5 Manfaat glutathione untuk kesehatan dan kecantikan

Posted on
manfaat glutathione
image from wikimedia.org

Glutathione, merupakan salah satu zat yang diproduksi secara alami oleh hati Anda, tetapi zat ini juga bisa ditemukan pada buah, sayur dan daging. Glutathione juga sering disebut sebagai induk dari semua antioksidan. Sebutan lain dari glutathion adalah GSH, merupakan salah satu molekul yang paling sering dibahas dalam industri kesehatan.

 

Apa itu glutathione

Glutathione merupakan molekul sederhana yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita.
Zat ini terdiri dari tiga blok bangunan asam amino, atau protein: sistein, dan glutamin.
Molekul ini umumnya mengandung kelompok kimia sulfur, yang berfungsi seperti flypaper karena sulfur adalah molekul yang bau dan lengket. كونكر خدمة العملاء

Kelengketan memungkinkan senyawa merugikan di dalam tubuh Anda menempel. Ini termasuk racun, logam berat, dan radikal bebas. Di dalam organ hati kita glutathione bekerja menghilangkan bahan kimia yang dianggap dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Tubuh bisa mendaur ulang glutathione terus-menerus akan tetapi jika bahan kimia atau zat berbahaya di dalam tubuh melampaui kapasitas maka glutathione tidak dapat didaur ulang. Beberapa bahan kimia yang biasanya masuk ke dalam tubuh kita seperti polusi udara dan juga obat-obatan terlarang.

Kadar glutathione dalam tubuh kita bisa menjadi sangat rendah, hal ini disebut sebagai defisiensi glutathione yang dapat meningkatkan resiko stres oksidatif. Selain itu, kekurangan glutathione juga dapat meningkatkan risiko penyakit parkinson, kanker, dan alzheimer.

 

Manfaat glutathione untuk kesehatan tubuh

1. Membuat radikal bebas

Glutathione dapat menghilangkan kelebihan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Radikal bebas didefinisikan sebagai bahan kimia yang sangat reaktif dan dapat membahayakan sel di dalam tubuh. Radikal bebas diciptakan saat molekul kehilangan atau memperoleh elektron, akhirnya mereka dapat merusak banyak komponen sel seperti protein, membran sel, dan DNA.

Kerusakan tersebut dapat menyebabkan anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Fakta penting yang perlu anda ketahui adalah bahwa menopause dapat menyebabkan kadar glutathione di dalam tubuh menurun. Hal inilah yang membuat pasca menopause biasanya wanita akan terlihat cepat mengalami penuaan. Dengan mencukupi kebutuhan glutathione dalam tubuh kita dari makanan yang anda konsumsi maka proses penuaan bisa diperlambat.

2. Perlawanan terhadap stres oksidatif

Stres oksidatif bisa terjadi ketika radikal bebas yang merusak sel, DNA, dan membran sel membanjiri pertahanan tubuh kita. Hal ini memiliki efek yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja dan tidak mendapatkan penanganan maka akan menyebabkan perkembangan berbagai macam penyakit termasuk kanker dan penuaan.

Glutathione mampu mengurangi jumlah stress oksidatif dan spesies oksigen terdapat di dalam tubuh kita. Mengurangi tingkat stres oksidatif dalpat melindungi DNA dari kerusakan. Selain melawan stres oksidatif, glutathione juga berguna meregenerasi anti-oksidan lainnya seperti vitamin E dan C untuk mengembalikan kesehatan kita secara keseluruhan.

3. Menghentikan peradangan

Manfaat glutathione yang berikutnya adalah menghentikan peradangan. Peradangan merupakan respons tubuh terhadap iritasi atau luka pada jaringan vaskular. Daerah tersebut bisa menjadi merah atau gelap dan bengkak saat disentuh dan mungkin juga menyebabkan infeksi. بيتك اون لاين Glutathione dapat mengurangi peradangan dengan cara bertindak sebagai anti inflamasi. Glutathione juga dapat menciptakan sel kekebalan tubuh yang berfungsi memerangi beberapa jenis ancaman kesehatan di tubuh kita.

4. Stres dan depresi

Stres merupakan hal yang wajar dan mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Stres biasanya disebabkan oleh tekanan berlebih dan tidak disertai dengan relaksasi yang cukup. Selain itu, stres ternyata juga dapat disebabkan oleh racun yang menumpuk di dalam tubuh kita. Kabar baiknya glutathione dapat membantu anda mengurangi stres dan depresi yang mengarah pada beberapa gangguan jiwa.

5. Mencegah penyakit parkinson

Stres oksidatif di dalam tubuh kita dapat menyebabkan penyakit parkinson. Penyakit parkinson merupakan gangguan medis progresif yang dapat mempengaruhi bagian sistem saraf yang bertanggung jawab dalam gerakan. Kondisi medis ini bisa berkembang perlahan dan kadang dimulai dengan sedikit getaran di salah satu tangan kita. Penyakit parkinson biasanya juga menyebabkan seseorang mengalami gerakan yang kaku dan lambat. العاب عل النت Diantara salah satu manfaat glutathione adalah membantu anda mengurangi stres oksidatif yang mengarah pada menurunnya resiko penyakit parkinson.