Manfaat masker madu dan jeruk nipis

7 Manfaat masker madu dan jeruk nipis untuk kulit wajah anda

image blog.elevenia.co.id

Manfaat masker madu dan jeruk nipis untuk kulit wajah anda yang sangat luar biasa termasuk menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit. Serta beberapa tips cara membuatnya yang mudah dan simple.

Madu dan jeruk nipis memang sangat terkenal sebagai bahan perawatan kecantikan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan kedua bahan tersebut yang diketahui sangat ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan kulit. Selain bekerja cukup efektif, madu dan jeruk nipis juga relatif lebih aman selama penggunaannya tidak berlebihan dan dengan prosedur yang benar.

Jika anda penasaran apa saja manfaat masker madu dan jeruk nipis tersebut, berikut informasinya untuk anda:

Manfaat masker madu dan jeruk nipis

Madu murni ternyata bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh tetapi juga berguna meningkatkan kesehatan kulit wajah. Sejalan dengan madu jeruk nipis juga memiliki banyak khasiat diantaranya adalah membantu menurunkan berat badan.

Manfaat jeruk nipis bukan hanya menurunkan berat badan tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan. Berikut beberapa diantara manfaat masker madu dan jeruk nipis:

Membantu menghilangkan jerawat

Siapa sih yang tidak risih dengan adanya jerawat di wajah?. Pasti semua orang akan merasa kurang nyaman jika kulit wajah mereka ditumbuhi jerawat. Untungnya di antara manfaat masker madu dan jeruk nipis adalah membantu menghilangkan jerawat tersebut dan pastinya aman digunakan secara rutin.

Cara membuat masker madu dan jeruk nipis sangat mudah sekali berikut langkah-langkahnya: pertama ambil sebuah mangkuk kaca kemudian tuangkan 1 sendok makan madu murni ke dalamnya. Setelah itu tambahkan pula 1 sendok teh air perasan jeruk nipis ke dalam mangkuk kaca tadi.

Aduk-aduk kedua bahan tersebut hingga teksturnya menyerupai pasta. Jika dirasa cukup oleskan madu dan jeruk nipis ke kulit wajah anda sehingga semua bagian kulit tertutupi kecuali mata dan bibir. 

Diamkan paling tidak 20 menit setelah itu bilas wajah anda sampai bersih hingga tidak ada madu yang menempel di kulit wajah. Gunakan masker wajah ini secara rutin paling tidak dua kali seminggu untuk membuat wajah anda terbebas dari jerawat.

Mengatasi kulit berminyak

Kehadiran minyak berlebih di wajah bukan hanya membuat kulit tampak kusam tetapi juga dapat memicu munculnya jerawat. Oleh sebab itu menggunakan masker madu dan jeruk nipis sangat dianjurkan dalam rangka menghilangkan kelebihan minyak tersebut.

Selain murah penggunaan masker madu dan jeruk nipis juga relatif lebih aman dibandingkan dengan produk kecantikan berbahan kimia. Cara membuat masker ini juga sangat mudah tidak jauh berbeda dengan di atas. Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah mencampur 1 sendok makan madu murni dengan 1 sendok teh jeruk nipis lalu aduk kedua bahan tadi hingga menyatu dengan baik. 

Setelah kedua bahan tadi menyatu tambahkan pula bentonite clay (semacam tanah) ke dalamnya lalu aduk kembali hingga ketiga bahan tadi berbentuk seperti pasta. Untuk penambahan bentonite clay ini sebenarnya hanya opsional saja, jadi jika anda tidak menemukannya maka tidak usah menambahkannya.

Selanjutnya gunakan pasta yang telah anda buat tadi sebagai masker wajah dengan menerapkannya dan meninggalkannya selama 15 menit. Jika sudah selesai seperti biasa dengan wajah anda menggunakan air hingga tidak ada masker madu dan jeruk nipis yang masih menempel di kulit wajah.

Bantu cerahkan wajah

Manfaat masker madu dan jeruk nipis yang selanjutnya adalah membantu mencerahkan kulit wajah. Kulit wajah yang cerah tentu akan membuatnya tampak lebih bersih dan sehat. Belum lagi kebanyakan orang indonesia menganggap kulit cantik ada kulit yang cerah bersinar.

Untungnya untuk mendapatkan kulit wajah semacam ini anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, karena anda bisa memanfaatkan masker madu dan jeruk nipis sebagai bahan perawatan kecantikan. 

Penerapan masker madu dan jeruk nipis ini bertujuan menghilangkan kotoran di wajah sekaligus membantu menghilangkan minyak berlebih. Dimana keduanya merupakan faktor yang dapat menutupi cahaya alami kulit wajah anda.

Selain membantu menghilangkan kotoran, jeruk nipis diketahui mengandung vitamin C yang cukup tinggi dimana vitamin jenis ini dapat mencerahkan kulit secara alami. Pastinya efeknya akan semakin bertambah saat dikombinasikan dengan madu yang juga kaya akan vitamin seperti A dan C.

Samarkan noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat adalah salah satu masalah yang sangat mengganggu kecantikan kulit. Hal ini dikarenakan wajah anda yang tadinya bersih dan mulus mulai terlihat kurang menarik dengan adanya bintik hitam tersebut. Untungnya diantara salah satu manfaat masker madu dan jeruk nipis adalah membantu anda menghilangkan noda bekas jerawat tersebut.

Efek pemutih alami yang dimiliki oleh jeruk nipis mampu menyamarkan noda bekas jerawat yang ada di wajah. Sedangkan madu akan membantu meremajakan kulit sehingga proses penyembuhan akan menjadi semakin cepat. Untuk mendapatkan hasil maksimal gunakan masker madu dan jeruk nipis tersebut secara rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Mengecilkan pori-pori kulit

Pori-pori kulit wajah yang besar pasti akan membuat wajah terlihat kasar dan kurang halus. Sehingga banyak wanita yang mencoba untuk mengecilkan pori-pori tersebut dengan menggunakan berbagai produk kecantikan.

Jika anda sedang berupaya melakukan nya cobalah menggunakan madu dan jeruk nipis sebagai bahan perawatan pori-pori kulit yang besar tersebut. Menggunakan madu dan jeruk nipis diketahui bekerja cukup baik serta minim efek samping. Jadi anda bisa menggunakannya secara rutin tanpa khawatir mengenai bahaya yang bisa ditimbulkan dari masker madu dan jeruk nipis tersebut.

Mengecilkan pori-pori kulit sangat penting sekali karena pori-pori yang besar akan memicu munculnya jerawat lantaran kotoran akan lebih mudah masuk. 

Membantu mencegah jerawat

Selain berguna menghilangkan jerawat, penggunaan madu dan jeruk nipis secara rutin juga sangat bermanfaat mencegah jerawat muncul kembali. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh madu bekerja cukup efektif saat dikombinasikan dengan jeruk nipis. Hasilnya dengan menggunakan kedua bahan tadi secara rutin maka kulit wajah anda akan terbebas dari noda jerawat. 

Mencegah penuaan dini

Hampir sama dengan manfaat masker kunyit dan madu saat dikombinasikan dengan jeruk nipis madu juga berguna mencegah proses penuaan pada kulit wajah. Tentu anda tidak bisa menghindari penuaan secara mutlak tetapi mungkin anda bisa memperlambat nya.

Manfaat masker madu dan jeruk nipis ini sangat patut anda coba terlebih bagi anda yang sudah memasuki usia di atas 30 tahun. Dimana di usia tersebut biasanya seorang wanita sudah mulai mengalami munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus di wajah.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai manfaat masker madu dan jeruk nipis untuk kulit wajah anda. Semoga informasi di atas bisa membuat anda lebih yakin untuk menggunakan bahan alami sebagai bahan perawatan kulit.