Manfaat jaringan komputer, pengertian serta kekurangannya

Manfaat jaringan komputer global
Manfaat jaringan komputer
image pixabay.com

Manfaat jaringan komputer serta kekurangannya untuk perusahaan dan kehidupan manusia secara umum serta kelemahannya yang perlu kamu ketahui sebelum membuat jaringan komputer tersebut.

Adanya jaringan komputer yang saat ini bisa kita nikmati manfaatnya merupakan sebuah ide yang awalnya bertujuan untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi sebuah jaringan. Proses menghubungkan beberapa komputer ini awalnya dimulai pada tahun 1940 yang diberi nama model 1. 

Awalnya proyek pembuatan jaringan komputer dilakukan di sebuah laboratorium di harvard university. Dalam proses awal pembuatan jaringan komputer tersebut dibuatlah sebuah komputer yang memiliki kemampuan lebih handal dibandingkan komputer pada umumnya mulai dari kecepatan dan fisiknya.

Komputer yang memiliki fisik lebih besar dan kuat ini pada awalnya ditujukan untuk melayani beberapa terminal yang disebut dengan Time Sharing System atau TSS. Akan tetapi karena komputer tersebut memiliki harga yang cukup mahal maka dibuatlah sebuah jaringan yang memungkinkan masing-masing host untuk bekerja sendiri di sebuah jaringan. 

Pengertian jaringan komputer

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat jaringan komputer bagi kehidupan ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu apa itu jaringan komputer.

Pengertian jaringan komputer adalah sekumpulan beberapa komputer yang terkoneksi menjadi satu menggunakan transmisi dan memiliki aturan atau protokol yang telah diatur sedemikian rupa untuk berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya. 

Diantara salah satu tujuan pembuatan jaringan komputer adalah untuk bertukar informasi dari satu komputer dengan komputer lainnya secara tepat tanpa adanya kesalahan.

Manfaat jaringan komputer

Menghubungkan beberapa komputer menjadi satu dalam sebuah jaringan tentu memiliki beberapa fungsi dan manfaat tersendiri. Berikut beberapa daftar manfaat jaringan komputer bagi kehidupan manusia:

Bisa menggunakan aplikasi secara bersamaan

Diantara salah satu kegunaan dari pembuatan jaringan komputer adalah masing-masing komputer klien dapat mengakses aplikasi secara bersamaan. Hal ini tentu akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan harus mengcopy satu-satu aplikasi dari satu komputer ke komputer lainnya.

Belum lagi setelah melakukan copy aplikasi kita juga diharuskan menginstalnya di masing-masing komputer sehingga membuat prosesnya cukup lama. Hal ini tentu bisa dipermudah jika kita menggunakan jaringan komputer, dimana kita bisa mengakses sebuah aplikasi dari client yang berada di server.

Mempermudah pendistribusian beban kerja

Manfaat jaringan komputer yang selanjutnya adalah mendistribusikan beban kerja. Dengan adanya jaringan komputer tentu akan membuat proses pengerjaan sesuatu menjadi lebih mudah dan cepat lantaran beban kerja bisa didistribusikan pada masing-masing komputer yang berada di dalam satu jaringan.

Dengan demikian maka kita bisa melakukan pekerjaan secara bersamaan tanpa harus bergantian komputer.

Keteraturan aliran informasi

Selain mempercepat proses pendistribusian beban kerja, manfaat lain dari penggunaan jaringan komputer adalah membuat aliran informasi menjadi tertata dengan rapi atau teratur. Hal ini tentunya akan jauh berbeda jika masing-masing orang menggunakan satu komputer untuk melakukan pekerjaan bersama.

Pasti setiap informasi yang dikerjakan oleh masing-masing orang tersebut hanya akan berada di komputer yang mereka kerjakan. Akan tetapi dengan adanya jaringan komputer maka informasi bisa berpusat di satu server sedangkan client hanya bisa mengakses sehingga aliran informasi akan jauh lebih teratur.

Memudahkan akses komunikasi

Manfaat jaringan komputer yang tidak kalah penting adalah memudahkan akses komunikasi. Dengan adanya jaringan komputer maka proses komunikasi akan jauh lebih cepat dan mudah. Proses komunikasi yang baik tentu akan memudahkan seseorang dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Mempermudah proses pengawasan

Salah satu tujuan dibuatnya sebuah jaringan komputer adalah untuk memudahkan proses pemantauan aliran informasi. Proses pengawasan akan lebih mudah karena informasi bisa berada di satu titik yaitu di server.

Jadi pengawas hanya bisa hanya cukup mengamati dari satu komputer saja untuk melihat hasil kerja dari masing-masing orang atau karyawan. 

Mempermudah proses sharing file

Tentu akan sangat merepotkan jika kita harus menggunakan flash disk untuk memindahkan sebuah file dari satu komputer ke komputer lainnya. Untuk mempermudah proses pemindahan file tersebut maka dibuatlah sebuah jaringan komputer yang nantinya bisa dilakukan share file.

Biasanya sebuah perusahaan besar sangat membutuhkan proses sharing file ini lantaran banyaknya dokumen yang tercecer di banyak komputer karyawan. Bayangkan jika anda harus pergi ke satu ruangan ke ruangan lainnya hanya untuk mengakses dokumen yang anda butuhkan. 

Dengan adanya proses sharing melalui sebuah jaringan komputer maka anda hanya perlu melakukan akses komputer lain dari komputer yang anda pakai dengan mudah dan pastinya cepat.

Lebih menghemat biaya

Salah satu alasan kenapa sebuah perusahaan harus memiliki jaringan komputer adalah untuk menghemat biaya pengeluaran. Pembentukan jaringan komputer tentu bukan hanya membuat proses pertukaran informasi menjadi lebih mudah tetapi juga efisien dan minim biaya.

Memang untuk membuat sebuah jaringan komputer yang besar tentu akan mengeluarkan banyak biaya akan tetapi hal ini akan sebanding dengan hasil yang didapat. Salah satu contoh yang paling mudah adalah saat sebuah perusahaan harus mengambil dokumen dari satu cabang ke cabang perusahaan lainnya pasti akan ada banyak ongkos yang dikeluarkan hanya untuk mengambil file tersebut.

Hal ini tentu akan bisa diatasi dengan mudah menggunakan jaringan komputer yang sudah diatur sedemikian rupa. 

Manfaat jaringan komputer global

Manfaat jaringan komputer global
image needpix.com

Salah satu jaringan komputer yang saat ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas adalah penggunaan internet. Adanya internet sebenarnya merupakan sebuah kumpulan jaringan internet global yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya menggunakan sebuah kabel atau satelit.

Dengan adanya internet ini maka tentu akan membuat kehidupan kita menjadi lebih mudah salah satunya adalah dalam mengakses sebuah informasi. Lantas apa saja manfaat jaringan komputer global ini bagi kehidupan manusia:

Mempermudah proses komunikasi

Dengan adanya jaringan komputer global atau internet maka proses pertukaran informasi menjadi lebih cepat dan mudah. Saat ini perkembangan internet sangat cepat sekali dengan munculnya berbagai macam media sosial dan juga web situs berita.

Jika dulu untuk mengakses sebuah informasi kita hanya menggunakan koran atau media televisi maka sekarang ini kita bisa mengaksesnya melalui smartphone. 

Selain mempermudah proses akses informasi, dengan adanya jaringan komputer global atau  internet kita juga akan lebih mudah dalam membagikan sebuah informasi. Sehingga sumber informasi bukan hanya berpusat pada koran atau televisi tetapi semua orang bisa berbagi informasi kepada orang lain.

Mengirim surat jauh lebih mudah

Jika dulu seseorang harus menunggu hingga berminggu-minggu lamanya untuk mendapat balasan surat yang dikirim nya, maka dengan adanya email saat ini kita bisa mengirim surat dengan jauh lebih mudah. Surat yang saat ini kita kirim bisa langsung diterima oleh orang yang kita tuju hanya dalam hitungan detik saja.

Anda bisa mengirimkan beberapa dokumen berharga kepada keluarga atau teman anda yang berada di luar pulau atau bahkan luar negeri dengan sangat mudah dan cepat. Semua itu tentunya menggunakan jaringan komputer global atau yang kita kenal dengan istilah internet.

Mempermudah akses informasi

Salah satu manfaat jaringan komputer yang saat ini bisa kita rasakan adalah dengan adanya mesin pencari. Beberapa mesin pencari seperti google, yahoo, dan bing merupakan hasil dari sebuah proses pembuatan jaringan komputer.

Dengan adanya mesin pencari tersebut maka anda akan lebih mudah dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Jadi anda tidak perlu membuka banyak buku hanya untuk menemukan informasi yang anda butuhkan. Karena semua itu bisa dilakukan dengan cepat hanya dalam hitungan detik saja.

Kekurangan jaringan komputer

Di samping manfaatnya yang sangat banyak proses pembuatan jaringan komputer tentu memiliki kelemahan atau kekurangan tersendiri. Beberapa kekurangan jaringan komputer di antaranya adalah:

Munculnya isu keamanan

Salah satu resiko dalam membuat sebuah jaringan komputer yang besar adalah isu keamanan. Salah satu isu keamanan yang paling banyak mengintai dari sebuah jaringan komputer yang besar adalah adanya virus.

Memang salah satu manfaat jaringan komputer adalah proses pertukaran informasi menjadi lebih mudah. Akan tetapi di sisi lain proses penyebaran virus pun juga akan jauh lebih mudah. Jadi jika 1 komputer yang berada di sebuah jaringan terkena virus maka tidak menutup kemungkinan jika semua komputer tersebut juga akan terkena virus pula.

Untuk itu memperhatikan keamanan dalam membangun sebuah jaringan komputer menjadi sesuatu hal yang sangat penting sekali. Selain virus, serangan hacker juga masih menjadi masalah terbesar dalam pembuatan sebuah jaringan komputer.

Oleh sebab itu, dalam membangun sebuah jaringan komputer yang besar sangat dibutuhkan tenaga yang ahli di bidangnya untuk meminimalisir serangan hacker dan juga virus tersebut.

Terlalu bergantung pada server

Diantara salah satu kelemahan dari jaringan sebuah komputer adalah berpusatnya informasi hanya pada satu komputer atau yang sering kita kenal dengan server. Jadi saat server mengalami masalah maka semua client juga akan merasakan dampaknya. Hal ini lantaran server merupakan pusat informasi utama yang biasanya diakses oleh masing-masing client.

Kurang bebas

Salah satu kegunaan dari diciptakannya jaringan komputer adalah untuk mempermudah proses pengawasan. Di sisi lain hal ini akan menguntungkan akan tetapi juga sedikit membuat seseorang kurang bebas.

Biasanya dalam sebuah jaringan komputer aktivitas client akan terekam oleh server sehingga apapun yang akan dilakukan akan bisa diketahui dari komputer pusat atau server tersebut. Untuk itu sebaiknya anda harus lebih bijak dalam menggunakan komputer client.

Demikian tadi paparan mengenai manfaat jaringan komputer serta kekurangannya. Semoga informasi diatas membuat anda lebih memahami mengenai apa saja fungsi serta kegunaan jaringan komputer dan kelemahannya.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →