Manfaat Kulit Buah Naga sebagai Antioksidan dan Lainnya. Check It!

manfaat kulit buah naga

manfaat kulit buah naga

Manfaat Kulit Buah Naga – Hylocereus undatus atau lebih dikenal buah naga merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi dan kandungan serat tinggi yang baik bagi tubuh. Buah naga memang tidak perlu diragukan lagi kepopulerannya di Indonesia, serta khasiat yang dimilikinya.

Buah yang termasuk jenis kaktus ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, serta sudah mulai banyak dibudidayakan di wilayah Asia. Sayangnya, sebagian besar masyarakat cuma mengkonsumsi daging buahnya saja. Namun, tahukah Anda bahwa kulit buah naga juga berkhasiat?

Penasaran ulasan lengkapnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat kulit buah naga yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

1. Melenturkan Pembuluh Darah

Manfaat kulit buah naga diawali dengan khasiatnya yang dapat membantu melenturkan pembuluh darah. Hal ini didukung kulit buah naga memiliki kandungan, seperti senyawa aktif araxast 12 dan pentacylic triyepene 20ene 30aol.

Kedua kandungan tersebut berperan penting untuk melenturkan pembuluh darah yang mengalami kaku dan penyempitan. Mengkonsumsi kulit buah naga bisa menjadi solusi pencegahan penyempitan pembuluh yang memicu serangan jantung dan hipertensi.

2. Sumber Antioksidan

Manfaat kulit buah naga berikutnya yakni sebagai sumber antioksidan. Kulit buah naga bisa dipakai dalam produksi makanan, sebagai pewarna alami.

Selain itu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kosmetika. Hal ini dikarenakan kulit buah naga mengandung beberapa senyawa seperti anthocyanin yang bisa dipakai sebagai antioksidan.

3. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Manfaat kulit buah naga untuk kesehatan, selain melenturkan pembuluh darah terbukti juga dapat mencegah penyumbatannya. Melalui kandungan antosianin sebagai antioksidan di dalam tubuh, berfungsi mencegah terjadinya aterosklerosis, penyakit penyumbatan pembuluh darah.

Cara kerja dalam tubuh dengan menghambat proses aterogenesis, melalui oksidasi lemak jahat dalam tubuh, yakni lipoprotein densitas rendah.

4. Mencegah Kanker

Kanker sebagai penyebab kematian dalam daftar sepuluh besar dan penyakit dengan tingkat tertinggi di dunia. Menurut hasil penelitian, kulit buah naga mengandung fitoalbumin yang berkombinasi dengan vitamin C dan mineral lain, bisa mencegah seluruh jenis penyakit kanker, seperti kanker darah, payudara, paru-paru, liver, dan sebagainya.

5. Mencegah Tumor

Manfaat kulit buah naga untuk kesehatan berikutnya yakni mencegah tumor. Kandungan dari kulit buah naga berperan aktif dalam menghambat sel tidak normal penyebab tumor.

6. Mendeteksi Boraks dan Formalin pada Makanan

Kulit buah naga selain berkhasiat bagi tubuh terbukti mempunyai peran penting pula mendeteksi makanan dari pengawet membahayakan. Boraks dan formalin bisa berimbas buruk dengan menumbuhkan kanker, tumor, dan kerusakan otak. Langkah pemanfaatannya sebagai berikut :

  • Potong kecil-kecil kulit buah naga.
  • Rendam kulit dengan sedikit perasan jeruk dan air tawar.
  • Tunggu beberapa saat hingga air berubah merah.
  • Celupkan terlebih dahulu tisu dalam rendaman, lalu letakkan tisu pada makanan yang ingin dideteksi.
  • Makanan mengandung boraks atau formalin jika tisu tidak berubah warna.
  • Namun apabila tisu berubah warna menjadi kembali putih, berarti makanan tersebut aman dan cocok dikonsumsi.

7. Merawat Kecantikan Kulit

Manfaat kulit buah naga untuk kesehatan kulit Anda bisa didapat dari kandungan antioksidan, vitamin C dan E yang cukup tinggi. Radikal bebas penyebab kulit kusam,  sakit, dan kering dapat ditangkal dengan antioksidan.

Selain itu, masalah kulit seperti jerawat, keriput, dan komedo dapat diobati dengan kulit buah naga dan menjadi lebih sehat. Cara menerapkannya cukup mudah, gunakanlah masker dengan kulit buah naga yang sudah ditumbuk. Masker alami tersebut sangat baik untuk kulit.

manfaat kulit buah naga

Sumber: https://tlm.unisayogya.ac.id

Cara Mengolahnya:

Pertama, Anda bisa membuat seduhan teh sendiri mengaplikasikan kulit buah naga. Potong kecil-kecil kulitnya, lalu dijemur hingga mengering.

Kulit buah naga kering tadi dapat Anda rendam dengan air panas layaknya menyeduh teh. Sebagai perawatan dan pencegahan, minumlah sehari dua kali. Kedua, Anda bisa membuat tumis kulit buah naga. Siapkan bumbu tumis dan bahan lainnya,

Bahan Tumis Kulit Buah Naga:

  • 2 kulit buah naga
  • 1 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 3 butir merica
  • 1 buah cabai rawit (bisa lebih cocok selera)
  • Gula jawa atau gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Tumis Kulit Buah Naga:

  1. Kulit buah naga dapat Anda cuci bersih terlebih dahulu, lalu potong bagian duri luar yang segitiga dan kecil itu.
  2. Potong ukuran kecil kulit buah naga satu suap dengan nasi.
  3. Potong tipis bawang merah. Tumbuk halus bawang putih, garam, dan merica.
  4. Seluruh bumbu tadi dapat Anda tumis, tambahkan gula dan aduk merata.
  5. Masukkan kulit buah naga dan aduk rata lagi. Tunggu hingga empuk dan bumbu meresap total. Cairan berwarna ungu kemerahan akan dikeluarkan kulit buah naga.
  6. Koreksi rasa asin dan manisnya apakah sudah cocok selera.
  7. Tumis Kulit Buah Naga siap disajikan. Selagi hangat, sangat cocok disantap bersama nasi putih panas, Anda akan menemukan sensasi kenyal yang sangat lezat.

Itulah cara mengolah kulit buah naga dan beberapa manfaat untuk kesehatan. Sekarang Anda tidak perlu menambah limbah basah lagi, manfaatkanlah kulit buah naga sebagai pengobatan alternatif dan pencegahan beragam masalah kesehatan lain. Semoga berkhasiat dan selamat mencoba.

Baca Juga: Manfaat Buah Delima Merah yang Rugi Jika Dilewatkan. Yuk, Intip!