4 Manfaat masker alpukat untuk kulit wajah yang luar biasa

Buah, Kecantikan, Masker wajah
manfaat masker alpukat untuk kulit wajah
image from Kjokkenutstyr Net

Manfaat masker alpukat untuk kulit wajah dan kecantikan yang sangat mengagumkan. Serta beberapa informasi mengenai cara membuat masker alpukat dengan kombinasi bahan lainnya. Memang sudah tidak bisa dipungkiri bahwa segala macam jenis buah – buah yang sering kita konsumsi sehari – hari sangat baik untuk kesehatan. Di dalam buah terdapat banyak sekali kandungan zat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Tidak hanya bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh saja, ternyata buah juga sangat bagus untuk kecantikan dan menjaga kesehatan kulit wajah anda. Caranya adalah dengan memahami manfaat masker alpukat untuk kulit wajah.

 

Mengenal manfaat buah alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang biasanya dibuat jus atau sebagai bahan campuran dalam pembuatan berbagai macam makanan dan minuman. Buah ini mempunyai nama latin Persea Americana yang juga merupakan buah yang mempunyai beragam khasiat. Selain dijadikan minuman, ternyata buah ini juga bisa diolah menjadi masker wajah. Buah ini banyak mengandung kandungan vitamin 11 dan 14 mineral yang mana sangat diperlukan oleh tubuh dan kulit manusia.

Di dalam buah alpukat juga terdapat kandungan lemak. Oleh karena itu, banyak orang yang sedang melakukan program diet penurunan berat badan untuk tidak mengkonsumsi buah ini. Padahal mestinya, buah alpukat ini tidak akan membuat anda menjadi gemuk. Hal ini dikarenakan kandungan lemak di dalamnya adalah kandungan lemak tidak jenuh. Sehingga tidak akan menyebabkan penumpukan lemak. Bahkan, ternyata ada banyak sekali khasiat yang bisa diperoleh dari lemak jenuh buah alpukat ini. Misalnya saja penurun kadar kolesterol, kecantikan, dan sebagainya.

 

Manfaat masker alpukat untuk kulit wajah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah alpukat sangat marak sekali di jadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai macam masker kecantikan herbal alami pada saat ini. Banyak penelitian yang menyatakan, bahwa jika anda menggunakan masker alpukat secara teratur akan bisa mencerahkan, meremajakan, dan menambah kelembaban pada kulit wajah. Selain itu ada juga beberapa manfaat masker alpukat untuk kulit wajah, yaitu :

1. Menghaluskan permukaan kulit wajah

Kulit wajah merupakan salah satu bagian kulit yang sangat rentan sekali terkena paparan sinar matahari secara langsung ketika anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Jika sering terkena paparan sinar matahari, maka akan membuat kulit akan mengelupas dan menyebabkan permukaan kulit menjadi kasar. Nah, dengan menggunakan masker buah alpukat ini akan membantu dalam mempercepat regenerasi kulit dimana akan membantu dalam mengangkat sel – sel kulit mati di sekitar wajah. Dengan begitu, wajah akan nampak lebih halus dan cerah.

Baca juga: 12 Cara menghaluskan wajah secara alami, cepat dan efektif

2. Dapat menjadikan kulit nampak lebih segar dan tidak kusam

Buah alpukat memang menjadi buah yang banyak memiliki kandungan vitamin. Buah ini banyak mengandung vitamin A dan vitamin E. Dengan adanya vitamin ini, maka akan membuat kulit yang awalnya kusam menjadi lebih nampak segar dan bercahaya. Selain itu, buah alpukat juga bisa digunakan untuk menyamarkan flek hitam atau noda bekas jerawat atau penuaan dini pada wajah.

3. Menjadikan kulit wajah nampak lebih muda

Manfaat dari buah alpukat ini adalah untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam gejala penuaan dini, misalnya saja kerutan yang merata di wajah. Kerutan ini biasa akan muncul pada sekitar mata dan akan sangat mengganggu sekali penampilan anda. Kandungan vitamin E yang terdapat di dalam buah alpukat akan bisa bermanfaat dalam mengencangkan kulit dan juga akan menyamarkan kerutan secara bertahap sehingga wajah anda akan nampak lebih muda dari usia sebenarnya

4. Mengatasi masalah kulit kering dan kusam

Berada di bawah paparan sinar matahari dan debu polusi, jika dibiarkan akan membuat kulit nampak lebih kusam dan kering. Di dalam buah alpukat terdapat kandungan zat Biotin yang akan sangat menunjang kesehatan kulit wajah anda menjadi lebih fresh dan tidak kusam.

 

Cara membuat masker buah alpukat

Jika kita melihat di pasaran, saat ini ada banyak toko – toko kecantikan yang menawarkan berbagai macam masker instan dari bahan alpukat. Namun selain itu, ternyata anda bisa membuat masker buah alpukat ini sendiri karena caranya yang sangat mudah dan praktis seperti berikut ini, yaitu :

  • Ambil satu buah alpukat. Ambil dagingnya dan taruh di dalam wadah
  • Blender atau hancurkan daging buah alpukat hingga benar – benar halus
  • Gunakan ampas buah alpukat yang sudah dihaluskan untuk masker wajah secara teratur
  • Sebelum menggunakan masker, sebaiknya bersihkan wajahmu terlebih dahulu baru diaplikasikan dengan masker buah alpukat tersebut dan biarkan sekitar 15 – 20 menit lalu bilaslah dengan air bersih

Di dalam membuat masker buah alpukat, anda bisa mengkombinasikan dengan beberapa bahan – bahan berikut ini.

Madu

Madu memang menjadi salah satu minuman yang menyehatkan. Selain dijadikan minuman, anda juga bisa menggunakan madu sebagai campuran dalam pembuatan masker wajah dengan buah alpukat. Madu ini banyak mengandung senyawa misalnya saja Vitamin C, Pinocembrin, Katalase yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan. Antioksidan bisa melindungi kulit wajah dari racun – racun akibat paparan sinar matahari langsung dan polusi. Selain itu juga bisa membantu dalam menjaga keelastisan kulit wajah anda.

Yogurt murni

Bahan ini dapat membantu kinerja masker alpukat dimana berperan di dalam, menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah. Yoghurt mengandung kandungan asam laktat dan mempunyai manfaat mengangkat sel – sel kulit mati dan mengurangi garis halus pada wajah.

Susu murni

Pengaplikasian masker buah alpukat dengan susu murni secara teratur akan bisa membuat kulit wajah akan terjaga kelembabanya karena di dalamnya terdapat kandungan moisturizer yang sangat tinggi. Flek – flek hitam pun juga bisa memudar.

Tomat

Tomat mengandung banyak kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga menjadikan buah menjadi berwarna merah dan sangat cocok dikombinasikan dengan buah alpukat. Tomat ini sangat cocok untuk tipe wajah yang berminyak. Dimana bisa membantu dalam mengontrol produksi minyak yang berlebihan pada wajah. Selain itu juga akan membuat kulit bisa menjadi rileks dan nampak cerah alami.

 

Cara memilih buah alpukat yang baik untuk masker wajah

Sebelum anda menggunakan alpukat untuk masker wajah, anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai tips untuk memilih buah alpukat yang baik untuk masker wajah, yaitu :

  • Pilih buah alpukat yang sudah matang. Jika masih belum matang, anda bisa menyimpanya terlebih dahulu hingga matang. ini bertujuan agar anda bisa mendapatkan daging buah yang banyak.
  • Rasa dan raba tekstur dari buah alpukat dengan cara menekan semua bagian untuk memastikan teksturnya empuk.

Nah, itu tadi sudah banyak penjelasan mengenai manfaat masker alpukat untuk kulit wajah dan cara membuatnya. Ayo segera buat masker wajah buah alpukat demi kecantikan anda karena cantik tidak harus mahal, cukup dengan cara sederhana dengan masker wajah buah alpukat. Selamat mencoba.