Manfaat Jahe

Manfaat Jahe

Manfaat Jahe- Berbicara tentang jahe, sebenarnya tidak mempertanyakan bumbu masak hanya. Karena selama berabad-abad, tanaman nabati ini telah digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu keuntungan dari jahe yang sering dilakukan di daerah baki adalah untuk menghangatkan tubuh.

Jahe termasuk dalam anggota Zingiberaceae. Dengan kata lain, jahe masih tergolong dengan tanaman obat lain, seperti Kencur, Curcuma dan Galanga. Pertanyaannya adalah, apa manfaat jahe terutama jika mereka dikonsumsi secara teratur? Penasaran? Ayo, lihat di komentar sehingga tubuh mendapat lebih sehat dan lebih bugar!

Manfaat Jahe

Manfaat Jahe

Berbagai manfaat dari rutinitas konsumsi jahe

Jahe adalah tanaman dari Asia Selatan, tentu saja, seperti Indonesia cukup mudah untuk mendapatkan. Selain itu disebutkan jahe adalah salah satu rempah-rempah sehat di dunia, begitu banyak orang di luar Asia yang ingin dalam bentuk bubuk atau utuh.

Namun, apa karakteristik manfaat jahe pada tubuh? Ada bukti menarik yang bisa kita lihat pada manfaat jahe. Menurut Journal of Perpustakaan Kedokteran Nasional National Institutes of Health – tentang manfaat jahe, ternyata jahe memiliki potensi untuk mengobati sejumlah penyakit, termasuk penyakit degeneratif (arthritis dan rematik).

Tak hanya itu, menurut majalah di atas, jahe dapat juga mengatasi masalah pencernaan (sembelit dan tukak), gangguan kardiovaskular (aterosklerosis dan hipertensi), muntah dan diabetes mellitus. Berikut adalah beberapa keuntungan yang harus diketahui:

1. Anti penuaan dan kanker

Jahe anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengontrol proses penuaan. Keuntungan dari jahe lainnya, tanaman nabati ini juga memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu dalam pengobatan penyakit infeksi. Bahkan, manfaat jahe dikatakan dapat menghindari berbagai kanker.

Namun, ada satu hal untuk menekankan. Menurut review di atas, bahkan jika potensi jahe antikanker telah didokumentasikan dengan baik, tapi manfaat jahe terhadap kanker masih perlu penelitian sebelumnya mengklaim efisiensi.

2. Meringankan nyeri haid

Mengonsumsi rutin jahe bisa membantu mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa jahe dikonsumsi dapat meredakan nyeri haid pada wanita. Bahkan, efisiensi jahe tidak disebut sangat berbeda dari asam dan ibuprofen mefenamat.

Untuk mendapatkan keuntungan dari jahe untuk nyeri meringankan, coba gunakan air jahe setidaknya empat gelas. Minum cairan selama dua hari pertama menstruasi. Efek jahe pada perut dipanggil untuk dapat memberikan efek menenangkan rasa sakit.

3. Mengurangi glukosa darah kolesterol

Menurut Journal of Perpustakaan Kedokteran Nasional National Institutes of Health – berkaitan dengan efektivitas jahe, memakan teratur jahe juga dapat secara signifikan mengurangi glukosa darah. Tidak hanya itu, konsumsi jahe sistematis dapat mengurangi kolesterol LDL (lemak jahat), trigliserida, sekaligus meningkatkan HLD (lemak baik).

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Anda ingin menjaga sistem kekebalan tubuh pertama? Sangat mudah, hanya mengkonsumsi jahe secara teratur. Jahe mengandung banyak vitamin C dan magnesium. Konten ini membantu untuk membantu tubuh memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain dua zat ini, jahe juga memiliki gingerol, Shogaols dan Zingerones yang dapat beroperasi sebagai antioksidan bagi tubuh.

5. infeksi bakteri dan virus

Efektivitas jahe juga dapat membantu counter tubuh infeksi bakteri dan virus tertentu. Bagaimana untuk datang? Kandungan gingerol dengan jahe seharusnya menghambat infeksi bakteri. Seperti Shigella, E. coli, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, manfaat dari minum jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat menghindari kerusakan DNA dan stres. Bahkan, manfaat jahe dapat minum secara teratur juga membantu pilek mengatasi dan flu.

6. nyeri otot Relieving

Manfaat minum jahe secara teratur juga dapat membantu kita meredakan nyeri otot. Menurut sebuah studi oleh University of Georgia, Amerika Serikat, jahe memiliki anti-pengaruh efek yang juga efektif untuk mengurangi nyeri otot. Namun, banyak sumber mengatakan jika mereka meredakan nyeri otot keuntungan dari jahe merah.

Dalam studi tersebut, para ahli melakukan penelitian atas 74 orang untuk melakukan beberapa jenis latihan. topik penelitian telah dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok disediakan suplemen jahe dan kelompok yang hanya pil yang mengandung gula. Karena itu? Ternyata, rasa sakit nyeri otot setelah diposting olahraga dalam kelompok pertama, 25% lebih ringan dari kelompok kedua.

7. Meredakan Morning sickness

Menurut penelitian dari Royal College of Obstetricians dan Gynecologists, jahe berguna untuk menghilangkan gejala-gejala penyakit pagi di awal kehamilan. Ekstrak akar jahe telah digunakan lebih dari dua ribu tahun untuk mengatasi gejala gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, sembelit, perut kembung dan tartocks.

8. Mengatasi masalah pencernaan

Salah satu keuntungan dari jahe merah lain yang mampu mengatasi dan mencegah masalah pencernaan. Percayalah Jika ekstrak minyak mampu memecahkan masalah sebagai sakit perut karena kandungan antibakteri. Gangguan pencernaan umumnya terjadi akibat bakteri buruk cenderung, sehingga konsumsi jahe cocok untuk antitesis.

Namun demikian, banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin mengkonsumsi jahe biasa teratur. Karena, beberapa orang harus menghindari mengkonsumsi tanaman ini terlalu banyak. Anda dapat langsung meminta ahli medis yang berkaitan dengan ini menjadi lebih pasti.

Sebagai contoh, wanita hamil dan menyusui, orang yang menderita penyakit jantung, diabetes dan orang yang memiliki kelainan darah pembekuan. Dengan kata lain, jahe termasuk tanaman herbal, tetapi ada efek samping yang dapat disebabkan. Sebagai contoh, ketidaknyamanan pada perut, diare dan nyeri di jantung hati.

Baca juga : Teh Jahe