Manfaat Daun Kelor untuk Wajah yang Wajib Anda Tahu. Yuk! Intip…

manfaat daun kelor untuk wajah

manfaat daun kelor untuk wajah

Manfaat daun kelor untuk wajah – Berbagai tren produk perawatan wajah dari bahan alami tetap masih tinggi peminatnya. Daun kelor atau yang dikenal dengan nama Moringa oleifera adalah salah satu bahan alami yang tengah kondang. Anda perlu tahu manfaat daun kelor untuk wajah, dari mulai mencegah penuaan sampai mengecilkan pori-pori.

Baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, tanaman kelor ini banyak ditemukan di Indonesia. Helai daunnya berwarna hijau muda dan berbentuk majemuk, serta bertangkai panjang. Pada produk kecantikan, daun kelor kebanyakan dijadikan ekstrak atau diambil minyak atsirinya.

Bagian inilah yang dinilai mempunyai manfaat bagi wajah dan bagian kulit yang lainnya. Penasaran apa saja manfaat daun kelor untuk wajah? Yuk langsung saja simak ulasan artikel yang sudah caraprofesor.com rangkum berikut ini!

Berbagai Manfaat Daun Kelor untuk Wajah yang Wajib Anda Tahu

1. Mencegah Penuaan Dini pada Wajah

Tinggal di negara tropis akan menyebabkan kulit wajah kerap terpapar cahaya matahari sehingga mempercepat penuaan kulit. Sinar ultraviolet pada matahari akan menyebabkan kolagen rusak dan elastisitas kulit menurun. Akibatnya, muncul kerutan di wajah yang kerap disebut sebagai keriput.

Para ilmuwan dalam suatu penelitian sudah meneliti khasiat kelor untuk mencegah penuaan dini. Biji kelor diambil minyak atsirinya dan diformulasikan dalam wujud krim. Dari hasil penelitian selanjutnya terbukti bahwa minyak biji kelor mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

Di samping itu, daun kelor mempunyai kandungan antioksidan yang bisa mencegah munculnya keriput, dan dapat melawan radikal bebas yang dihasilkan dari cahaya UV. Kelor bisa menjaga keutuhan elastin pada kulit yang berguna untuk merawat kekencangan kulit.

Selain itu minyak kelor juga bisa melembapkan kulit. Kombinasi dari berbagai macam khasiat selanjutnya kemudian bisa mencegah munculnya keriput pada wajah.

manfaat daun kelor untuk wajah

Sumber: berita.baca.co.id

2. Daun Kelor untuk Melembapkan Bibir

Layaknya lip balm atau masker bibir, minyak daun kelor juga kerap digunakan sebagai bahan produk perawatan bibir. Minyak daun kelor ini serupa dengan minyak zaitun, dalam suatu jurnal penelitian juga disebutkan bahwa minyak kelor mempunyai kualitas yang sangat baik.

Meski terpapar udara, kualitas dari minyak daun kelor lebih tahan lama. Kandungan asam lemak pada kelor yang paling banyak adalah asam oleat. Jadi, tidak mengherankan jika banyak berbagai industri kecantikan menjadikan daun kelor untuk bahan baku pada produk perawatan bibir mereka.

Itulah sebabnya daun kelor mempunyai kemampuan bisa menjaga kelembutan bibir dan untuk melembapkan bibir yang kering.

3. Memperbaiki Warna dan Tekstur Kulit

Manfaat daun kelor untuk wajah lainnya adalah daun kelor terbukti bisa menunjang mencerahkan warna kulit secara merata dan mencegah noda hitam muncul. Agar mendapatkan efek ini, Anda bisa membuat maskernya sendiri.

Pertama-tama, tumbuk  terlebih dahulu daun kelornya. Kemudian usapkan pada kulit yang mempunyai noda hitam atau bintik gelap di wajah. Kulit dapat akan tetap selalu bersih dan mempunyai tekstur yang kenyal dan kencang.

4. Mengatasi Jerawat dan Komedo

Sudah ada berbagai penelitian yang mengamati khasiat daun kelor sebagai pengobatan jerawat yang efektif. Minyak kelor merupakan salah satu minyak alami dengan kandungan 10 % lebih asam linoleat. Kandungan tersebut yang diperlukan untuk menyembuhkan jerawat secara efektif.

Selain itu, daun kelor mempunyai sifat antimikroba yang bisa membasmi jerawat dikarenakan bakteri. Diungkapkan pada penelitian lain juga mengatakan bahwa minyak kelor bisa mencegah produksi minyak yang berlebih pada kulit penyebab jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, minyak daun kelor diakui efektif untuk menyembuhkan jerawat dan menyingkirkan komedo.

5. Manfaat Daun Kelor untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori bisa membesar dikarenakan paparan debu dan partikel mikro. Pada saat secara alami ketika kulit dibasuh air, daun kelor ternyata juga bisa mencegah kuman dan kotoran yang melekat pada kulit.

Anda juga bisa membasmi kotoran yang menyumbat pori-pori wajah sekaligus mengecilkan pori-pori, caranya dengan menggunakan sabun wajah yang terbuat dari minyak kelor. Namun, tidak semua orang cocok pada saat memanfaatkan daun kelor sebagai perawatan untuk kecantikan.

Lakukan patch test bersama mengoleskan sedikit skincare berbahan basic kelor ke tangan atau leher Anda, jika Anda tertarik menggunakannya. Tunggu hasilnya selama beberapa saat. Anda bisa memanfaatkan skincare berbahan kelor untuk merawat wajah, seandainya adanya reaksi alergi seperti gatal dan kemerahan.

Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter seandainya tengah memakai krim perawatan lainnya dari dokter. Pastikan bahwa daun kelor aman digunakan seiring bersama krim dokter. Itulah berbagai manfaat daun kelor untuk wajah yang wajib Anda tahu. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Manfaat Kunyit untuk Wajah sebagai Perawatan Kecantikan. Yuk Intip!