6 Manfaat masker gelatin untuk wajah dan kecantikan kulit

Kulit wajah, Masker wajah
manfaat masker gelatin untuk wajah
image via www.healthline.com

Manfaat masker gelatin untuk wajah dan kecantikan kulit yang sangat mengesankan seperti mengecilkan pori-pri sampai mencegah penuaan dini. Gelatin yang selama ini banyak digunakan untuk memasak ternyata juga menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Hal ini karena gelatin mengandung protei, asam amino, hydroxyproline, dan alanine. Semua kandungan ini dibutuhkan oleh kulit agar terbebas dari berbagai masalah. Cara paling mudah untuk mendapatkan manfaat gelatin pada kulit wajah adalah dengan membuatnya sebagai masker.

 

Manfaat masker gelatin untuk wajah

Gelatin tersebut dapat dicampur dengan beberapa bahan lain seperti madu, susu, atau bahan lainnya untuk memberikan manfaat terbaik bagi para pemakainya. Berikut ini adalah beberapa manfaat masker gelatin yang perlu diketahui dan kombinasi bahan yang diperlukan untuk mendapatkan manfaat tersebut sehingga hasilnya dapat sesuai dengan harapan.

1. Mengecilkan Pori-pori Hidung

Memiliki kulit wajah dengan pori-pori yang terbuka lebar tentu lebih mudah terkena kotoran yang menyebabkan jerawat dan komedo. Dengan masker gelatin, pori-pori hidung akan mengecil dan lebih kencang. Untuk mendapatkan manfaat ini, bahan yang digunakan pada masker adalah 1 sendok teh gelatin dan 1 sendok teh susu murni bubuk. Campur kedua bahan tersebut sambil dipanaskan di kompor sampai tercampur rata yaitu sekitar 20 detik. Setelah itu, diamkan sampai hangat kemudian oleskan di hidung sampai mengering. Bilas dengan air dingin.

2. Mencegah Penuaan Dini

Gelatin merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat untuk membuat kulit tampil awet muda. Hal ini karena gelatin mengandung kolagen yaitu protein yang menghambat tanda-tanda penuaan dini. Masker gelatin dapat membantu mencegah penuaan dini ketika dicampur dengan madu dan jeruk nipis. Bahan yang diperlukan 1 sendok makan gelatin bubuk,1/2 sendok teh air perasan jeruk nipis, dan 1 sendok makan madu. Campur semua bahan tersebut sampai merata. Setelah itu oleskan di wajah dan leher. Tunggu sampai masker mengering kemudian kelupas atau bersihkan dengan air dingin.

3. Menghilangkan Komedo

Gelatin merupakan salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk mengatasi komedo membandel di wajah. Gelatin menawarkan fungsi yang mirip dengan pore pack tetapi lebih alami. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, masker gelatin perlu dicampur dengan susu. Cara menghilangkan komedo secara alami dengan gelatin yang pertama siapkan 1 sendok makan gelatin dan 20 ml susu cair atau yoghurt plain. Panaskan bubuk gelatin selama 15 detik sambil diaduk sampai meleleh dan tambahkan susu. Matikan api, tunggu sampai hangat. Setelah itu, aplikasikan di wajah secara merata. Pastikan untuk menggunakannya selagi hangat karena campuran tersebut akan mengeras jika terlalu lama didinginkan.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain ampuh untuk menghilangkan komedo, manfaat masker gelatin juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit. Cara mengangkat sel kulit mati di wajah dengan masker gelatin harus ditambah dengan arang karbon aktif. Untuk membuat masker tersebut, siapkan bubuk arang karbonaktif dan 1 sendok makan gelatin. Masukkan ke dalam wadah kaca tahan panas dan tambahkan dengan 2 sendok teh air. Panaskan dengan microwave selama 15 detik. Diamkan sampai hangat kemudian aplikasikan masker tersebut di wajah secara merata. Pastikan wajah Anda sudah dibersihkan sebelum mengaplikasikan masker tersebut.

5. Mengatasi Kulit Kusam

Gelatin selain dapat diminum juga dapat dijadikan masker untuk membantu mengatasi kulit kusam agar lebih glowing atau bercahaya, Masker tersebut mampu menjadikan kulit lebih lembut dan kencang. Anda dapat membuat masker dari gelatin saja atau dicampur dengan bahan-bahan alami yang dapat mengatasi kulit kusam seperti susu atau madu.

6. Menjaga Kelembutan Kulit

Anda dapat menjadikan kulit lebih lembut dengan mengaplikasikan masker gelatin secara teratur. Manfaat ini dapat dirasakan ketika masker gelatin dicampur dengan madu. Caranya siapkan ½ sendok teh bubuk gelatin, 1 sendok teh madu murni, dan 1 sendok teh gliserin sayuran. Campur semua bahan tersebut kemudian oleskan secara merata di wajah menggunakan kuas wajah, kecuali bagian mata. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat dan lanjutkan denan air dingin. Setelah itu lembabkan kulit dengan air mawar dan argan oil. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Itulah beberapa manfaat masker gelatin. Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, Anda tentu akan semakin yakin untuk menggunakan masker tersebut.