10 Fungsi dan manfaat magnesium untuk kesehatan

Nutrisi
manfaat magnesium
image from www.well-beingsecrets.com

Fungsi dan manfaat magnesium untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Magnesium mungkin bukan menjadi salah satu mineral yang cukup terkenal setidaknya masih kalah dengan kalsium ataupun zat besi. Meskipun demikian mineral yang satu ini ternyata memiliki banyak sekali fungsi dan juga manfaat di dalam tubuh kita. Beberapa manfaat dan fungsi magnesium yang paling penting diantaranya termasuk:

1. Mengurangi sembelit

Ternyata serat bukan satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar pencernaan. Ada satu mineral yang ternyata memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan mineral tersebut yaitu magnesium. Manfaat magnesium yang satu ini didapat dari kemampuannya dalam meniadakan asam yang ditemukan dalam perut anda sehingga memungkinkan makanan yang dicerna berjalan lancar melalui usus.

2. Meningkatkan kesehatan tulang anda

Magnesium merupakan salah satu mineral yang sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan tulang. Bersama dengan kalsium dan vitamin D magnesium berguna mengatur kepadatan tulang kita. Mineral yang satu ini bukan hanya membantu anda memiliki tulang yang kuat tetapi juga mencegah atau mengurangi resiko penyakit osteoporosis di masa tua. Jadi mendapatkan asupan magnesium yang cukup di masa muda akan berdampak positif dalam mencegah osteoporosis di masa tua.

3. Membantu mengobati Asma

Bagi mereka yang memiliki penyakit asma kronis dapat meningkatkan asupan magnesium untuk meringankan gejala asma. Manfaat magnesium untuk kesehatan yang satu ini dikarenakan adanya fakta bahwa penderita penyakit asma terbukti memiliki kadar magnesium yang rendah di dalam tubuh mereka. Asupan magnesium yang cukup dari makanan yang kita konsumsi akan membantu mengatur pernapasan, memudahkan proses pernapasan, sekaligus mengendurkan otot-otot bronkus sehingga membuat penderita asma menjadi lebih mudah dalam bernafas.

4. Meningkatkan massa otot

Jika anda ingin memiliki otot yang kuat meningkatkan asupan magnesium bisa menjadi jawabannya. Karena ternyata magnesium memiliki kontribusi yang cukup baik dalam membantu meningkatkan massa otot. Penelitian mengungkap bahwa kekurangan magnesium dapat menghambat pertumbuhan dan kinerja otot pada atlet. Selain itu, meningkatkan asupan magnesium juga membantu menjaga kestabilan energi dalam tubuh yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki aktivitas padat.

5. Mengurangi nyeri saraf

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 lalu oleh Journal of Psychology mengungkap bahwa asupan magnesium yang cukup membantu mengurangi rasa sakit kronis yang berhubungan dengan saraf. Selain itu, asupan magnesium yang cukup juga berguna mengurangi nyeri otot dan membuatnya lebih rileks secara alami.

6. Menjaga kesehatan jantung

Orang-orang yang mengalami defisit magnesium ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sirkulasi jurnal di mana penelitian tersebut menguji efektivitas suplemen magnesium padat pasien penyakit jantung. Hasilnya mereka yang memiliki penyakit jantung saat diberikan suplemen magnesium dua kali sehari selama 6 bulan memiliki stamina fisik yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak. Selain itu suplemen magnesium bagi penderita penyakit jantung juga menunjukkan tanda-tanda yang baik dalam hal perbaikan pembuluh darah.

7. Mengurangi risiko diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang mengalami kekurangan magnesium memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit diabetes di kemudian hari. Sedangkan orang yang mencukupi asupan magnesium akan mengalami resiko yang lebih rendah terkena penyakit diabetes. Manfaat magnesium untuk kesehatan yang didapat karena mineral ini membantu dalam aktivitas dan pelepasan insulin yang pada gilirannya akan menjaga tingkat glukosa darah lebih sehat.

8. Meningkatkan kesehatan gigi

Selain baik untuk menjaga kesehatan tulang, magnesium juga berguna meningkatkan kepadatan dan kekuatan gigi anda. Hal ini dikarenakan magnesium berguna membantu tubuh dalam menyerap kalsium dimana kalsium merupakan salah satu penopang utama gigi dan tulang.

9. Baik untuk ibu hamil

Mencukupi asupan magnesium dapat membantu anda terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan saat hamil. Manfaat magnesium untuk kesehatan ibu hamil diantaranya dapat mengurangi nyeri, mencegah pengeroposan tulang, mengoptimalkan sirkulasi darah, dan mencegah eklampsia. Selain itu asupan magnesium yang cukup juga membantu menutrisi janin dalam kandungan anda.

10. Mencegah migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah tentunya sangat mengganggu aktivitas anda. Untungnya di antara manfaat magnesium untuk kesehatan adalah membantu mencegah atau meringankan migrain tersebut. Hal ini dikarenakan magnesium dapat berfungsi sebagai pelemas otot sehingga menjadikan penderita migrain sangat terbantu. Sakit kepala sebelah atau migrain biasanya terjadi akibat ketegangan otot.

Demikian tadi ke 10 daftar manfaat dan fungsi magnesium untuk kesehatan kita, semoga bisa berguna bagi para pembaca.