8 Manfaat koshiabura untuk kesehatan yang mengagumkan

manfaat koshiabura
manfaat koshiabura
image from specialtyproduce.com

Mungkin bagi orang Indonesia masih asing dengan sayur koshiabura, namun manfaat koshiabura untuk kesehatan sangat banyak. Berikut ini sedikit pengetahuan tentang koshiabura dan manfaat untuk tubuh Anda.

 

Apa itu koshiabura?

Koshiabura sendiri merupakan sayuran yang berasal dari Jepang dan memiliki bentuk seperti daun daun singkong saat mekar. Namun sebenarnya memiliki bentuk batang yang berbeda. Bahkan sayuran yang satu ini tidak memiliki nama umum atau internasional. Koshiabura sendiri merupakan jenis sayuran gunung. Biasanya dijual saat keadaan masih muda atau kuncup.

Di Jepang sendiri, sayuran koshiabura sedikit sulit untuk ditemukan. Kebanyakan untuk bisa mendapatkannya harus menemui petani sayuran ini di dataran tinggi. Walaupun, Jepang memiliki pertanian yang modern, namun untuk jenis sayuran ini masih menggunakan sistem pertanian yang biasanya.

 

Manfaat yang dimiliki koshiabura

Mungkin banyak orang Indonesia yang jarang mengonsumsi koshiabura, namun bagi Anda yang sudah pernah mengonsumsinya, bersyukurlah karena manfaat yang diberikan oleh tanaman yang satu ini, seperti :

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat koshiabura untuk kesehatan yang pertama adalah membantu melancarkan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan koshiabura sendiri memiliki kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan usus yang lebih sehat. Pencernaan yang lancar juga akan membantu dalam menyerap sari makanan. Tidak hanya itu saja, pencernaan yang lancar akan menghindarkan gangguan sembelit atau susah buang air besar.

2. Membuat otak anak cerdas

Bukan menjadi rahasia umum jika anak sulit untuk mengonsumsi sayuran. Kebanyakan anak memang tidak suka dengan rasa sayuran. Namun berbeda dengan koshiabura yang sangat disukai oleh anak – anak di Jepang. Terbukti, dengan mengonsumsi koshiabura membuat otak menjadi lebih cerdas. Hal tersebut sama halnya dengan mengonsumsi ikan segar.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Salah satunya adalah manfaat koshiabura untuk kesehatan jantung Anda. Sebenarnya, koshiabura sendiri berguna untuk menjaga kesehatan kardiovaskuler. Kesehatan kardiovaskuler sangat penting untuk mencegah terjadinya ganguan jantung serta pembuluh darah, hanya dengan mengonsumsi koshiabura kesehatan kardiovaskuler terjaga.

4. Anti inflamasi

Peradangan yang terjadi karena infeksi virus atau bakteri akan menyebabkan pembengkakan. Biasanya untuk bisa menyembuhkan pembengkakan dibutuhkan makanan yang memang bisa melawan virus dan bakteri tersebut. Kebanyakan obat-obatan akan diberikan. Namun daripada mengonsumsi obat – obatan, Anda bisa mencoba sayur koshiabura. Sayur ini memiliki sifat anti inflamasi yang membantu menyembuhkan bengkak dan peradangan yang terjadi.

5. Membuat awet muda

Memiliki kulit yang awet muda merupakan dambaan setiap wanita. Maka dari itu, manfaat koshiabura untuk kesehatan membantu dalam meremajakan kulit. Koshiabura sendiri membantu kulit dalam meregenerasi. Dengan begitu, kulit akan senantiasa kenyal, elastis dan keriput bisa dicegah.

6. Memiliki kandungan antioksidan

Jika selama ini kandungan antioksidan terbaik adalah vitamin C, namun sayur koshiabura juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang diketahui bahwa kandungan antioksidan sangat berguna untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu banyak faktor penyebab untuk gangguan di dalam tubuh. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang kurang sehat. Maka dari itu, koshiabura bisa menjadi sumber antioksidan mencegah radikal bebas.

7. Memiliki zat besi

Zat besi di dalam makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, manfaat koshiabura untuk kesehatan sangat bagus karena kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi di dalam kashiabura akan membantu menambah sel darah merah di dalam tubuh. Dengan begitu, anemia atau kekurangan sel darah merah bisa dicegah.

8. Protein tinggi

Bukan hanya zat besi dan antioksidan saja yang ada di dalam koshiabura. Tanaman ini juga memiliki kandungan protein di dalamnya. Jadi, untuk mendapatkan protein tidak hanya dari daging – dagingan saja. Anda bisa mengonsumsi koshiabura yang memiliki kandungan protein namun juga rendah lemak.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman sayuran pegunungan Jepang tersebut.