14 Manfaat masker kunyit untuk wajah dan rambut yang luar biasa

Manfaat masker kunyit
Manfaat masker kunyit
Manfaat masker kunyit untuk wajah

Manfaat masker kunyit untuk wajah, rambut, dan gigi yang sangat luar biasa sekaligus cara membuatnya dengan metode sederhana yang mudah diterapkan di rumah. Kunyit adalah bumbu emas yang berasal dari daerah Timur Tengah. Kunyit banyak digunakan di daerah-daerah seperti Pakistan dan juga India. Selain dapat menambah rasa pada masakan, orang juga sering menggunakan kunyit sebagai bahan perawatan wajah. Bahkan orang Cina kuno juga menggunakan kunyit sebagai obat karena memiliki efek antiseptik, anti inflamasi, dan antioksidan.

 

Manfaat masker kunyit untuk wajah

Bagi Anda yang penasaran mengenai manfaat kunyit untuk wajah, berikut informasinya:

1. Mencerahkan wajah secara alami

Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan antioksidan kuat. Kurkumin merupakan zat yang membentuk warna orange pada kunyit. Selain bertindak sebagai antioksidan, kurkumin juga memiliki sifat pencerah pada kulit wajah sehingga menggunakan kunyit dapat meningkatkan kecerahan wajah anda secara alami. Selain itu, penggunaan kunyit juga lebih bisa diandalkan karena aman dan pastinya lebih hemat.

Cara membuat masker kunyit sangatlah mudah, anda cukup mencampurnya dengan air matang kemudian terapkan sebagai masker wajah selama 20 menit. Jika sudah selesai bilas masker kunyit tersebut hingga bersih.

2. Menyamarkan flek hitam di wajah

Anda ingin menghilangkan flek hitam di wajah dengan aman dan murah?. Mungkin menggunakan kunyit bisa dijadikan pilihan. Di atas sudah kita bahas bahwa salah satu manfaat masker kunyit untuk wajah adalah membuatnya tampak lebih cerah secara alami. Dari efek Inilah kita bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Flek hitam bisa terjadi akibat jerawat atau tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari.

3. Mencegah peradangan pada kulit wajah

Beberapa masalah pada kulit wajah seperti jerawat terkadang dapat menimbulkan peradangan. Peradangan biasanya menyebabkan rasa sakit yang tentunya sangat mengganggu. Untungnya, diantara manfaat kunyit untuk wajah adalah membantu mengurangi peradangan tersebut. Penggunaan masker kunyit secara rutin pada wajah akan sangat berguna sekali dalam mencegah dan meringankan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat atau masalah kulit lainnya.

4. Menghilangkan kelebihan minyak di wajah

Anda pasti tidak ingin memiliki wajah yang terlalu berminyak karena akan membuatnya tampak kotor dan licin. Minyak berlebih pada kulit wajah selain dapat menraik kotoran juga meningkatkan risiko munculnya komedo dan jerawat. Untuk itu sebaiknya Anda harus berhati-hati jika memiliki kulit wajah seperti ini. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena salah satu kegunaan dari masker kunyit untuk wajah adalah membantu mengontrol minyak berlebih.

Kunyit bekerja sangat efektif dibandingkan menggunakan produk kecantikan lainnya. Kebanyakan dari produk kecantikan berbahan kimia hanya membantu menghilangkan minyak sesaat tapi justru membuat kulit menjadi tampak lebih kering. Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan kulit wajah anda, karena kulit yang kering akan meningkatkan resiko munculnya kerutan di wajah.

5. Menghambat pertumbuhan rambut wajah dan tubuh

Nah bagi Anda yang tidak menginginkan munculnya rambut pada wajah atau bagian tubuh tertentu bisa memanfaatkan kunyit sebagai bahan bahan perawatan. Bagi seorang wanita tentu memiliki rambut wajah sangat mengganggu karena anda akan terlihat seperti pria. Saat digunakan sebagai masker wajah kunyit akan menghambat pertumbuhan rambut yang mendorongnya rontok secara alami. Di India para wanita sering menggunakan kunyit untuk menyingkirkan rambut yang tidak diinginkan. Jadi kunyit bisa dikatakan bisa berfungsi sebagai wax alami.

Cara menghilangkan bulu tipis pada wajah menggunakan kunyit: buat pasta yang kental dari kunyit dengan menambahkan susu dan tepung beras. Oleskan pada bagian tubuh anda yang banyak terdapat bulu halus seperti wajah, lengan, dan kaki. Biarkan sampai kering kemudian bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin paling tidak 1 minggu sekali untuk mencegah tumbuhnya rambut pada area tersebut.

6. Menghilangkan kerutan di wajah

Munculnya kerutan di wajah adalah tanda-tanda penuaan yang bisa diakibatkan oleh efek merugikan radikal bebas. Tanda-tanda penuaan bisa muncul lebih cepat dibandingkan perkiraan jika anda memiliki pola hidup yang kurang sehat. Untungnya salah satu manfaat masker kunyit untuk wajah adalah membantu mencegah munculnya kerutan dan garis-garis halus tersebut. Jadi menggunakan kunyit secara rutin akan membuat Anda tampak lebih muda.

Cara menghilangkan kerutan di wajah menggunakan masker kunyit sangat mudah. Bahan yang perlu Anda persiapkan diantaranya setengah sendok teh bubuk kunyit, 1 cangkir susu ,dan satu sendok makan madu. Ambil satu mangkuk kaca lalu tuangkan ke semua bahan tadi di dalamnya. Aduk hingga merata lalu gunakan sebagai masker wajah. Tunggu selama 30 menit sampai 1 jam lalu bilas masker kunyit tadi dengan air hingga tidak ada yang tersisa.

7. Menghilangkan jerawat di wajah

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah cantik dan terbebas dari jerawat. Pastinya semua wanita menginginkannya. Akan tetapi masalahnya tidak semua dari kita dianugerahi wajah seperti itu. Untuk mendapatkannya terkadang kita harus mengeluarkan banyak uang dengan membeli produk kecantikan yang mahal.

Padahal produk semacam ini belum tentu lo bisa menghilangkan jerawat. Dibandingkan harus capek-capek membeli obat penghilang jerawat yang mahal, Anda bisa menggunakan kunyit sebagai masker wajah dengan manfaat yang tidak kalah dengan obat jerawat konvensional.

8. Mengatasi gosong akibat sengatan matahari

Manfaat kunyit untuk wajah yang selanjutnya adalah membantu mengatasi kemerahan atau gosong pada kulit akibat sengatan sinar matahari. Sengatan sinar matahari berlebih ternyata berdampak buruk untuk kesehatan kulit anda. Salah satunya adalah dapat memicu gosong atau kemerahan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan kunyit sebagai masker wajah.

Cara menggunakan kunyit untuk masker wajah: Pertama campur satu sendok teh kunyit dengan satu sendok makan jus lemon. Sekarang masukkan ke dalam mangkuk kaca kemudian tambahkan pula seperempat cangkir jus mentimun. Terapkan paket ini pada wajah anda menggunakan kapas secara merata. Tunggu selama 15 menit ketika sudah selesai bilas dengan air hangat.

9. Mengangkat sel kulit mati di wajah

Tekstur kasar dari serbuk kunyit dapat bertindak sebagai exfoliator alami yang berguna mengangkat sel kulit mati di wajah. Sel kulit mati dapat menumpuk sehingga menutupi kecerahan kulit anda. Untuk itu penggunaan masker kunyit ini mampu mencerahkan kulit secara alami. Anda bisa menikmati manfaat masker kunyit untuk wajah ini dengan cara menerapkannya secara langsung pada bagian tubuh seperti leher, dan wajah yang banyak terdapat sel-sel kulit mati.

Cara mengangkat sel kulit mati di wajah menggunakan kunyit: campur 2 sendok makan serbuk kunyit dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Gunakan campuran ini untuk menggosok kulit anda dengan lembut selama beberapa menit. Jika sudah selesai bilas dengan air dingin lalu tepuk-tepuk hingga kering. Perawatan menggunakan masker kunyit ini harus dilakukan secara rutin dan konsisten agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

10. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat masker kunyit untuk wajah yang paling mengagumkan adalah kemampuannya dalam memudarkan bekas jerawat. Kunyit mampu mengurangi noda hitam dan bekas luka akibat jerawat sekaligus membantu proses penyembuhannya secara alami.

Kemampuan kunyit tersebut tidak terlepas dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin jenis ini berguna meningkatkan pengendapan kolagen serta mendorong proses regenerasi sel kulit. Hal ini sangat penting sekali dalam proses penyembuhan luka termasuk luka yang diakibatkan oleh jerawat. Sedangkan kandungan antioksidan yang kuat dalam kunyit juga berperan penting dalam mempercepat penyembuhan sekaligus memperbaiki fibroblas dan kepadatan vaskuler pada luka.

Lantas bagaimana cara menghilangkan bekas luka dengan kunyit? untuk melakukannya, berikut tipsnya untuk anda:

Pertama siapkan 2 sendok makan bubuk kunyit dan satu sendok teh air mawar. Campur keduanya dengan cara mengaduknya di dalam sebuah mangkuk kaca. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan baik aplikasikan dengan lembut di kulit wajah hingga merata. Tunggu selama setidaknya 30 menit lalu bersihkan wajah anda seperti biasa.

 

Manfaat kunyit untuk kecantikan

Setelah kita membahas mengenai manfaat masker kunyit untuk wajah, sekarang kita akan mencari tahu apa saja kegunaan kunyit yang lainnya. Berikut beberapa manfaat kunyit di luar kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan kulit wajah anda:

1. Memutihkan gigi

Penggunakan kunyit sebagai bahan pemutih gigi bukanlah tipuan atau mitos. Beberapa orang sudah membuktikan penggunaan kunyit sebagai obat pemutih gigi alami tentunya lebih aman dibandingkan menggunakan bahan kimia. Mungkin anda berpikir jika mengkonsumsi kunyit justru dapat membuat gigi anda menjadi kuning. Akan tetapi kenyataannya tidak demikian, kunyit memiliki beberapa senyawa alami yang bisa membantu membersihkan sekaligus membuat gigi anda menjadi lebih putih.

Tidak percaya? Anda bisa membuktikannya sendiri dengan mengikuti metode berikut ini: Pertama campurkan sejumput kunyit dengan seperempat sendok teh baking soda. Celupkan sikat gigi Anda ke dalam pasta yang anda buat tadi lalu gunakan untuk menyikat gigi. Tunggu hingga 2 menit lalu berkumurlah untuk membersihkan gigi anda dari noda kunyit.

2. Mengurangi ketombe di kulit kepala

Kulit kepala yang gatal akibat ketombe dapat diobati dengan efektif menggunakan kunyit. Munculnya ketombe biasanya disebabkan oleh jamur sedangkan kunyit memiliki sifat antijamur dan antiseptik yang membantu melawan infeksi jamur penyebab ketombe. Caranya: campurkan minyak zaitun dengan kunyit kemudian gunakan sebagai masker rambut. Tunggu hingga 20 menit lalu bilas rambut Anda dengan shampo hingga bersih.

3. Mencegah rambut rontok

Manfaat kunyit untuk rambut disebabkan oleh sifat antijamur yang dimilikinya mampu mencegah munculnya jamur yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Selain memiliki sifat antijamur, kunyit juga mengandung nutrisi penting lainnya yang berguna meningkatkan kesehatan kulit kepala. Hal ini sangat baik sekali terutama bagi Anda yang sering mengalami gatal dan ketombe. Cara membuat masker kunyit untuk rambut sangatlah mudah. Anda cukup melakukan tips seperti point nomor 2 di atas.

4. Mengatasi psoriasis

Psoriasis merupakan sebuah penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi kulit. Penyakit ini ditandai dengan munculnya sisik yang berlapis dengan warna keperakan, dan disertai dengan penebalan warna pada kulit.

Penyakit ini ternyata bisa diatasi dengan mengambil manfaat masker kunyit untuk wajah. Caranya: terapkan campuran antara masker kunyit dan madu ke bagian kulit yang terpengaruh oleh psoriasis tersebut. Seperti biasa, anda perlu membiarkan masker kunyit tetap di kulit selama sekitar 30 menit untuk membuat kandungan nutrisinya meresap sempurna.

Nah, setelah mengetahui manfaat masker kunyit untuk wajah di atas, Apakah anda tertarik menggunakan kunyit sebagai bahan perawatan kecantikan?