manfaat daun kelor untuk mata

Manfaat Daun Kelor untuk Mata dan Organ Tubuh, Wajib Tahu!

Posted on

manfaat daun kelor untuk mata

Manfaat daun kelor untuk mata- Benarkah daun kelor bermanfaat untuk kesehatan mata? Jawabannya adalah benar, selain itu daun kelor juga memiliki khasiat lainnya yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita lho. Apalagi di era sekarang kita sangat lekat dengan gadget yang dapat mempengaruhi kesehatan mata. 

Daripada penasaran dengan khasiat daun kelor, yuk cari tahu manfaat daun kelor untuk mata dan cara menggunakannya untuk kesehatan lainnya!

Tanaman kelor merupakan tanaman tropis yang hidup di negara – negara Asia. Tanaman kelor dulunya sering dikonsumsi sebagai sayuran sehari-hari, namun seiring dengan berkembangnya zaman sayur dari daun ini mulai jarang di konsumsi karena kalah dengan jenis sayur lain.

Menurut penelitian daun kelor tergolong sebagai makanan bergizi yang direkomendasikan karena mengandung banyak vitamin A dan gizi pendukung lain.

Daun kelor juga terbukti mampu menghambat munculnya penyakit degeneratif yakni penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan atau organ tubuh. Bahkan penyakit katarak dan glukoma pun bisa dicegah dengan daun kelor.

Baca Juga : Manfaat Tape Ketan Hitam untuk Kesehatan Tubuh, Yuk, Baca Ulasannya!

Tanaman yang memiliki nama latin Moringa oleifera merupakan tanaman tropis yang berasal dari Asia Selatan. Ciri khas dari daun kelor yaitu memiliki ukuran daun yang kecil dengan bentuk oval dan bertangkai.

Baca juga  Manfaat Daun Sirih Cina Yang Masih Jarang Diketahui, Yuk Simak!

Tinggi pohonnya bisa mencapai 11 meter dengan ujung-ujung ranting dihiasi bunga berwarna kuning dan  beraroma semerbak.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang manfaat daun kelor bagi kesehatan, Yuk simak ulasannya berikut ini mengenai manfaat daun kelor untuk mata dan organ-organ lainnya.

 

1. Manfaat daun kelor untuk mata

manfaat daun kelor untuk mata
Sumber : cdn-2.tstatic.net

Tidak hanya wortel saja yang memiliki kandungan vitamin A, ternyata daun kelor juga memiliki banyak khasiat yang dapat menyehatkan mata.

Antioksidan tinggi yang terdapat dalam daun kelor juga dapat menghambat timbulnya gangguan penglihatan.

Selain itu, daun kelor ternyata juga sangat berguna untuk mencegah pelebaran pembuluh retina, penebalan membrane kapiler, dan menghambat kerusakaan pada retina.

 

2. Menurunkan gula darah

Gula darah tinggi menjadi hal yang dihindari oleh banyak orang karena sangat berbahaya dan dapat memicu penyakit diabetes. Untuk menghindari penyakit tersebut ada baiknya kita menjaga pola makan dan menerapkan pola hidup sehat.

Jika kamu memiliki masalah dengan gula darah yang tinggi dan hendak menurunkannya dengan obat alami, daun kelor bisa menjadi obat alternatif untuk masalah penyakit gula dalam darahmu.

Sebuah penelitian di Mumbai, India telah membuktikan bahwa daun kelor dapat diolah menjadi teh atau sayur. Olahan dari daun tersebut jika dikonsumsi bisa membantu menurunkan kadar gula dara secara signifikan.

Sehingga bukan hal yang awan jika daun kelor kerap dijadikan obat herbal oleh para pakar obat herbal ataupun para pembuat minuman tradisional seperti jamu.

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Anak, Bantu Jaga Imunitas Tubuh!

 

3. Daun kelor sebagai anti aging

Selain itu, daun kelor juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan inilah yang mampu mencegah efek radikal bebas sehingga berguna sebagai anti aging dan menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

 

4. Melancarkan pencernaan

Bagi kamu yang menderita penyakit maag atau gangguan lambung, daun kelor terbukti dapat menjadi obat penangkal masalah penyakit tersebut.

Daun kelor dikenal memiliki fungsi anti-inflamasi yang jika dikonsumsi secara rutin dapat membuat pencernaan dan gejala penyakit magg kamu dapat membaik secara signifikan.

Selain itu, ekstrak daun kelor juga dapat membantu mengobati berbagai gangguan lambung seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulserativa.

Tanaman kelor ternyata juga mengandung antibiotik dan antibakteri yang  dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen yang merugikan bagi tubuh. Sedangkan kandungan vitamin B yang tinggi di dalamnya dapat membantu melancarkan saluran pencernaan.

 

5. Menjaga fungsi otak

Sumber : res.cloudinary.com

Kandungan vitamin C dan E pada daun kelor yang tinggi berkhasiat sebagai zat yang memerangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit otak yaitu Alzheimer.

Hal ini sudah diuji dalam penelitian yang menggunakan objek hewan sebagai bahan percobaanya, dan ternyata hasil dari penelitian tersebut menunjukan hasil menjanjikan.

Tak hanya itu, daun kelor juga dapat meningkatkan dopamin dan serotonin. Dua hormon tersebut berguna sebagai peningkat kebahagiaan pada tubuh manusia. Dengan kata lain, daun kelor mampu menjaga fungsi otak agar tidak mudah depresi dan setres.

6. Mengobati kanker

Salah satu manfaat daun kelor yang paling terkenal yaitu sebagai obat kanker. Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kandungan niazimicin dalam ekstrak daunnya. Zat ini berguna sebagai pencegahan sel kanker yang sedang berkembang.