Manfaat Makan Tomat Mentah yang Khasiatnya Sayang Jika Dilewatkan!

manfaat makan tomat mentah

manfaat makan tomat mentah

Manfaat Makan Tomat Mentah – Tomat adalah tanaman dari keluarga Solanaceae, tanaman ini asli Amerika Selatan dan Tengah, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tanaman yang memiliki siklus hidup singkat. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.

Tomat adalah sayuran dan buah yang seringkali diolah oleh masyarat Indonesia untuk campuran masakan, sebagai jus tomat ataupun dimakan langsung alias mentah. Mengkonsumsi tomat mentah membantu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan. Selain itu, tomat juga dapat meningkatkan cita rasa makanan.

Tomat memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Tomat membantu dalam menghilangkan sebagian penyakit berbahaya, menurunkan tingkat kematian, serta mengatasi obesitas. Buah tomat ini mengandung lycopene yang merupakan pigmen karotenoid yang diperlukan oleh tubuh Anda.

Diketahui secara luas jika tomat memiliki kandungan antioksidan yang luar biasa. Tomat juga memberikan manfaat kesehatan yaitu meningkatkan penglihatan, kesehatan perut, serta mengurangi tekanan darah. Hal ini juga memberi manfaat bagi penderita diabetes, masalah kulit dan infeksi saluran kemih.

Masih banyak lagi manfaat kesehatan tubuh yang bisa di dapatkan dari mengkonsumsi buah tomat mentah. Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat makan tomat mentah yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Manfaat Makan Tomat Mentah untuk Mencegah Bebagai Penyakit yang Wajib Anda Ketahui!

manfaat makan tomat mentah

Sumber: http://blog.duniamasak.com

1. Mencegah Kanker

Tomat mentah kaya akan sumber antioksidan serta vitamin C yang membantu melawan radikal bebas penyebab kanker. Tomat memiliki kandungan lycopene yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah kanker.

2. Melindungi Jantung Anda

Tomat mengandung serat, vitamin C, kolin, dan potassium yang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung. Resiko penyakit kardiovaskular dapat dikurangi dengan adanya asupan kalium yang tinggi dari tomat.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Kumis Kucing, Mau Tahu? Yuk, Intip Ulasannya!

3. Mencegah Diabetes

Tomat memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan risiko diabetes. Makanan kaya serat dalam tomat menolong dalam mengelola kadar insulin.

4. Menjaga Kesehatan kulit

Vitamin C yang terkandung pada tomat sangat dibutuhkan untuk sintesis kolagen. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga supaya kulit tetap kencang, meningkatkan elastisitas dan menyembuhkan luka bakar.

manfaat makan tomat mentah

Sumber: https://www.phorzo.com

5. Mengurangi Depresi

Menghilangkan depresi dan stres adalah salah satu manfaat utama tomat mentah. Tomat mengandung folat yang dapat mencegah penumpukan homosistein (asam amino dalam plasma darah) berlebihan, sehingga membantu mengatasi depresi.

6. Meningkatkan Penglihatan

Tomat mengandung vitamin A dan beta karoten yang penting untuk mendukung fungsi retina dan juga menjaga penglihatan.

7. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Tomat dapat mengatasi sembelit dan diare, sehingga sistem pencernaan tetap sehat dengan terjaga. Hal tersebut  juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

Baca Juga: Manfaat Perasan Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Wajib Baca!

8. Melawan Peradangan

Untuk menghindari peradangan, Anda seharusnya minum segelas jus tomat setiap hari. Hal tersebut akan membantu secara efektif dalam mengobati peradangan, arthritis dan nyeri sendi.

9. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Tomat mentah sangat tinggi kandungan airnya, sehingga akan mengurangi kemungkinan tertularnya infeksi saluran kemih.

Itulah berbagai manfaat mengkonsumsi tomat mentah untuk kesehatan tubuh. Namun, walaupun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, mengkonsumsi tomat mentah juga memiliki dampak bahaya jika dikonsumsi berlebihan, lho.

Ingin tahu bahaya apa saja ketika kita mengkonsumsi tomat mentah? Yuk, simak ulasan artikel berikut ini!