Manfaat masker pare untuk wajah serta efek sampingnya

Manfaat masker pare untuk kulit wajah serta efek samping yang ditimbulkannya. Dibalik rasanya yang pahit pare ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Di dalam pare memang terdapat banyak vitamin seperti vitamin K vitamin C, B dan A dimana kesemuanya sangat baik untuk kesehatan kulit wajah.

Bahkan banyak orang yang percaya jika pare dapat membantu menurunkan berat badan. Sehingga makanan yang satu ini sering digunakan sebagai makanan untuk diet sehat. Akan tetapi jarang orang yang mengetahui jika pare ternyata dapat digunakan sebagai masker wajah. 

Bagaimana apakah anda penasaran mengenai manfaat masker pare untuk kulit wajah serta bagaimana cara membuatnya?. Mari simak ulasannya dalam artikel berikut ini:

Cara membuat masker pare

Untuk membuat masker pare ada beberapa bahan yang perlu anda persiapkan diantaranya adalah satu sendok makan madu, seperempat pare dan satu sendok makan air perasan dari jeruk lemon.

Cara membuat masker pare yang pertama adalah: haluskan terlebih dahulu buah pare tersebut sehingga teksturnya benar-benar lembut. Setengah pare mulai halus maka tambahkan 1 sendok makan madu tadi dan masukkan ke dalam sebuah mangkuk kaca.

Jangan lupa tuangkan juga satu sendok makan air perasan jeruk lemon yang tadi sudah kita persiapkan lalu aduk ketiga bahan tadi hingga merata. Jika sudah selesai anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah dengan cara menerapkannya langsung ke bagian kulit wajah hingga merata.

Manfaat masker pare untuk wajah

Selain digunakan sebagai masker wajah anda juga bisa mendapatkan manfaat pare untuk kecantikan ini dengan cara mengkonsumsinya secara langsung sebagai jus. Usahakan untuk memilih pare yang alami atau terbebas dari pestisida agar manfaatnya jauh lebih maksimal.

Lantas apa saja manfaat masker pare tersebut:

Mampu membuat kulit menjadi lebih cerah

Ingin memiliki kulit yang glowing secara alami?. Mungkin menggunakan masker pare bisa jadi pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan ternyata kandungan vitamin yang terdapat dalam pare tersebut bisa membantu anda mencerahkan kulit secara alami. 

Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa salah satu kandungan di dalam masker pare adalah vitamin c. Vitamin jenis ini sudah lama dikenal sebagai salah satu vitamin yang baik untuk kesehatan kulit salah satunya adalah membuatnya tampak lebih cerah.

Mencegah penuaan dini

Pare diperkaya dengan antioksidan penting yang terdapat dari kandungan vitamin a dan c yang dimilikinya. Antioksidan sangat penting sekali untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan datang lebih awal. Tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus di wajah bisa diminimalisir dengan rutin menggunakan masker pare atau mengkonsumsinya secara langsung. 

Jika anda tertarik untuk menggunakan masker pare anda bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat masker pare di atas. Selain madu dan lemon anda juga bisa mengkombinasikannya dengan bahan alami lainnya seperti minyak zaitun atau sejenisnya.

Menyehatkan kulit wajah

Pare diperkaya dengan vitamin dan mineral yang kesemuanya sangat baik untuk kulit wajah anda. Penggunaan pare sebagai masker wajah diketahui dapat membantu melembabkan kulit dan membuatnya tampak lebih sehat secara alami. 

Untuk mendapatkan manfaat masker pare yang satu ini cobalah untuk mengkonsumsinya atau menggunakannya sebagai masker wajah. Sekali lagi pastikan anda memilih buah pare yang masih segar agar anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Efek samping pare

Jika anda terbiasa mengkonsumsi atau menggunakan pare sebagai masker wajah sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan nya. 

Pare memiliki banyak manfaat akan tetapi baru juga menyimpan efek samping yang perlu anda waspadai. Apa saja efek samping tersebut berikut informasinya:

Salah satu diantara manfaat pare adalah membantu menurunkan gula darah secara alami. Ini sangat baik terutama bagi penderita diabetes akan tetapi akan cukup mengganggu jika anda sudah memiliki kadar gula darah yang rendah.

Untuk itu sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi buah pare. Karena dikhawatirkan kandungan gula darah anda akan semakin turun secara drastis yang tentunya hal ini juga tidak baik bagi kesehatan.

Nyeri perut

Konsumsi buah pare secara berlebihan ternyata dapat membuat perut sakit. Bahkan mengkonsumsi buah pare ini juga bisa memberikan efek samping berupa perut terasa sedikit panas. Jika hal ini anda rasakan sebaiknya hentikan konsumsi pare atau anda bisa mengurangi konsumsinya.

Resiko menyebabkan impotensi

Salah satu resiko atau efek samping pare yang perlu diperhatikan oleh kaum adam adalah dapat menyebabkan impotensi. Hal ini dikarenakan buah pare ternyata berpotensi dapat merusak buah zakar laki-laki sehingga dikawatirkan akan menyebabkan impotensi. Untuk itu bagi laki-laki sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi tanaman pare. 

Sedangkan berbicara mengenai efek samping masker pare sejauh ini masih belum ada kasus yang terjadi. Akan tetapi untuk berjaga-jaga anda tetap harus waspada dalam menggunakan masker pare. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan tes patch terlebih dahulu sebelum menggunakannya ke kulit wajah. Hali ini bertujuan untuk menghindari efek samping masker pare yang mungkin saja bisa terjadi.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat masker pare untuk kulit wajah serta efek samping yang bisa ditimbulkannya. 

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →