Manfaat Jagung Ungu

Posted on

Jagung ungu tidak hanya terlihat menarik, tetapi juga memiliki multiplek benefit untuk kesehatan.
Hampir serupa dengan jagung kuning atau jagung mini, jagung ungu juga termasuk dalam jenis jagung. Warna ungu pada jagung ungu berasal dari alami pigmen bernama antosianin. Pigmen ini tidak ditemukan pada jagung kuning atau jagung mini.

Manfaat Jagung Ungu

Manfaat Jagung Ungu

Konsumsi jagung ungu adalah keputusan yang baik untuk membantu menjaga kesehatan kita. Berikut manfaat jagung ungu yang bisa diperoleh:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Antosianin pada jagung ungu bagus untuk menjaga kesehatan mata. Pigmen ini membantu mencegah degenerasi makula dan katarak.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jagung ungu juga mengandung beta karotenoid, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Karotenoid juga memiliki fungsi sebagai antioksidan yang penting untuk membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan pada sel-sel tubuh.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Antosianin juga memiliki efek anti-kanker pada tubuh manusia. Antioksidan ini membantu mengurangi pembentukan sel-sel kanker.

4. Memperbaiki Keseimbangan Hormonal

Keseimbangan hormonal bisa sangat penting untuk kesehatan keseluruhan, terutama bagi perempuan yang mengalami kesulitan menopouse. Berdasarkan riset, antosianin dalam jagung ungu dapat membantu menyeimbangkan hormon dan meningkatkan kesehatan hormon.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C hadir pada jagung ungu yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan kulit.

Menurut Para Ahli…

Menurut Dr. Cik Mardiana Che Daud, pakar nutrisi dari Universiti Kebangsaan Malaysia, jagung ungu mengandung komponen penting yang membantu tubuh melawan radikal bebas dan juga bersifat antibakteri.

Baca juga  Kadar Air Jagung Kering

Selain itu, Liana Ningsih, seorang profesional gizi, menyarankan agar jagung ungu dimasukkan dalam diet kita karena kesehatan yang baik tergantung pada nutrisi yang kita makan. Dan jagung ungu dapat memberi kita beberapa nutrisi penting, seperti vitamin C, asam pantotenat, magnesium, tembaga, dan thiamin.

Apa Bedanya dengan Jagung Biasa?

Kandungan nutrisi pada jagung ungu tidak jauh berbeda dengan jagung biasa. Namun, kandungan antosianin pada jagung ungu membuat jagung ungu lebih tinggi antioksidan dibandingkan jagung biasa.

Jagung biasa mengandung 15 kalori per 100 gram dengan karbohidrat sekitar 19 gram. Sedangkan jagung ungu dengan kandungan karbohidrat yang sama, mengandung 17 kalori per 100 gram.

Kesimpulan

Terdapat banyak manfaat dalam mengonsumsi jagung ungu dan keuntungan kesehatan yang dapat diperoleh. Warna ungu pada jagung ungu mengandung pigmen bernama antosianin. Pigmen ini memiliki benefit seperti menjaga kesehatan mata, jantung, mengurangi risiko kanker, memperbaiki keseimbangan hormonal dan menjaga kesehatan kulit.

Jagung ungu memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan jagung biasa, namun jagung ungu mengandung lebih banyak antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Dapat diambil kesimpulan, jagung ungu adalah pilihan bijak untuk kelangsungan hidup sehat kita.

Simak tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *