Manfaat Jus Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Intip Ulasannya!

Posted on

manfaat jus jambu biji

Manfaat Jus Jambu Biji – Jambu biji adalah jenis tanaman buah yang berasal dari negara di Amerika Tengah, seperti Venezuela, Brazil, Meksiko, dan Kolombia. Buah yang juga disebut guava ini, kini dapat dinikmati dan telah banyak dibudidayakan di banyak negara beriklim subtropis dan tropis, seperti Indonesia.

Jambu biji kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, antioksidan, kalium serta likopen. Selain itu, jambu biji juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Siapa yang tidak pernah menikmati nikmatnya jus jambu biji merah atau jus jambu biji putih? Rasanya yang manis serta kemudahan dalam membuatnya, menjadikan jus jambu biji ini menjadi unggulan banyak orang. stromectol australia

Selain nikmat untuk disantap, terbukti jus jambu biji juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat jus jambu biji yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Macam Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh

1. Membantu Menurunan Berat Badan

Berat badan yang ideal pastinya menjadi idaman semua orang. Mengkonsumsi jus jambu biji dapat membantu program Anda dalam mencapai body goals yang diharapkan. Manfaat jambu biji untuk diet terletak pada kalorinya yang rendah untuk menurunkan berat badan.

Tidak hanya berkalori rendah, jambu biji juga berserat tinggi dan membuat cepat begah. Anda dapat mengkonsumsi buah jambu biji sebagai camilan Anda. is ivermectin over the counter medicine

2. Meringankan Nyeri Haid

Nyeri haid pada wanita sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Konsumsi jus jambu biji ditemukan mampu meringankan rasa nyeri saat sedang menstruasi. Manfaat jus jambu biji merah dalam menanggulangi nyeri haid ditemukan pada studi ini.

Hasilnya mendapati bahwa pemberian jus jambu biji dapat menurunkan rasa sakit akibat menstruasi melebihi obat antinyeri.

3. Menyembuhkan Diare

Manfaat jus jambu biji yang paling populer yakni mengatasi diare. Jus jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi dari diare serta mengandung antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab diare. what is the drug ivermectin used for in humans

manfaat jus jambu biji

Sumber: https://wolipop.detik.com

4. Berpotensi Mengobati Kanker

Manfaat jus jambu biji yang cukup mencengangkan yakni berfungsi sebagai obat antikanker. Manfaat jus jambu biji merah ini dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker pada penderita kanker usus besar.

Meski demikian, untuk menyusuri manfaat jus jambu biji sebagai obat antikanker, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Jambu biji juga diyakini mampu menurunkan risiko tekanan darah karena mengandung antioksidan karena dapat melebarkan pembuluh darah. Sebuah studi menunjukkan bahwa jus jambu biji dapat menurunkan tekanan darah pada tikus yang mengalami hipertensi.

Potensi jus jambu biji merah dalam menanggulangi hipertensi yang serupa dengan manfaat sebagai obat antikanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Vitamin C yakni salah satu senyawa yang cukup berperan dalam mempertahankan sistem imunitas tubuh. Jambu biji bukan hanya dapat dijadikan sumber serat, namun juga sumber vitamin C.

Selain itu, manfaat jambu biji dalam menjaga daya tahan tubuh tidak hanya berasal dari kandungan vitamin C-nya, namun juga dari kandungan antimikroba yang dapat melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

7. Menanggulangi Demam Berdarah

Manfaat jus jambu biji terletak pada kandungan tanin, flavanoid, dan vitamin C, sehingga dapat menanggulangi demam berdarah. Kandungan tersebut membantu menaikkan daya tahan tubuh, meningkatkan trombosit dalam tubuh dan menghambat penyebaran virus demam berdarah dalam tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Ingin kelihatan menawan dan awet muda? Anda dapat mengkonsumsi jus jambu biji. Untuk kecantikan, jambu biji merah dapat bermanfaat melindungi kulit lewat kandungan antioksidan dan vitaminnya yang dapat mencegah keriput serta mencegah penuaan dini.

Selain itu, Anda juga dapat mengobati jerawat menerapkan daun jambu biji yang mempunyai senyawa antiradang dan antimikroba. Tapi, studi tambahan masih dibutuhkan untuk mengamati lebih jauh manfaat jus jambu biji terhadap kulit.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat jambu biji merah dalam menurunkan kadar gula darah berasal dari daunnya. Daun jambu biji ditemukan dapat menjaga gula darah dan dinilai efektif untuk pengobatan diabetes macam 2 pada tikus. Daun jambu biji yang dihasilkan teh terbukti juga efektif dalam menurunkan gula darah pada penderita gejala diabetes.

10. Tinggi Serat

Kebingungan makanan apa yang berserat tinggi? Jambu biji yakni salah satu solusinya. Buah jambu biji merah mempunyai kandungan serat tinggi yang dapat mencegah ambeien dan melancarkan sistem pencernaan, juga menyimpan manfaat sebagai camilan diet.

11. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jambu biji merah bukan buah jambu biasa karena dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung dengan melindungi dari radikal bebas. Ditunjukkan sebuah studi bahwa pada tikus yang diberikan jambu biji merah terdapat penurunan kolesterol.

12. Meringankan Gejala Osteoarthritis

Gejala osteoarthritis dapat diringankan dengan mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji. Pada sebuah penelitian, jambu biji merah memiliki manfaat dapat melindungi jaringan tulang rawan pada tikus yang menderita osteoartritis.

Tapi, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan terhadap manfaat jambu biji terhadap osteoarthritis pada manusia.

13. Mengobati Flu

Flu yakni salah satu ‘penyakit langganan’ yang kerap kali menjangkiti masyarakat. Jambu biji dapat menjadi salah satu sistem untuk memecahkan flu. Ditunjukkan penelitian bahwa jus jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus flu. Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengamati manfaat jambu biji untuk mengobati flu.

Baca Juga: Manfaat Sereh dan Jahe sebagai Minuman Kesehatan. Yuk, Wajib Baca!