manfaat daun pakis

5 Manfaat daun pakis untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

manfaat daun pakis
image from vemale.com

Manfaat daun pakis untuk kesehatan merupakan hal yang wajib Anda ketahui selain hanya memakannya sebagai santapan yang lezat. Ada banyak kandungan yang baik di dalam daun pakis yang membuatnya menjadi sayuran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Nanti akan dibahas tentang manfaat daun pakis, namun sebelum itu kita bahas terlebih dahulu tentang kandungan yang ada pada daun pakis.

 

Tanaman pakis dan kandungannya

Daun pakis merupakan jenis tanaman rumpun yang biasanya hidup liar pada kontur tanah yang lembab atau pada tempat yang teduh. Kebanyakan orang jika ingin mengolahnya menjadi sebuah masakan mengambil daun pakis yang masih muda dengan ciri batang yang masih melengkung mirip ujung kepala biola. Daun pakis muda bisa diolah dengan berbagai macam jenis masakan, mulai direbus, tumis, bahkan dengan campuran santan, rasanya pun cukup enak dan renyah sehingga cocok untuk semua kalangan. Selain memiliki rasa yang enak, daun pakis mempunyai banyak kandungan yang sangat penting untuk kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, Flavonoid, kalium, omega 3, niachin, hingga vitamin B kompleks ada pada tanaman ini. Kandungannya yang banyak, membuat tanaman ini memiliki segudang manfaat penting untuk kesehatan tubuh.

 

Manfaat daun pakis untuk kesehatan

Mengonsumsi daun pakis sebagai sayuran bukan hanya memberikan cita rasa yang enak, namun juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda mengonsumsi daun pakis. Berikut manfaat daun pakis untuk kesehatan Anda yang penting diketahui.

1. Membantu menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat

Daun pakis sangat penting untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Hal itu dikarenakan pada daun pakis mempunyai kandungan kalium dan fospor yang sangat tinggi dan banyak. dengan adanya kandungan tersebut secara otomatis membuat tulang tetap terjaga dan terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporsis atau pengapuran pada tulang. Selain itu, dengan adanya kalium dan fospor pada daun pakis, bisa menghindari Anda dari penyakit rematik.

2. Membantu mata tetap sehat

Manfaat yang didapat ketika Anda mengonsumsi daun pakis salah satunya yaitu bisa menyehatkan mata dan kulit. Hal itu tidak lepas dari adanya kandungan vitamin A pada daun pakis. Hebatnya lagi, pada 100 gram daun pakis memiliki 3617 IU vitamin A, yang berarti memberikan 120% kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh terutama mata. Dengan banyaknya kandungan tersebut bisa membuat Anda terhindar dari rabun bahkan katarak.

3. Merangsang daya ingat pada anak dan mencegah penuaan dini pada orang tua

Daun pakis sangat cocok dikonsumsi bagi anak, karena dengan mengonsumsi bisa merangsang daya ingat pada otak. Pada daun pakis terdapat omega 3 yang memberikan dampak rangsangan daya ingat. Tidak hanya untuk anak-anak, bagi orang yang sudah lanjut usia, daun ini juga cocok dikonsumsi, karena bisa mencegah pikun. Selain kandungan omega 3, kandungan flavonoid yang ada pada daun pakis membuatnya ampuh untuk mencegah penuaan dini, serta menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh Anda.

4. Melancar untuk buang air besar dan membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi daun pakis memberikan manfaat untuk melancarkan buang air besar Anda. hal ini dikarenakan pada daun pakis terdapat kandungan vitamin B3 kompleks yang membantu pelancaran pencernaan Anda. Selain itu, daun pakis yang rendah akan lemak membuatnya cocok untuk membantu diet Anda. serta mampu mencegah darah tinggi dan penyakit lainnya.

5. Membantu sirkulasi peredaran darah serta menghilangkan kolesterol

Salah satu manfaat penting yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi daun pakis adalah bisa membantu sirkulasi peredaran darah menjadi lebih lancar. Hal ini dikarenakan dari adanya kandungan niachin yang ada pada daun pakis. Kandungan niachin bisa membantu pelancaran pada arteri yang tersumbat, sehingga sirkulasi darah bisa berjalan dengan baik dan lancar. Tidak hanya itu, kandungan niachin bisa menangkal kadar kolesterol yang ada pada tubuh, sehingga bisa mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh kolesterol seperti asam urat.

Mengonsumsi sayuran daun pakis merupakan hal yang baik untuk kita lakukan agar tubuh menjadi lebih sehat. Daun pakis yang memiliki banyak kandungan yang penting, sehingga membuat sayuran ini mempunyai banyak sekali manfaat. Tidak hanya itu, manfaat daun pakis untuk kesehatan juga bisa dirasakan oleh semua kalangan apabila mengonsumsinya, mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah lanjut usia.