12 Manfaat jambu biji untuk kesehatan dan ibu hamil

Buah
manfaat buah jambu untuk kesehatan
image from wikimedia.org

Manfaat jambu biji untuk kesehatan dan ibu hamil yang mengagumkan. Jambu biji merupakan jenis buah yang menjadi ciri khas benua Asia. Meskipun buah ini banyak ditemukan pada kawasan Asia akan tetapi saat ini jambu biji juga tersedia di beberapa negara Eropa. Di beberapa negara bahkan jambu biji digunakan sebagai bahan kuliner untuk memperkuat rasa dan menjadikan makanan menjadi lebih gurih dan manis. Selain itu jambu biji juga bisa dibuat menjadi jus yang menyegarkan dan memiliki banyak kandungan nutrisi.

Jambu bibi memiliki bentuk bualat yang tidak sedikit lon menyjong meerupai buah pir. Ukuran buah ini rata-rata tidak terlalu besar hanya seukuran genggaman tangan saja. Ada dua jenis jambu biji yang paling populer yaitu jambu biji merah yang memiliki warna pink dan jambu biji putih yang memiliki daging buah berwarna putih pucat.

Jambu biji mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, yang sangat baik untuk kesehatan kita. Bahkan, satu buah jambu biji berukuran besar memiliki kandungan vitamin A 10 kali lebih banyak dari 1 buah lemon dan mengandung vitamin C empat kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk.

Selain vitamin C dan A, buah jambu biji juga menyediakan beberapa vitamin K, vitamin E dan vitamin B12 yang cukup tinggi. Beberapa mineral penting seperti kalium, fosfor, mangan, tembaga, kalsium, dan zat besi juga ditemukan dalam buah jambu biji ini. Jambu biji juga menyediakan kandungan serat, sedikit lemak, dan juga asam folat.

Dari kandungan nutrisinya tersebut kita bisa melihat potensi yang luar biasa dari jambu biji. Berikut beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan dan ibu hamil:

1. Menjaga kesehatan tiroid

Manfaat jambu biji untuk kesehatan pertama yang ingin saya kenalkan dalam artikel ini adalah kemampuannya dalam mengatur kesehatan tiroid. Jambu biji merupakan sumber mineral tembaga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tiroid. Tiroid adalah kelenjar yang sangat penting di dalam tubuh manusia karena bertanggung jawab dalam menjaga fungsi sistem organ sekaligus mengatur kadar hormon. Selain fungsinya tersebut, tembaga dalam jambu biji juga membantu dalam mengendalikan penyerapan dan produksi hormon yang pada akhirnya bermanfaat mengatur fungsi tiroid.

2. Jaga kesehatan kulit anda

Mungkin orang tidak banyak yang menduga bahwa mengkonsumsi jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan dan juga kecantikan kulit mereka. Jambu biji memang merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik termasuk nutrisi untuk kulit. Makan jambu biji dapat memperbaiki beberapa macam masalah kulit termasuk keriput dan juga garis halus di wajah. Jambu biji terutama yang jenis jambu biji merah memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat yang dapat membantu menetralisir efek buruk radikal bebas. Radikal bebas merupakan faktor utama yang merusak tubuh dan sel kulit anda.

Radikal bebas yang tidak terkontrol dapat menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan lebih awal seperti kulit lebih keriput dan juga kendur. Jambu biji juga mengandung vitamin C yang dapat membantu menstimulasi produksi kolagen yang merupakan protein struktural untuk menjaga kulit tetap elastis dan kencang secara alami. Selain itu, sifat astringent pada daun jambu biji dan jambu biji yang masih mentah dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan melindunginya dari pengaruh buruk sinar matahari yang dapat membuat kulit menjadi terlihat kusam dan berjerawat.

3. Merangsang fungsi kognitif otak

Manfaat jambu biji untuk kesehatan yang menakjubkan adalah dapat meningkatkan kinerja otak anda. Mengkonsumsi jambu biji mungkin tidak akan membuat anda menjadi pintar dalam sekejap. Akan tetapi kandungan nutrisi di dalamnya dapat membantu fungsi kognitif otak anda lebih baik. Buah super ini ternyata dapat merangsang berfungsinya kognisi otak sekaligus mempertajam tingkat konsentrasi seseorang. Beberapa nutrisi penting seperti vitamin C dalam jambu biji dapat membantu kinerja mental dan otak menjadi lebih maksimal.

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung sejumlah vitamin B kompleks termasuk vitamin B6 dan vitamin B3 yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Saat aliran darah ke otak bisa lancar maka otak bisa bekerja dengan baik. Tidak berhenti sampai di situ, jambu biji juga mengandung kalium yang membantu menjaga konduktivitas listrik pada otak yang penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif sekaligus juga memperkuat daya ingat.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Vitamin A dalam buah jambu biji berperan penting dalam memperbaiki dan meningkatkan penglihatan terutama di malam hari. Vitamin A juga berperan penting dalam melindungi kornea mata serta melindungi sel-sel di mata dari kerusakan. Jika anda memiliki masalah dengan penglihatan terutama di malam hari mencukupi kebutuhan vitamin A menjadi salah satu solusi. Buah tropis ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan kapiler sekaligus membantu menjaga fungsi sel retina mata.

Mengkonsumsi jambu biji secara rutin akan membantu anda mendapatkan penglihatan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Makan jambu biji secara teratur dengan porsi yang tepat akan mencegah berbagai macam masalah kesehatan mata termasuk degenerasi makula dan katarak.

5. Mengurangi risiko penyakit kanker

Manfaat jambu biji untuk mengurangi risiko penyakit kanker ini didapat dari kandungan vitamin C dan beberapa antioksidan penting termasuk polifenol, likopen dan quercetin yang tinggi di dalamnya. Beberapa senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kanker dengan cara membantu menetralisir kerusakan yang disebabkan radikal bebas dalam tubuh kita. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Nutrition And Cancer pada tahun 2010 lalu menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji bisa digunakan untuk mengurangi ukuran tumor prostat.

Temuan ini tentu menjadi data penguat mengenai efek antikanker yang dimiliki jambu biji. Selain kanker prostat, beberapa jenis kanker termasuk kanker paru-paru, kanker usus, kanker kulit, dan kanker payudara juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi jambu biji.

6. Memperbaiki imunitas tubuh

Berkat kandungan vitamin C yang tinggi dalam jambu biji menjadikannya salah satu buah yang sangat baik untuk meningkatkan sistem imun anda. Sistem imun merupakan mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan serangan berbagai macam virus dan bakteri. Selain itu, kandungan anti inflamasi yang terdapat dalam jambu biji berguna mencegah molekul inflamasi seperti prostaglandin sehingga melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

7. Mencegah penyakit diabetes

Pengobatan cina telah lama menggunakan jambu biji sebagai obat untuk mengatasi diabetes selama bertahun-tahun. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine pada tahun 1983 mengungkapkan bahwa jambu biji memiliki efek hipoglikemik yang sangat baik untuk mengobati diabetes melitus.

Salah satu manfaat jambu biji untuk kesehatan yang satu ini dikarenakan jambu biji memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat membantu mengatur indeks glikemik dalam tubuh sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah secara tiba-tiba yang mengarah pada penyakit diabetes.

8. Mengobati diare secara alami

Sudah banyak yang tahu bahwa daun jambu biji bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi diare. Akan tetapi kebanyakan dari mereka mengetahui informasi tersebut secara turun-menurun bukan dari sebuah penelitian. Menurut hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Revista do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo pada tahun 2008 lalu, menemukan bahwa ekstrak dari daun jambu biji bermanfaat mengurangi perkembangan bakteri staphylococcus aureus yang menjadi penyebab utama penyakit diare. Temuan tersebut setidaknya memperkuat informasi mengenai manfaat jambu biji untuk mengobati diare.

9. Memperbaiki kesehatan jantung

Manfaat jambu biji untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Human Hypertension pada tahun 1993 lalu menunjukkan, bahwa orang yang mengkonsumsi jambu biji secara rutin dapat membantu mereka dalam mengurangi kadar lipid dalam darah yang juga mengarah pada berkurangnya tekanan darah. Manfaat jambu biji untuk kesehatan ini berkat kandungan serat larut dan juga kalium di dalamnya.

Serat dalam jambu biji berguna mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol yang rendah juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kardiovaskular secara keseluruhan.

10. Baik untuk ibu hamil

Jambu biji mengandung sejumlah asam folat yang membantu mengurangi risiko terjadinya cacat pada bayi yang dikandung. Bersama dengan zat besi asam folat juga berguna meningkatkan produksi sel darah merah sehingga mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia selama masa kehamilan dapat mengganggu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Bukan hanya itu karena buah jambu biji mengandung tinggi kalium maka dapat melindungi ibu hamil dari serangan darah tinggi. Hipertensi atau darah tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan resiko pendarahan pada saat persalinan.

11. Menjaga kesehatan mulut

Mengkonsumsi jambu biji cukup penting untuk memperbaiki kesehatan mulut. Selain buahnya daun jambu biji juga dapat mengurangi plak gigi yang sering menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Para praktisi herbal menyarankan menggunakan daun jambu biji sebagai pasta untuk menjaga kebersihan mulut. Daun jambu biji memiliki sifat antimikroba, analgesik, dan antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan gusi dan membuat nafas tetap segar secara alami.

12. Mencegah sariawan

Manfaat jambu biji untuk kesehatan yang terakhir adalah mencegah sariawan. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jambu biji dapat mencegah sariawan dan berbagai macam masalah kesehatan mulut lainnya. Mengkonsumsi jambu biji secara rutin dapat memastikan kesehatan mulut terjaga dengan baik.

Demikian tadi rangkaian informasi mengenai manfaat jambu biji untuk kesehatan dan ibu hamil semoga dapat berguna bagi anda.