Manfaat Kayu Secang untuk Kulit Wajah. Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya!

Posted on

manfaat kayu secang untuk kulit wajah

Manfaat Kayu Secang untuk Kulit Wajah – Kayu secang termasuk dalam suku Caesalpiniaceae. Kayu secang biasa tumbuh di daerah tropis, biasanya di daerah terbuka hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut seperti di pegunungan, namun tidak bersuhu terlalu dingin.

Untuk di setiap daerahnya, kayu secang memiliki nama yang berbeda. Di Bali disebut cang, di daerah Manado disebut kayu sena, di daerah Jawa disebut soga Jawa, dan di daerah Madura disebut kayu secang.

Di balik nama-namanya yang unik dan berbeda di setiap daerah, kayu secang telah lama dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Empat di antaranya yaitu anti tumor, anti bakteri, anti radang dan bisa menyembuhkan diabetes. Tidak hanya itu, terbukti kayu secang juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Untuk mendapatkan manfaat kayu secang untuk kulit wajah hakekatnya bisa didapatkan dengan cara mudah. Salah satu cara mendapatkan manfaat kayu secang untuk kulit wajah bisa dengan menjadikannya sebagai minuman. Atau cara lain yaitu dengan menjadikannya sebagai air untuk membasuh wajah.

Lalu apa saja manfaatnya untuk kecantikan? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat kayu secang untuk kulit wajah yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

manfaat kayu secang untuk kulit wajah

Sumber: https://www.dictio.id

Beberapa Manfaat Kayu Secang untuk Kulit Wajah yang Sayang Jika Dilewatkan

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat kayu secang untuk kecantikan yang pertama bisa mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan kayu secang terkenal memiliki kandungan antioksidan bisa meregenerasi kulit. Anda bisa mencerahkan kulit yang terpapar radikal bebas dengan zat antioksidan tersebut, baik itu polusi dari asap kendaraan ataupun debu jalanan.

Secang bisa mengurangi kulit kusam sehingga bisa tampak lebih cerah. Untuk memanfaatkan kayu secang sebagai bahan alami yang bisa mencerahkan kulit, Anda bisa mengaplikasikannya juga sebagai air untuk membasuh muka.

2. Mencegah Jerawat

Kayu secang mengandung brazilin, yaitu senyawa yang membuat kayu secang berwarna merah. Senyawa tersebut bisa digunakan sebagai obat untuk mematikan bakteri propiobacterium yang bisa menyebabkan jerawat.

Manfaat kayu secang untuk kulit wajah secara khusus dalam menyembuhkan jerawat bisa dilakukan dengan metode yang cukup mudah. Anda cuma perlu mencampurkan serutan kayu secang dengan air, lalu direbus.

Sesudah beberapa menit direbus, air rebus kayu secang diamkan dulu hingga dingin. Sesudah dingin, air rebusan kayu secang tersebut bisa Anda gunakan sebagai air untuk mencuci wajah.

manfaat kayu secang untuk kulit wajah

Sumber: https://img-global.cpcdn.com

3. Mencegah Infeksi Kulit

Manfaat kayu secang untuk kecantikan selanjutnya bisa mencegah infeksi kulit. Pasalnya kayu secang memiliki sifat antimikroba. Kandungan methanol juga dimiliki kayu secang, fungsinya untuk menghambat berkembangnya bakteri penyebab infeksi kulit.

Bakteri tersebut bernama staphylococcus aureus. Sehingga jika Anda mengonsumsi kayu secang dengan metode direbus dan dibuat minuman. Hal tersebut akan membantu Anda terhindar dari infeksi yang terjadi pada kulit wajah, baik karena jerawat yang luka ataupun karena hal lainnya yang menyebabkan infeksi.

4. Meremajakan Kulit

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa kayu secang yaitu tanaman herbal yang terkenal akan kandungan antioksidan yang berfungsi melindungi kulit dengan cara membatasi produksi radikal bebas yang berpotensi merusak kulit.

Serangan dari radikal bebas yang berasal dari elemen lingkungan akan lebih dulu mengenai bagian kulit Anda terutama pada wajah. Jadi jangan heran jika di wajah Anda akan timbul masalah seperti jerawat, kulit yang tampak kusam, noda hitam pada wajah, hingga penuaan dini.

Itulah kenapa Anda perlu mengonsumsi kayu secang ini supaya mendapatkan asupan zat antioksidan untuk melawan radikal bebas dari lingkungan sekitar Anda yang sangat susah untuk dihindari.

Kayu secang mengandung antioksidan jenis polifenol. Agar bisa mendapatkan khasiat dari kayu secang, Anda bisa merebus kayu secang ini lalu bisa Anda konsumsi sebagai minuman. Atau jika kamu ingin mencoba, air rebusan secang tersebut bisa juga untuk membasuh bagian kulit wajah Anda.

5. Membersihkan Darah

Manfaat kayu secang untuk kecantikan selanjutnya bisa membersihkan darah kotor. Dengan meminum air rebusan kayu secang, maka hal tersebut diyakini bisa membersihkan kandungan darah kotor.

Darah kotor sendiri yaitu salah penyebab timbulnya penyakit kulit seperti bisul dan jerawat. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki kulit yang tidak berjerawat, maka Anda bisa mengonsumsi air rebusan kayu secang ini secara teratur.

Baca Juga: Manfaat Teh Daun Jati Cina untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Intip Ulasannya!