12 Manfaat jujur bagi kehidupan kamu, terutama dalam meraih kesuksesan

manfaat jujur
Manfaat jujur
image newjobs.com

Jujur merupakan sifat yang mulia dan harus dimiliki setiap orang. Hal ini dikarenakan manfaat jujur sangat banyak sekali dalam kehidupan terutama saat menjalin hubungan dengan teman. Begitu juga sebaliknya, orang yang tidak jujur akan mendapatkan banyak kerugian dalam hidup.

Meskipun demikian, terkadang ada banyak orang yang takut untuk melakukan sebuah kejujuran, karena mungkin akan ada dampak yang terjadi saat dia berkata jujur.

Terkadang memang dalam situasi tertentu mengungkapkan sebuah kejujuran itu menyakitkan atau bahkan beresiko. Tetapi perlu diingat bahwa kejujuran akirnya pasti akan mendatangkan sebuah kebaikan. Lantas apa saja manfaat yang akan didapat oleh seseorang yang senantiasa berkata jujur? Berikut ulasannya untuk kamu:

Manfaat jujur bagi kehidupan

1. Lebih dicintai Allah

Sebagai seorang muslim mendapatkan cinta dari sang maha pencipta adalah sesuatu yang sangat mahal. Dan Allah mencintai orang-orang yang yang memiliki sifat jujur. Sebaliknya orang yang sering berbohong akan mendapatkan murka Allah. Kejujuran adalah sumber dari segala kebaikan dan sebuah kedustaan menjadi sumber segala macam keburukan.

Sehingga kita harus berhati-hati saat bertutur kata kepada orang lain. Semua yang kita lakukan di dunia ini nantinya pasti akan dimintai pertanggungjawaban termasuk perkataan yang kita ucapkan.

2. Mendapatkan banyak pahala

Di dalam Islam manfaat jujur sangat banyak sekali, di antaranya adalah mendapatkan pahala yang besar. Jujur adalah sifat yang mulia dan tentu akan mendapatkan balasan yang baik pula. Apalagi jika kejujuran yang kita ucapkan tersebut memberikan maslahat yang banyak bagi orang. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang merupakan panutan umat muslim adalah orang yang terkenal karena kejujurannya.

Bahkan sebelum beliau diangkat menjadi Rasul pun semua orang mekah sudah mengenal beliau sebagai orang yang jujur. Ini menunjukkan bahwa jujur merupakan sifat yang sangat perlu diteladani karena menjadi salah satu modal paling berharga bagi seseorang dalam meraih kesuksesan hidup.

3. Hidup lebih tentram dan damai

Salah satu yang membuat hati seseorang tidak tenang adalah lantaran sering berbohong begitu juga sebaliknya. Cara menenangkan hati yang paling ampuh adalah dengan sering berkata jujur. Kejujuran akan memberikan ketentraman dan kedamaian dalam hati. Ini juga membuat hidup seseorang menjadi lebih bahagia dan tanpa beban.

Saat kamu berkata jujur maka akan ada banyak energi positif yang ada dalam diri kamu. Ini biasanya juga bisa tercermin dari aura wajah serta perangai seseorang. Orang yang jujur itu terlihat lebih damai dan bersahaja di mata orang lain.

4. Lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan

Salah satu keuntungan jujur adalah lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan. Orang yang sering berbohong itu biasanya mereka tidak percaya diri dan sering menutupi kekurangannya. Sedangkan orang yang percaya diri lebih apa adanya dan jujur dalam menjalani kehidupan.

Ini bukan hanya baik untuk menenangkan hati serta memberikan kedamaian pada jiwa, tetapi juga lebih meningkatkan kepercayaan diri dalam hidup. Kejujuran akan memberikan energi yang membuat kita lebih semangat sehingga kamu tidak akan mudah minder. Untuk apa mendapatkan banyak hal tetapi diraih dengan cara yang tidak jujur.

5. Membuat kamu lebih dipercaya orang lain

Sudah jelas jika orang yang sering berkata jujur pasti akan lebih dipercaya orang lain. Cepat atau lambat sebuah kebohongan pasti akan terungkap dan disaat itu terjadi maka orang yang sering berbohong tidak akan mendapatkan kepercayaan orang lain. Ini tentunya sangat merugikan lantaran kepercayaan adalah modal paling berharga bagi kita untuk menjalani hidup.

Bayangkan jika kita tidak dipercaya orang lain, pasti akan sangat sulit sekali untuk meniti karir. Bahkan, untuk sekedar mencari pasangan pun akan sulit jika kita sudah dicap sebagai orang yang suka berbohong. Oleh sebab itu, kejujuran harus dipegang erat-erat karena ini merupakan sifat yang mulia dan mendatangkan banyak manfaat bagi kehidupan.

6. Lebih mudah mencari teman

Manfaat jujur yang tidak kalah penting adalah lebih mudah dalam menjalin pertemanan. Siapa diri kita yang tidak suka memiliki teman yang jujur? Pasti semua kita akan sepakat jika teman yang jujur adalah teman yang asik. Tidak usah jauh-jauh, kalau kita memiliki teman yang suka berbohong pasti akan tidak nyaman saat berada didekat dia.

Hal ini pada akhirnya akan membuat orang yang suka berkata jujur akan lebih disenangi orang lain, jadi akan lebih mudah dalam mendapatkan teman. Meskipun seberat apapun kejujuran itu sebaiknya tetap pegang erat-erat agar kepercayaan orang lain pada kamu tidak luntur.

7. Dijauhkan dari berbagai macam tuduhan

Manfaat jujur bukan hanya akan membuat kita dipercaya orang lain tetapi juga akan menjauhkan diri kita dari berbagai macam tuduhan. Biasanya orang yang jujur itu relatif jauh dari berbagai macam tuduhan. Hal ini lantaran orang yang biasa berkata jujur akan lebih dipercaya orang lain sehingga akan mengurangi tuduhan yang negatif pada dirinya saat terjadi perselisihan.

Kalaupun memang kita tidak bisa terhindar dari tuduhan tersebut, paling tidak sifat kita yang suka berkata jujur akan sangat membantu dalam menyelesaikan masalah. Jika kita dikenal sebagai orang yang jujur maka perkataan jujur kita akan bisa dihargai orang lain meskipun kita salah. 

8. Bisa memberikan contoh yang baik pada anak

Semua dari kita pastinya suatu saat akan menjadi orang tua. Dan sebagai orang tua tentu kita akan menjadi panutan anak-anak kita. Bayangkan jika seseorang tidak memiliki sifat jujur, pasti ini akan menjadi teladan yang sangat buruk bagi anak-anak mereka.

Jadi menanamkan sifat jujur pada diri kita akan berimbas besar pada anak-anak dan keluarga kita. Ini sangat perlu dilakukan terutama bagi seorang ayah yang menjadi contoh dan panutan dalam keluarga. Kita akan sulit mengajari anak untuk berkata jujur jika kita sendiri sering berbohong, karena akhlak kita akan menjadi sebuah cermin bagi anak yang nantinya akan menjadi sifatnya.

9. Memudahkan kamu dalam meraih kesuksesan

Sebenarnya kejujuran itu akan mendatangkan kebaikan, salah satunya adalah lebih memudahkan kita dalam meraih kesuksesan. Manfaat jujur yang satu ini harus kamu ingat-ingat karena sulit bagi seseorang untuk mendapatkan kesuksesan hidup jika dia tidak bisa berkata jujur.

Sebuah kejujuran bukan hanya akan membuat kita lebih dipercaya orang lain tetapi ini juga bisa menjadi sebuah energi positif bagi kita. Selain itu, orang yang sering berkata jujur akan lebih mudah dalam meniti karir, terutama jika dia sedang bekerja dengan orang lain. 

Jadi jangan ragu untuk berkata jujur meskipun terkadang awalnya terasa menyakitkan, percayalah, akhir dari sebuah kejujuran itu pasti akan mendatangkan kebaikan. 

10. Lebih rileks saat berkomunikasi dengan orang

Orang yang sudah terbiasa berkata jujur biasanya akan tumbuh kepercayaan diri dalam dirinya, sehingga akan membuatnya lebih mudah saat berkomunikasi dengan seseorang. Sedangkan orang yang suka berbohong biasanya akan sering khawatir dan kurang percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain. 

Ini sangat penting sekali terutama saat kamu sedang menjalani wawancara kerja. Kebiasaan berkata jujur akan membuat kamu lebih mudah menjawab setiap pertanyaan. Karena interviewer biasanya tahu mana orang yang jujur dan tidak. Dan meskipun jawaban yang kamu berikan tidak sesuai harapan, terkadang orang lain bisa menghargai kejujuran kamu.

11. Membuat kamu jauh dari masalah

Manfaat berkata jujur yang selanjutnya adalah membuat kamu dijauhkan dari masalah. Saya pikir ungkapan “jujur membuat hidup mujur” bukan lah isapan jempol belaka. Karena faktanya orang yang sering berkata jujur dia akan jauh dari masalah. Akan tetapi orang yang suka berbohong akan membuatnya sering berurusan dengan orang lain lantaran dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut. 

12. Mendapatkan kebaikan yang tidak disangka

Terkadang orang yang berkata jujur akan mendapatkan kebaikan yang mungkin tidak disangka dalam hidup. Hal ini dikarenakan secara naluri seseorang pasti akan menyukai orang yang berkata jujur, meskipun terkadang kita takut untuk mengungkapkannya saat situasi tertentu, tapi percayalah bahwa kejujuran kamu nantinya pasti akan mendatangkan kebaikan.

Misalnya saja saat kamu membuat sebuah kesalahan dan ditegur oleh atasan, saat kamu berkata jujur dan mengatakan yang sebenarnya mungkin saja atasan kamu akan bisa memaafkan kesalahan yang telah kamu lakukan tersebut karena dia menghargai kejujuran kamu. Jadi jangan lupa untuk selalu menanamkan sifat jujur ini dalam setiap perkataan atau perbuatan.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →