Daftar manfaat leunca untuk kesehatan tubuh kita

manfaat leunca
manfaat leunca
image from wikimedia.org

Manfaat leunca untuk kesehatan tubuh bukan menjadi rahasia umum lagi. Leunca atau bisa disebut dengan leunca merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai lalapan. Walaupun bentuknya bulat dan kecil, tapi jangan menyepelekan manfaat leunca untuk kesehatan jantung kita, seperti berikut ini:

1. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan kanker menjadi salah satu penyakit mematikan terbesar di dunia. Kalaupun bisa sembuh, biasanya penyembuhannya akan membutuhkan waktu yang lama. Maka dari itu, manfaat leunca untuk kesehatan bagus sebagai anti kanker.

Leunca sendiri mememiliki kandungan senyawa solasonine, solanine, solasodine dan solamargine yang berfungsi dalam menghambat perkembangan sel kanker. Selain itu, senyawa solasodine memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa sakit, anti radang dan anti shok. Sedangkan, untuk senyawa solamargine merupakan senyawa anti bakteri. Senyawa-senyawa itulah yang berguna dalam mengatasi gangguan kanker, seperti kanker payudara, leher rahim, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, vitamin B17 di dalam leunca juga berguna dalam menyembuhkan kanker. Terlebih lagi, banyak penelitian yang mengatakan vitamin B17 merupakan jenis vitamin penyembuh kanker.

2. Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi bisa menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Walaupun sebenarnya kolesterol dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi, namun dengan tingginya kolesterol akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Kolesterol yang tinggi akan membuat kerja jantung menjadi lebih lambat. Dengan begitu, peredaran darah juga akan terganggu.

Maka dari itu, manfaat leunca untuk kesehatan ternyata bisa berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Sebenarnya, leunca bagus untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Dengan begitu, kolesterol di dalam tubuh akan tetap seimbang hanya dengan mengonsumsi leunca secara rutin.

3. Menurunkan hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu gangguan kesehatan yang banyak dialami seseorang. Sebenarnya, hipertensi masih berkaitan dengan tingginya kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi merupakan penyebab hipertensi. Jika dibiarkan hipertensi bisa mengganggu kinerja jantung. Biasanya hipertensi akan menyebabkan serangan jantung. Selain itu, penderita hipertensi memiliki detak jantung yang tidak teratur.

Menurunkan hipertensi menjadi salah satu manfaat leunca untuk kesehatan jantung. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kolesterol penyebab darah tinggi. Leunca akan membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh sekaligus mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi menyerang anda.

4. Memperlancar sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang lancar sangat dibutuhkan untuk kesehatan organ tubuh yang lainnya. Bahkan sirkulasi darah yang lancar akan membuat Anda selalu sehat dan memperpanjang umur Anda. Jika sirkulasi darah menjadi terganggu, maka organ tubuh yang lainnya juga akan terganggu, seperti jantung. Penyakit jantung bisa terjadi karena peredaran darah yang tidak lancar.

Manfaat leunca untuk kesehatan jantung lainnya adalah memperlancar sirkulasi darah. Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang berguna dalam memperbaiki komposisi darah. Tidak hanya itu saja, kandungan zat besi di dalam leunca berguna dalam mengatasi anemia atau kekurangan darah. Selain itu, sirkulasi darah yang lancar akan mencegah adanya penggumpalan darah, terlebih lagi di dalam bagian jantung.

4. Membuat jantung menjadi lebih sehat

Manfaat leunca untuk kesehatan jantung yang paling utama adalah jantung menjadi lebih sehat. Mengonsumsi leunca setiap harinya membuat kerja jantung lebih optimal. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, leunca berguna dalam menurunkan kolesterol, hipertensi, melancarkan aliran darah dan anti kanker yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

Tidak hanya itu saja, leunca memang berguna menangkal radikal bebas. Seperti yang diketahui, radikal bebas memiliki kandungan racun yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Hanya dengan mengonsumsi leunca radikal bebas bisa dicegah. Dengan begitu, leunca akan menghindarkan Anda dari penyakit jantung ataupun gangguan pada katup jantung yang disebabkan oleh pembuluh darah di arteri yang rusak.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman berbentuk bulat kecil dengan rasanya yang pahit untuk kesehatan jantung Anda. Bukan hanya untuk jantung, leunce juga memiliki manfaat untuk kesehatan bagian tubuh yang lainnya. Hanya dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda bisa mendapatkan manfaat leunca untuk kesehatan tubuh yang lainnya

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →