6 Manfaat gude untuk kesehatan yang jarang diketahui

manfaat kacang gude untuk kesehatan
manfaat kacang gude untuk kesehatan
Gambar kacang gude

Manfaat gude untuk kesehatan yang jarang diketahui orang. Gude merupakan jenis sayuran yang memiliki bentuk seperti kacang polong. Daun dari tanaman ini memiliki bentuk jari-jari yang runcing dan melebar. Polong dari gude secara umum berwarna hijau dan memiliki sekat biji sebanyak 4 sampai 5. Secara ilmiah gude memiliki nama Cajanus Cajan. Secara umum tidak banyak yang tahu mengenai nama dari tanaman ini karena mungkin di beberapa daerah tanaman ini disebut berbeda. Bagi Anda yang masih penasaran mengenai manfaat gude untuk kesehatan, bisa anda baca dalam artikel berikut ini:

1. membantu pembentukan membran sel

Secara umum sayur gude merupakan sumber protein nabati yang sangat baik sekali dalam pembentukan membran sel. Perlu anda ketahui bahwa tubuh kita disusun dari sel-sel yang terbuat dari protein. Sehingga mencukupi kebutuhan protein menjadi hal yang sangat penting sekali. Selama ini kita menganggap bahwa produk hewani merupakan sumber utama protein, akan tetapi ternyata ada beberapa jenis sayuran yang cukup diperhitungkan sebagai sumber protein dan salah satunya adalah gude.

2. Membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka

Kandungan protein dalam sayur gude bukan hanya berguna pembentukan membran sel, akan tetapi juga dapat membantu menghilangkan bekas luka dengan cepat. Bekas luka memang cukup mengganggu karena kemunculannya di membuat kita kurang percaya diri. Kekurangan protein ternyata dapat membuat penyembuhan luka menjadi semakin lambat dan juga meningkatkan resiko bekas luka hitam atau bahkan menonjol yang biasa disebut keloid.

3. Sumber omega 3

Omega 3 merupakan nutrisi yang sangat penting, yang berguna meningkatkan sistem saraf pusat. Sedangkan kekurangan omega-3 bisa berdampak buruk pada kesehatan saraf. Untungnya gude memiliki kandungan omega-3 yang cukup baik sehingga sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem saraf.

4. Baik untuk ibu hamil

Gude memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil. Ibu hamil sangat membutuhkan makanan yang mengandung tinggi asam folat seperti gude karena pada masa kehamilan nutrisi ini diperlukan untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Salah satu fungsi utama vitamin B9 atau asam folat ini yaitu untuk memproduksi sel darah merah dan rantai DNA.

5. Mencegah diabetes

Gude memiliki kandungan serat yang cukup baik yang sangat berguna dalam mencegah penyakit diabetes. Bagi Anda yang mengalami penyakit diabetes atau berisiko tinggi terkena diabetes sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur termasuk diantaranya adalah gude.

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Selain mencegah diabetes salah manfaat gude adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit dan perut buncit. Pencernaan yang sehat akan memastikan kesehatan secara keseluruhan.