8 Manfaat masker kopi dan putih telur serta cara membuatnya sendiri

Manfaat masker kopi dan putih telur
Manfaat masker kopi dan putih telur

Manfaat masker kopi dan putih telur serta cara membuatnya yang mudah dan praktis tentunya bisa anda lakukan sendiri di rumah. Kulit wajah yang sehat cerah dan tampak muda merupakan idaman semua wanita. Tetapi sayangnya untuk mendapatkan kulit cantik idaman tersebut terkadang seorang wanita harus mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke salon kecantikan.

Akan tetapi bagi anda yang ingin memiliki kulit cantik tersebut dengan biaya minim tidak perlu khawatir. Karena kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami disekitar kita seperti halnya kopi dan putih telur.

Kopi diketahui memang memiliki banyak sekali kegunaan bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga perawatan kecantikan. Sedangkan putih telur juga tidak kalah dalam hal kemampuannya untuk masker wajah. Karena putih telur diyakini memiliki banyak sekali manfaat yang tentunya akan sangat menarik jika dikombinasikan dengan kopi sebagai masker wajah.

Lantas tahukah anda apa saja manfaat masker kopi dan putih telur tersebut?. Mari kita cari tahu bersama-sama di dalam artikel di bawah ini.

1. Meremajakan kulit wajah

Diantara manfaat masker kopi dan putih telur yang pertama adalah mampu menjaga agar kulit tampak lebih muda. Kopi diperkaya dengan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kulit dari serangan merugikan radikal bebas.

Mengaplikasikan masker kopi bersama dengan putih telur akan memberikan perlindungan ekstra pada kulit sekaligus membuatnya tampak lebih sehat. Anda boleh menggunakannya secara rutin akan tetapi tidak berlebihan maksimal 2 hari sekali atau dua kali seminggu saja.

2. Menyamarkan flek hitam di wajah

Flek hitam menjadi salah satu noda yang paling mengganggu terutama bagi wanita yang sangat memperhatikan penampilan. Bagaimana tidak wajah yang tadinya mulus dan bersih akan ternoda dengan munculnya flek hitam tersebut.

Masalah utamanya lagi adalah flek hitam ini sangat sulit sekali dihilangkan sehingga banyak orang yang memilih prosedur bedah hanya untuk menghilangkan masalah kulit ini. 

Tetapi melakukan operasi plastik hanya untuk menghilangkan flek hitam tentunya akan membutuhkan banyak biaya. Untuk itu sebaiknya anda mencari alternatif dengan menggunakan bahan alami seperti masker kopi dan putih telur.

Secara alami masker kopi dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati saat digunakan sebagai masker wajah. Proses pengangkatan sel kulit mati ini pada akhirnya akan membantu menyamarkan noda hitam yang berada di permukaan kulit.

4. Meregenerasi sel kulit

Untuk membuatnya tetap sehat secara alami kulit kita butuh melakukan regenarasi. Proses regenarasi ini bisa berjalan dengan baik jika kita mencukupi kebutuhan nutrisi kulit. Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dari dalam anda juga bisa membantu meregenerasi sel kulit dengan menggunakan masker kopi dan putih telur.

5. Mengecilkan pori-pori kulit

Pori-pori kulit yang besar akan memudahkan kotoran untuk masuk dan menyebabkan jerawat atau komedo. Untungnya salah satu manfaat masker kopi dan putih telur adalah membantu mengecilkan pori-pori kulit tersebut.

6. Menghilangkan noda bekas jerawat

Kemunculan noda bekas jerawat di wajah pasti sangat menjengkelkan, karena noda tersebut sangat sulit dihilangkan dibandingkan dengan jerawat itu sendiri. Tetapi kabar baiknya diantara manfaat masker kopi dan putih telur adalah membantu anda menyamarkan noda jerawat tersebut pastinya dengan aman.

Masker kopi dan putih telur berguna mengelupaskan kulit sehingga membantu menyamarkan dan mengangkat noda bekas jerawat. Selain menyamarkan bekas noda penggunaan kedua bahan tadi juga akan membuat kulit wajah tampak lebih bersinar karena sel kulit mati yang menumpuk di permukaan akan terangkat.

7. Mengurangi kelebihan minyak di wajah

Wajah yang dipenuhi dengan minyak berlebih tentunya akan membuatnya tampak lebih kusam. Hal ini akan semakin buruk jika debu yang menempel di wajah justru akan menutupi kecantikan alami kulit wajah anda. 

Tetapi anda tidak perlu khawatir karena salah satu kegunaan dari masker kopi dan putih telur adalah membantu menghilangkan kelebihan minyak tersebut.

8. Menghilangkan rambut halus di wajah

Bagi anda yang terganggu dengan munculnya rambut halus di wajah tidak perlu khawatir karena anda bisa menghilangkannya menggunakan masker kopi dan juga putih telur. Cara membuat masker kopi dan putih telur untuk menghilangkan bulu halus di wajah sangat mudah. Pertama ambil putih telur kemudian masukkan ke dalam wadah kaca. 

Tambahkan setidaknya 2 sendok teh bubuk kopi murni lalu aduk dua bahan tadi hingga menyatu. Kemudian oleskan ke kulit wajah anda sampai merata kecuali pada bagian seperti mata atau bibir.

Diamkan sampai masker kopi dan putih telur tersebut mengering dengan sendirinya kemudian anda bisa membilasnya. Setelah menerapkan masker wajah tersebut cobalah menggunakan pelembab untuk mengurangi efek kering pada kulit.

Karena proses pengangkatan bulu halus di wajah terkadang sedikit mengiritasi kulit sehingga membuatnya terasa kurang nyaman. Untuk itu anda membutuhkan pelembab alami yang bisa menyegarkan kulit wajah anda.

Cara membuat masker kopi dan putih telur

Untuk mendapatkan semua manfaat masker kopi dan putih telur di atas anda perlu menerapkan kedua bahan tadi ke kulit wajah anda, lantas bagaimana caranya berikut ulasan cara membuat masker wajah dari kopi dan putih telur.

Kopi dan putih telur

Bahan pertama yang akan kita gunakan adalah kopi dan putih telur. Pertama-tama siapkan satu butir telur ayam kampung yang yang masih segar. Pisahkan antara putih dan kuning telur lalu masukkan ke dalam mangkuk kecil. Aduk putih telur hingga berbusa dan teksturnya sedikit lebih encer kemudian tambahkan dengan 2 sendok teh bubuk kopi ke dalamnya.

Aduk lagi adonan tersebut sehingga anda mendapatkan masker yang teksturnya seperti pasta. Langkah selanjutnya anda bisa menggunakan sebagai masker wajah dengan cara menerapkannya ke permukaan kulit.

Putih telur kopi dan lemon

Selain menggunakan putih telur dan kopi dalam pembuatan masker yang satu ini kita membutuhkan bahan lainnya yaitu lemon. Salah satu manfaat dari masker wajah yang satu ini adalah membuat wajah tampak lebih cera. Terus bagaimana cara membuat masker kopi dan putih telur tersebut? Berikut langkah-langkahnya

Pertama seperti biasa pisahkan antara putih dan kuning telur lalu masukkan ke dalam wadah kaca. Kocok seperti biasa hingga putih telur berbusa agar teksturnya tidak menggumpal. Setelah itu tambahkan setengah sendok makan bubuk kopi bersamaan dengan 1 sendok teh air perasan lemon. Aduk ketiga bahan tadi hingga menyatu dengan baik lalu terapkan ke kulit wajah anda.

Biarkan selama 10 menit kemudian bersihkan wajah anda seperti biasa dengan cara membilas menggunakan air sampai bersih.

Jika anda tertarik dengan kopi sebagai bahan perawatan kecantikan anda juga bisa membaca artikel seputar manfaat masker kopi dan susu yang juga memiliki manfaat luar biasa sebagai bahan perawatan kulit.

Efek samping masker kopi

Masker kopi pada dasarnya aman digunakan di kulit wajah selama anda tidak berlebihan dalam menerapkannya. Salah satu efek samping masker kopi yang biasanya terjadi adalah kulit akan terasa sedikit panas saat sesudah menggunakannya.

Hal ini sebenarnya dikarenakan kopi memiliki kemampuan mengelupaskan kulit sehingga membuatnya sedikit lebih sensitif daripada biasanya. Untuk itulah anda tidak boleh menggunakan masker kopi terlalu sering. 

Selain efek samping tersebut efek-efek lain yang membuat kulit kurang nyaman bisa saja terjadi jika anda menerapkan masker kopi terlalu sering.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat masker kopi dan putih telur untuk kulit wajah serta tips untuk membuatnya sendiri di rumah. Jika anda suka dengan artikel diatas jangan lupa share ke teman-teman anda.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →