dan susu dancow. Sebagai penggantinya anda bisa mencoba masker wajah lainnya yang lebih ramah seperti madu atau minyak zaitun.

Demikian tadi informasi mengenai manfaat masker putih telur dan susu dancow. Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk memilih produk kecantikan yang sesuai.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →