Manfaat Energi Panas Matahari

manfaat energi panas matahari
manfaat energi panas matahari
Caraprofesor.com

Manfaat Energi Panas Matahari – Matahari merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting dan dapat memengaruhi kehidupan setiiap makhuk hidup di Bumi. Selain itu, kehadirannya di bumi juga berfungsi untuk menghangatkan, sehingga suhu di bumi normal dan bisa ditinggali manusia dan makhluk hidup lainnya. Lalu, apa saja manfaat energi panas matahari bagi makhluk hidup?

Selain dapat memberi kehangatan dan sebagai benda langit yang menyinari bumi pada siang hari, matahari juga menjadi salah satu sumber utama bagi mahluk hidup. Dengan adanya energi matahari ini, manusia dapat menciptakan listrik hingga mengolah bahan makanan untuk mereka bertahan hidup.

BACA JUGA : Ciri Ciri Hewan Reptilia

Tak hanya dapat diubah menjadi tenaga listrik, sinar matahari juga menunjang kehiduppan dan perkembangan tanaman dimuka bumi, tanpa adanya sinar matahari, tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis dan tumbuh dengan sempurna.

Jika seandainya matahari tidak ada, pastilah bumi tidak akan ditempati oleh makhluk hidup dan kehidupan didalamnya tidak akan berjalan seperti sekarang ini.

Sehingga kehadiran matahari tentu memberikan segudang manfaat bagi makhluk hidup, dan tak hanya bagi manusia saja melainkan juga binatang serta tumbuhan.

Untuk tahu lebih lanjut, simak penjelasan tentang manfaat sinar matahari bagi makhluk hidup berikut ini.

BACA JUGA : Contoh Hewan Bermetamorfosis Sempurna

Manfaat Energi Panas Matahari Bagi Makhluk Hidup

manfaat energi panas matahari
Sumber : https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

1. Sumber Vitamin D

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan tulang, sel darah, jantung, otak, kekuatan daya tahan tubuh, hingga mencegah beragam penyakit.

Untuk dapat menikmati khasiatnya, Anda dapat rutin berjemur di bawah sinar matahari tiap-tiap pagi selama 15-30 menit.

BACA JUGA : Sel Hewan Berbeda dengan Sel Tumbuhan karena Sel Hewan Memiliki?

2. Kerja Fotosintesis

Selain manusia yang membutuhkan matahari, tumbuhan juga membutuhkan sinar matahari untuk dapat mengerjakan prose fotosintesis agar bisa menghasilkan makannya sendiri dan menjaga kelangsungan hidupnya.

Dalam praktiknya, pengerjaan proses fotosintesis ini akan mengubah sinar matahari menjadi oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bernafas tak terkecuali manusia.

3. Menghangatkan Tubuh

Sumber : https://img.okezone.com/

Semua makhluk hidup khususnya binatang dan manusia pasti membutuhkan cahaya matahari untuk menghangatkan tubuh mereka.

Temperatur panas matahari akan diresap ke tubuh binatang dan manusia untuk digunakannya dalam menghangatkan tubuh, sehingga mereka bisa senantiasa tumbuh sehat, aktif dan tidak kedinginan.

BACA JUGA : Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba

4. Sebagai Panel Tata Surya

Energi sinar matahari juga bisa dipakai sebagai sumber listrik yang bertenaga surya. Caranya, dengan meletakkan pelat-pelat logam di suatu area yang terpapar sinar matahari secara langsung.

Nantinya, pelat tersebut akan mengabsorpsi panas dari sinar matahari, dan kemudian, dengan bantuan teknologi yang canggih sekarang ini, panas tersebut akan diubah menjadi energi listrik, sehingga akan berfungsi sebagai sumber penerangan utama pengganti tenaga nuklir dan lain sebagainya.

BACA JUGA : Alat Komunikasi Jaman Dulu

5. Rumah Tangga

manfaat energi panas matahari
Sumber : https://electroluxattackcare.id/

Dalam aktifitas berumah tangga seperti menjemur pakaian, sepatu, sampai bahan makanan, seperti ikan asin, gabah jagung dan masih banyak lagi. Kita para manusia pastilah membutuhkan sinar matahari untuk dapat mengerjakannya.

Dalam hal ini tentunya sinar matahari amat bermanfaat dan sangat dibutuhkan untuk kesibukan sehari-hari. Apalagi jika sinar matahari ini bisa dipakai secara cuma-cuma.

BACA JUGA : Bagaimana Cara Merawat Tanaman Dalam Pot?

Nah, itulah penjelasan serta beberapa manfaat energi panas matahari bagi keberlangsungan hidup setiap makhluk, semoga ualasan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang alam.