manfaat jahe merah untuk wanita

Manfaat Jahe Merah untuk Wanita yang Tidak Boleh Anda Lewatkan!

Posted on

manfaat jahe merah untuk wanita

Manfaat Jahe Merah untuk Wanita – Apakah Anda tahu jahe merah? Jahe merah adalah tanaman rempah-rempah yang memang diketahui dengan segudang manfaat kesehatan. Jahe merah bermanfaat untuk wanita, terlebih jika dikonsumsi saat sahur atau dalam keadaan perut kosong.

Jahe merah dikenal dengan nama latin Zingiber officinale Roxb. Tanaman ini diketahui mengandung banyak senyawa yang berkhasiat seperti shogaol, zingeron, gingerol dan sebagainya. Berbagai macam bahan aktif alami ini bahkan bisa berkhasiat dan mendukung kita saat berpuasa.

Lalu apa saja manfaat jahe merah untuk wanita? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat jahe merah untuk wanita yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Manfaat Jahe Merah untuk Wanita yang Tidak Boleh Anda Lewatkan!

1. Meredakan Nyeri Menstruasi

Mendekati hari menstruasi, tidak jarang banyak wanita yang mengalami sakit di bagian perut sampai menyebabkan kram. Nah, dengan mengonsumsi teh atau rebusan jahe merah ini, maka Anda bisa membantu meredakan sakit yang dirasakan.

Tidak mengherankan jahe merah kerap dipilih sebagai salah satu opsi obat alami terbaik untuk mengobati sakit menjelang menstruasi, sekaligus anti inflamasi terbaik bagi tubuh.

2. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Dikala berpuasa, menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi hal yang penting supaya kita tetap bisa fit dalam menjalankan ibadah. Dengan mengonsumsi jahe secara teratur diketahui bisa membantu meningkatkan kekebalan
tubuh kita, lho.

Baca juga  Minuman untuk Diet

Ekstrak jahe merah yang diseduh atau dihasilkan teh bisa mencegah dan membunuh bakteri yang membahayakan dalam tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh akan jauh lebih kuat selama bulan Ramadhan.

3. Meningkatkan Kesuburan

Bagi wanita kesuburan menjadi hal yang penting sebab terkait erat dengan reproduksi. Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat jahe merah ini bisa meningkatkan kesuburanan?

Herbal ini mempunyai kandungan L-arginine yang mempunyai fungsi untuk kelancaran sirkulasi darah kita di dalam tubuh. Secara tidak langsung, bisa membantu pasokan oksigen ke rahim dan ovarium sebagai tempat sel telur diproduksi. Jika mekanisme ini berjalan lancar, kemungkinan pembuahan juga akan lebih tinggi.

manfaat jahe merah untuk wanita

Sumber: https://www.tokopedia.com

4. Mengurangi Kolesterol Jahat

Berpuasa diketahui bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Jika Anda berpuasa dengan dibarengi kebiasaan rutin mengonsumsi jahe merah ternyata bisa memaksimalnya.

Studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kurang lebih 3 gram jahe merah setiap hari bisa mengalami penurunan trigliserida dan kolesterol jahat lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

5. Anti Aging Alami

Siapa yang tidak menginginkan kulit sehat, menawan, dan kelihatan lebih muda? Manfaat jahe merah untuk wanita yang lain bisa sebagai anti aging alami. Kandungan antioksidannya membantu menjaga kulit nampak lebih menawan dan sehat.

Kandungan ini juga diketahui bisa menangkal radikal bebas yang bisa mempercepat kerusakan kolagen dan kulit. Kandungannya ternyata bisa membantu meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit.

6. Mencegah Kanker

Akibat kandungan antioksidannya, pertumbuhan sel kanker pun bisa dicegah dengan mengonsumsi jahe merah secara teratur. Memang, banyak faktor yang bisa memengaruhi prevalensi kanker. Namun, dengan mengonsumsi pangan dengan antioksidan tinggi, diketahui menjadi salah satu upaya yang bisa dijalankan.

Baca juga  Manfaat Buah Delima Merah yang Rugi Jika Dilewatkan. Yuk, Intip!

7. Mencegah Inflamasi Usus

Menjaga pencernaan saat berpuasa menjadi suatu hal yang penting. Mengkonsumsi jahe bisa menjadi salah satu cara yang bisa dijalankan karena berbagai komponen zat aktifnya yang bisa berkhasiat bagi kesehatan pencernaan.

Komponen zat aktif zingeron pada jahe merah bisa menghambat enzim yang memicu radang pencernaan. Bagaimana, masih ragu untuk mengonsumsi rebusan atau teh jahe merah ini saat sahur untuk mendapatkan banyak manfaat kesehatan?

Baca Juga: 19 Manfaat Bunga Telang yang Tidak Boleh Anda Lewatkan. Yuk Intip!