Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil, Supaya Tetap Cantik dan Sehat

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Memastikan kecukupan nutrisi setiap hari harus benar-benar perlu bagi ibu hamil. Beragam asupan pun dikonsumsi demi pertumbuhan janin dan kebugaran ibu berlangsung baik. Salah satunya dengan madu. Namun, benarkah ada kegunaan madu untuk ibu hamil?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, anda wajib paham jika madu tersusun atas glukosa, fruktosa, dan juga air. Di samping itu, cairan yang berasal dari lebah ini juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebagai contoh, vitamin, protein, zat besi, kalsium, asam askorbat, asam pantotenat, niacin dan juga riboflavin.

Berbagai Manfaat Madu untuk Ibu Hamil, Yuk Simak Infonya..

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan-kandungan tersebut, tak diherankan jika madu dicari untuk dikonsumsi di segala macam usia, dan juga ibu hamil. Ya, tidak seperti pada anak- anak di bawah umur 1 tahun, minum madu justru baik bagi ibu hamil.

Bahkan, para ahli yakin bahwa madu bisa membantu mengatasi keluhan-keluhan yang dirasakan selama kehamilan. Agar anda lebih yakin, tersebut 11 kegunaan madu untuk ibu hamil yang wajib anda tahu.

1.Meredakan Batuk secara Alami

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil
Obat-obatan yang bisa dikonsumsi selagi hamil benar-benar terbatas. Madu merupakan salah satu obat alami yang bisa senantiasa anda konsumsi. Mengapa demikian? Karena kandungan yang ada pada madu memiliki komponen antiperadangan dan antibakteri. Jika dikombinasikan dengan bahan alami, seperti jahe atau jeruk nipis, khasiat madu untuk ibu hamil makin lama baik dirasakan.

Untuk mengurangi batuk, cukup campurkan satu sendok makan madu ke di dalam satu cangkir susu panas. Bisa juga dengan mencampurkan tumbukan bawang putih ke di dalam madu. Simpan didalam toples setidaknya selama 24 jam, hingga tercampur dengan baik. Cukup mengkonsumsi satu sendok makan campuran ini akan meredakan batuk.

2.Meredakan Hidung Tersumbat

Hidung yang mengalami penyumbatan bisa juga loh kita atasi dengan madu, karena penyumbatan ini sangat menganggu ibu hamil. Caranya cukup mudah kok, campurkan satu sendok makan madu dan tetesan jeruk nipis ke di dalam air hangat atau kaldu untuk meredakan keluhan ini.

3.Mengurangi Nyeri Tenggorokan

Madu juga diketahui miliki komponen antinyeri agar bisa kurangi sakit tenggorokan. Campurkan satu sendok makan madu dan sebagian tetes jeruk nipis ke di dalam air hangat. Gunakan larutan ini sebagai obat kumur atau minuman untuk kurangi nyeri tenggorokan.

BACA JUGA : Apa Manfaat Makan Buah? Perlu Anda Ketahui, Yuk Baca ..

4.Ibu Hamil tengah Mual


Manfaat madu untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk kurangi keluhan mual. Mual dan muntah lazim dirasakan pada trimester pertama kehamilan akibat perubahan hormonal. Campuran madu dengan air jeruk nipis atau cuka apel bisa membantu anda mengurangi rasa mual.

5.Mengobati Iritasi Lambung

Pencernaan yang melambat akibat perubahan hormonal dan pembesaran rahim yang menghimpit usus dan lambung kerap memicu ibu hamil terasa begah. Tak jarang, lambung pun terasa perih, terutama di trimester akhir kehamilan. Nah, satu sendok makan madu dengan segelas susu panas bisa kurangi ketidaknyamanan ini.

6.Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Antioksidan yang kaya di dalam madu akan meningkatkan kebugaran tubuh ibu hamil sekaligus menopang pertumbuhan janin.

7.Mencegah Pertambahan Berat Badan Saat Hamil Tidak Berlebihan

Terbuat dari bahan yang alami, madu benar-benar cocok digunakan sebagai pemanis pengganti. Terutama, bagi ibu hamil yang berat badannya telah berlebih sebelum akan hamil.

8.Madu sebagai Penambah Energi

Pada  saat sedang hamil, terutama bagi anda yang telah memasuki trimester ketiga, pastinya anda akan merasakan mudah sekali leleah. Minum madu bisa jadi pilihan penambah kekuatan yang alami dan aman bagi ibu hamil. Selain itu, dikarenakan madu mengandung kalori yang cukup, madu juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

9.Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Tak hanya segelas susu hangat yang bisa menopang anda tertidur lelap. Minum madu dicampur air hangat selagi hamil juga bisa meningkatkan mutu tidur anda!

10.Menjaga Kesehatan Kulit

Karena perubahan hormonal, kulit ibu kemungkinan akan menjadi kusam, berjerawat, kemerahan, hingga keluar bintik hitam. Anda bisa pakai madu sebagai masker alami yang menopang memelihara kebugaran kulit.

11.Mengatasi Keluhan Ketombe

Tak hanya keluhan kulit di wajah atau di tubuh, hormon kehamilan juga bisa memicu keluhan gatal dan ketombe di kulit kepala. Madu sebagai bahan alami yang dapat membantu mengatasi keluhan ini.

Caranya yaitu, pakai air hangat untuk mengencerkan madu kemudian, usap dan pijat lembut di kepala Anda. Diamkan sebagian selagi sesudah itu bilas hingga bersih.

12.Mengatasi insomnia

Mengonsumsi madu adalah tidak benar satu langkah paling sederhana dan safe untuk menaikkan mutu tidur. Madu saat dikonsumsi sebelum tidur diketahui punyai sifat penghilang stres, sehingga tidur pun jadi lebih nyenyak.

13.Mencegah alergi

Mengkonsumsi madu secara teratur akan membantu tubuh membangun kekebalan tubuh pada antigen sepanjang kehamilan. Jadi, cobalah untuk mengkonsumsi madu secara teratur saat ibu hamil mengalami alergi. Namun kecuali memilki alergi pada serbuk sari, anda wajib berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum konsumsi madu, ya.

Meskipun sebagian besar madu aman untuk dikonsumsi, ada beberapa permasalahan di mana madu dapat memiliki efek samping. Beberapa di antaranya yakni pada seseorang dengan riwayat gula darah tinggi atau mungkin diabetes.

Apabila, madu dikonsumsi secara berlebihan maka dikhawatirkan juga bisa meningkatkan resiko diabetes gestasional pada ibu hamil, sehingga perlu dibatasi jumlah konsumsinya per hari. Perlu diingat madunya harus madu murni tanpa campuran apapun ya.

Jika ibu sudah memiliki diabetes gestasional, terus awasi kadar gula darah secara teratur dan perhatikan jumlah asupan madu juga. Aturan ini berlaku untuk ibu hamil yang mengalami diabetes tipe-2 atau resistensi insulin.

Selain itu, konsumsi madu secara berlebihan juga berisiko dapat menyebabkan kram perut, iritasi pada saluran pencernaan, diare dan kembung. Agar manfaatnya maksimal, pilih madu yang murni dan berkualitas, ya.

Semoga, ulasan ini memberikan manfaat untuk kita semua ya, disarankan menggunakan madu sesuai permasalahan tubuh kita supaya takaranya pun bisa disesuaikan,