Manfaat Daun Sirih Untuk Mata dan Kesehatan Lainnya!

manfaat daun sirih untuk mata

Manfaat daun sirih untuk mata- Daun sirih dianggap sebagai salah satu tanaman yang mempunyai banyak khasiat untuk tubuh. Tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, manfaat daun sirih juga bagus untuk kecantikan kulit wajah. Malahan,daun sirih juga bisa untuk menjaga kesehatan mata.

Tanaman yang tumbuh menjalar dan mempunyai daun lebar ini kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai minyak esensial. Kecuali itu, daun sirih juga mempunyai sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit. Anda juga dapat menggunakannya dengan cara merebus daun sirih untuk dikonsumsi atau sebagai obat luar. Berikut ini manfaat daun sirih untuk mata, kesehatan dan kecantikan.

1. Menghentikan mimisan

manfaat daun sirih untuk mata

Kandungan fenil poppies dan terpene pada sirih merah dapat menolong menghentikan pendarahan hidup. Cara menggunakannya pun dinilai cukup mudah yaitu dengan cara gulung selembar sirih, kemudianmasukkan ke lubang hidung yang mimisan.

2. Pengobatan luka bakar ringan

Daun sirih juga dapat menolong meredakan peradangan pada zona kulit yang terbakar. Soalnya, daun sirih mengandung alkoid, antioksidan, dan vitamin C. Caranya, hancurkan sebagian lembar daun sirih, campur dengan 2 sendok teh madu, lalu letakan di kulit yang terbakar dua kali sehari.

Baca juga: Ciri ciri Gagal Ginjal yang Wajib Anda Waspadai. Yuk, Simak Lengkapnya!

3. Mengobati diabetes

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum air rebusan daun sirih yang dikeringkan, kemudian digerus menjadi bubuk, dapat menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes ragam 2. Daun sirih mengandung terpenoid yang dapat menolong performa insulin dalam membatasi gula darah.

4. Mengurangi bau badan

manfaat daun sirih untuk mata

Daun sirih juga dapat mengurangi bau badan. Caranya, minum air rebusan daun sirih tiap hari dan letakan 2 lembar daun sirih merah yang telah ditumbuk pada ketiak secara teratur. Estradiol dan klavikula dalam daun sirih dapat membatasi produksi kelenjar keringat.

5.  Manfaat daun sirih untuk mata

Manfaat daun sirih bagi mata salah satunya adalah membantu mengobati mata merah. Daun sirih mengandung sifat antibakteri yang dapat mengobati iritasi pada mata. Caranya, rebus 20 lembar daun sirih merah atau hijau, lalu gunakan air yang telah disaring untuk mencuci mata selama 10 menit. Namun hati-hati saat melakukan ini dirumah karena masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

6. Mengurangi jerawat

Daun sirih juga dapat memecahkan jerawat, bagus pada wajah, dada, atau punggung. Caranya yaitu dengan menggunakan handuk bersih, lalu celupkan pada air hangat yang sudah dicampur dengan sirih tumbuk. Anda dapat memakai handuk tersebut untuk mengusap wajah yang telah bersih. Lakukan cara ini minimal 2 kali sehari untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

7. Menuntaskan gatal

manfaat daun sirih untuk mata

Daun sirih juga dapat memecahkan gatal, alergi, atau keadaan sulit kulit lainnya. Caranya adalah dengan mandi air rendaman sirih. Rendam sirih hijau pada ember yang berisi air panas, kemudian tunggu hingga airnya hangat, baru gunakan untuk mandi.

8. Menuntaskan sakit tenggorokan

Manfaat daun sirih juga dapat mengobati sakit tenggorokan. Sifat anti bakteri dan anti inflamasi pada daun sirih dapat dipakai sebagai obat natural untuk menurunkan demam dan meredakan sakit tenggorokan.

9. Mengobati sakit perut

Manfaat daun sirih merah pertama yakni dapat mengobati sakit perut. Kandungan terpenoid dan klavikula yang terkandung dalam daun sirih merah dapat membantu mengobati sakit perut. Minum air rebusan kurang lebih 7 lembar daun sirih dan meminumnya 3 kali sehari untuk membantu menyembuhkan gangguan pada perut.

10. Obat gusi berdarah

Bila gusi kamu berdarah, maka manfaat dau sirih merah dapat mengatasinya. Kandungan kalsium, saponin, tanin, dan mineral fosfor dapat membantu meredakan peradangan pada gusi yang berdarah. Rebus kurang lebih 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur sekitar 3 kali sehari. Lakukan secara rutin hingga gusi sembuh.