14 Manfaat kelapa muda untuk kesehatan dan juga kecantikan

Kecantikan, Kesehatan
manfaat kelapa muda
image via pixabay.com

Manfaat kelapa muda untuk kesehatan dan juga kecantikan serta informasi mengenai kandungan nutrisinya yang sangat banyak meliputi vitamin dan juga mineral penting.

 

Kandungan nutrisi kelapa muda

Kelapa merupakan buah tropis yang memiliki warna coklat dengan banyak manfaat terutama untuk kecantikan kulit dan membantu mengurangi berat badan. Buah kelapa terutama yang masih muda selain memiliki rasa yang enak juga diperkaya dengan kandungan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Beberapa vitamin yang terdapat dalam kelapa muda diantaranya adalah zat besi, serat, vitamin C, vitamin B1, B3, B5, B6, kalsium, magnesium dan beberapa nutrisi penting lainnya. Bukan hanya itu, kelapa muda juga memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Ini menjadikan kelapa muda sebagai makanan antibiotik alami terbaik.

 

Manfaat kelapa muda untuk kesehatan dan kecantikan

Bagi Anda yang masih penasaran mengenai manfaat kelapa muda untuk kesehatan dan juga kecantikan berikut informasinya untuk anda:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh kelapa muda membantu meningkatkan kesehatan pencernaan sekaligus mengurangi gangguan perut lainnya seperti irritable bowel syndrome. Hal ini dilakukan dengan cara mendukung penyerapan nutrisi seperti asam amino, vitamin, dan juga mineral dalam tubuh. Jadi mengkonsumsi kelapa muda secara rutin akan sangat penting sekali dalam meningkatkan kesehatan pencernaan anda.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sifat anti-virus, anti-bakteri dan anti-jamur yang dimiliki oleh kelapa muda dan buah kelapa secara umum dapat menjadi pendorong kekuatan imunitas tubuh kita. Hal ini dikarenakan dalam kelapa muda terdapat asam lemak yang akan diubah menjadi monolaurin oleh tubuh. Hal ini pada akhirnya akan mencegah virus dan patogen seperti influenza, candida, helicobacter pylori, dan HIV untuk merusak tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat kelapa muda yang satu ini anda bisa mengkonsumsinya secara rutin atau bersama dengan air kelapa mudah yang juga memiliki manfaat tidak kalah penting.

3. Membantu menurunkan berat badan

Jika anda ingin memiliki tubuh yang langsing dan sehat mengkonsumsi kelapa muda bisa dijadikan pilihan. Selain mengkonsumsi daging kelapa muda Anda juga bisa mengkonsumsi minyak kelapa dengan manfaat yang hampir sama. Minyak kelapa mengandung sedikit kalori dan juga mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki kemampuan dalam peleburan asam lemak yang unik sehingga membantu membakar lebih banyak energi dengan cara meningkatkan laju metabolisme tubuh. Hal ini pada gilirannya akan membantu mengurangi beberapa kg dari berat badan Anda.

4. Kelapa muda dapat meningkatkan energi tubuh

Manfaat kelapa muda untuk kesehatan yang satu ini bisa anda dapatkan saat mengkonsumsinya bersamaan dengan airnya. Air kelapa muda mengandung beberapa nutrisi penting yang dapat berguna meningkatkan kemampuan tubuh dalam menghasilkan energi. Lemak MCFA dalam kelapa akan dibakar dan diubah menjadi energi yang akan disimpan di dalam tubuh. Saat diperlukan cadangan lemak ini bisa membantu Anda mendapatkan energi yang dibutuhkan.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kelapa muda mengandung asam lemak rantai menengah MCFA yang dapat mengurangi LDL atau kolesterol jahat. Disaat bersamaan hal ini juga akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu, kandungan asam laurat sebesar 50% dalam buah kelapa juga berguna mengurangi resiko penyakit kardiovaskular yang menjadi salah satu pembunuh utama manusia.

6. Mengurangi resiko penyakit alzheimer

Penyakit Alzheimer atau menurunnya fungsi kognitif otak merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh para lansia. Kandungan keton yang ditemukan dalam kelapa muda dianggap sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak yang pada gilirannya akan mengurangi risiko Penyakit Alzheimer. Nutrisi ini berfungsi sebagai sumber energi alternatif untuk sel-sel yang tidak dapat menggunakan glukosa.

7. Mengurangi resiko penyakit diabetes

Kandungan MCFA dalam kelapa muda bukan hanya baik untuk kesehatan jantung tetapi juga mampu mencegah penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan MCFA dalam buah kelapa bisa dengan cepat diubah oleh tubuh menjadi energi yang berguna mengontrol kadar gula darah sekaligus meningkatkan sekresi insulin. Hal ini sangat penting sekali untuk mencegah penyakit diabetes. Jadi, bagi Anda yang memiliki risiko tinggi mengalami diabetes tidak ada salahnya untuk memasukkan kelapa muda ke dalam menu sehat harian.

8. Mencegah gangguan ginjal dan hati

Salah satu nutrisi yang sangat mendominasi manfaat kelapa muda untuk kesehatan adalah adanya kandungan MCFA atau Medium Chain Triglycerides fatty acids (MCFA’s). Nutrisi tersebut dapat bertindak sebagai agen detoksifikasi sekaligus meningkatkan fungsi ginjal dan hati agar bekerja dengan baik. Selain fungsinya tersebut, sifat anti-virus dan anti-jamur yang dimiliki oleh kelapa muda membantu meningkatkan metabolisme yang baik di dalam tubuh kita.

9. Menghancurkan candida dalam tubuh

Sifat anti-jamur yang dimiliki oleh buah kelapa sangat baik untuk menangkal pertumbuhan candida yang disebabkan adanya kelebihan ragi dalam perut. Kandungan asam kaprat, asam kaprilat, dan asam laurat dalam kelapa muda memberikan sifat antibakteri dan anti jamur untuk menghancurkan sel ragi candida yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

10. Mengembalikan cairan tubuh yang hilang

Bagi anda yang memiliki aktivitas super padat sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda merupakan elektrolit alami yang dapat dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Hal ini sangat baik sekali terutama dikonsumsi saat berbuka puasa atau pada saat matahari sedang terik. Selain sangat menyegarkan, manfaatnya juga sangat banyak untuk kesehatan.

11. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu kondisi di mana tulang mulai kehilangan kepadatannya akibat kurangnya asupan mineral. Kelapa muda membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium dan magnesium yang merupakan kedua mineral penting untuk meningkatkan kekuatan tulang. Selain itu, kelapa muda juga merupakan sumber protein dan asam lemak yang sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tulang kita.

12. Membantu melancarkan air seni

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan susah buang air kecil tidak ada salahnya dengan rutin minum air kelapa muda. Air kelapa muda diketahui bekerja sebagai diuretik alami yang membantu mensterilkan sekaligus membersihkan saluran air seni. Hal ini sangat berguna dalam mengurangi zat-zat berbahaya yang dapat menghambat laju air seni.

13. Mengatur tekanan darah

Meningkatkan kestabilan tekanan darah sangat penting sekali untuk mencegah penyakit stroke dan jantung. Untuk melakukannya, Anda bisa memulai dengan rutin mengkonsumsi air kelapa muda. Di dalam air kelapa muda terdapat berbagai macam nutrisi penting yang dapat menstabilkan detak jantung yang pada gilirannya akan mencegah penyakit stroke. Salah satu manfaat air kelapa muda didapat dari kandungan kalium didalamnya yang telah terbukti efektif untuk meningkatkan kestabilan tekanan darah.

Baca juga 10 Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang sangat luar biasa

14. Membuat Anda terlihat awet muda

Bagi Anda yang ingin terlihat awet muda cobalah rutin minum air kelapa muda. Air kelapa memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk membuat anda tampak lebih awet muda. Cobalah rutin minum air kelapa muda maka kulit anda akan terlihat lebih cerah, halus dan juga tampak lebih sehat secara alami. Ini adalah cara yang paling sederhana dan juga aman untuk mendapatkan kulit cantik impian Anda. Cobalah untuk memilih buah kelapa yang masih segar agar manfaatnya bisa lebih maksimal.

Demikian tadi informasi mengenai manfaat kelapa muda untuk kesehatan dan juga kecantikan Anda semoga informasi di atas bisa berguna.