Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan yang Perlu Anda Tahu. Check It!

manfaat kolang kaling untuk kesehatan

manfaat kolang kaling untuk kesehatan

Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan – Apakah Anda tahu kolang kaling? Mungkin bagi pecinta es buah dan kolak sudah tidak asing dengan kolang kaling ini. Selama ini kolang kaling biasanya digunakan sebagai bahan untuk campuran minuman es buah.

Pada dasarnya, kolang kaling merupakan biji dari tanaman aren. Kolang kaling ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Mempunyai tekstur kenyal dan lembut, kolang kaling juga mempunyai rasa manis. Kolang kaling mudah dijumpai di negara-negara Asia Tenggara.

Dilansir dari berbagai sumber, kolang kaling kaya vitamin A, vitamin B, vitamin C, klaium, zat besi, kalsium dan juga gelatin. Kolang kaling mempunyai kandungan air cukup tinggi. Kandungan air yang ada di dalam kolang kaling yaitu sekitar 93 persen.

Gizi di dalam kolang kaling baik untuk kesehatan dan membuat tubuh menjadi sangat segar. Kolang kaling dapat mengurangi nyeri sendi dan mempunyai sifat antiaging (antipenuaan). Untuk mendapatkan manfaatnya, getah yang bisa menyebabkan gatal-gatal dari kolang kaling harus dihilangkan terlebih dahulu dengan melewati proses pembakaran.

Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat kolang kaling untuk kesehatan yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan Tubuh yang Rugi Jika Dilewatkan

1. Antiaging

Kolang kaling dipercaya dapat mencegah penuaan karena mempunyai sifat antiaging. Jurnal Pharmacognosy Research menjelaskan bahwa kolang kaling mengandung galactomannan dalam membantu proses penghambatan tirosinase lebih dari 50 persen.

Kandungan tirosinase dalam kolang kaling bermanfaat memberikan pigmen berwarna pada kulit Anda. Kolang kaling memiliki sifat antiaging yang membantu melawan radikal bebas pemicu penuaan dini.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kolang kaling mempunyai manfaat memperlancar sistem pencernaan tubuh Anda. Kolang kaling mengandung sekitar 1,6 gram serat kasar per 100 gram.Serat kasar pada kolang kaling dapat mendukung sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses.

Serat kasar pada kolang kaling tidak larut dalam air yang bermanfaat menuntaskan gangguan pencernaan seperti wasir. Kandungan galactomannan pada kolang kaling dipercaya bisa memengaruhi kadar serat pangan.

Serat pangan dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh Anda. Kolang kaling memiliki serat pangan yang bisa mengurangi risiko penyakit obesitas,  stroke, hati, hipertensi, dan diabetes.

manfaat kolang kaling untuk kesehatan

Sumber: https://mitalom.com

3. Mengatasi Osteoporosis

Osteoporosis yaitu kondisi saat kualitas kepadatan tulang Anda menurun yang membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak. Kolang kaling mempunyai 91 kalsium dan 243 fosfor per 100 gram di dalamnya. Kandungan fosfor dan kalsium pada kolang kaling dapat menjaga kesehatan dan tulang menjadi lebih kuat.

4. Mencegah Dehidrasi

Kolang kaling mengandung kadar air yang relatif tinggi. Kolang kaling dapat membantu tubuh Anda terhindar dari dehidrasi. Selain kandungan air yang cukup tinggi, kolang kaling mempunyai kandungan lain seperti vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Dehidrasi yaitu situasi tubuh kehilangan banyak cairan daripada yang didapatkan. Tetapi, Anda akan beresiko mengalami obesitas serta penyakit kronis lainnya jika berlebihan mengkonsumsi kolang kaling.

5. Menurunkan Berat Badan

Kolang kaling dipercaya mempunyai manfaat untuk menurunkan berat badan. Dalam penelitian, terkandung 0,69 protein, 4 gram karbohidrat, 1 gram kadar abu, dan 0,95 serat kasar dalam 100 gram kolang kaling.

Kolang kaling bisa membantu mempercepat rasa kekenyangan dan mengendalikan nafsu makan Anda. Kolang kaling cocok dikonsumsi sebagai makanan diet karena memiliki kadar gelatin yang cukup tinggi.

6. Mengobati Radang Sendi

Bisa menjadi pilihan obat untuk meredakan penyakit radang sendi karena kolang kaling memiliki sifat antianalgesik. Kolang kaling juga bermanfaat mengurasi rasa sakit pada radang sendi karena mengandung galaktomannan.

Penyakit radang sendi menyebabkan gejala sakit pada sendi Anda dan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Manfaat dari kolang kaling bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi rebusan 100 gram kolang kaling yang tanpa campuran warna dan gula.

7. Mencegah Anemia

Kolang kaling mempunyai kandungan zat besi. Zat besi dalam kolang kaling yaitu komponen dari hemoglobin. Komponen hemoglobin mempunyai fungsi memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melewati sirkulasi darah tubuh Anda.

Mengonsumsi kolang kaling dapat mencukupi kadar zat besi yang dibutuhkan di dalam tubuh Anda. Jika Anda mengkonsumsi kolang kaling bisa mencegah risiko anemia.

8. Menjaga Imunitas Tubuh

Kolang kaling kaya akan berbagai tipe gizi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seperti zat besi, zink, kalium, dan kalsium ada dalam kolang kaling. Kolang kaling memiliki kandungan yang bermanfaat membantu proses metabolisme dalam sel-sel tubuh Anda.

Baca Juga: Manfaat Air Nanas Panas Bisa Mencegah Kanker? Yuk, Intip Ulasannya!