Manfaat Bunga Belimbing Wuluh Dibalik Kecantikannya. Yuk, Wajib Baca!

Posted on

manfaat bunga belimbing wuluh

Manfaat Bunga Belimbing Wuluh – Belimbing wuluh yang banyak kita temui dimana-mana ternyata sangat berguna bagi tubuh. Bukan hanya buahnya ternyata bunga belimbing ini juga sangat berguna bagi tubuh kita yang jarang kita ketahui dan pakai. Selain itu, bunga dan buah daunnya juga bisa mengobati beragam penyakit.

Hal ini karena pada dasarnya belimbing menjadi buah yang mengandung banyak gizi meski rasanya asam. Pada artikel kali ini, kami memberi informasi mengenai manfaat bunga belimbing wuluh beserta cara mengolahnya yang efektif untuk tubuh kita.

Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat bunga belimbing wuluh yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Manfaat Bunga Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengobati Batuk

Mengonsumsi air rebusan bunga belimbing wuluh dipercaya membantu mengatasi batuk yang membuat dongkol. Hal ini bisa menjadi obat alami pilihan untuk batuk.

Anda juga bisa mencampur bunga belimbing wuluh dengan beragam bahan lain seperti daun saga, daun sendok, kencur, pegagan, temu giring, kulit kayu manis, bawang, dan daun inggu untuk mengobati batuk.

manfaat bunga belimbing wuluh

Sumber: https://www.tokopedia.com

2. Meredakan Sakit Tenggorokan

Tidak hanya batuk, namun juga mengkonsumsi air rebusan dari bunga belimbing wuluh bisa meredakan sakit tenggorokan yang umumnya terjadi pada orang yang menderita batuk.

3. Mengeluarkan Lendir

Beberapa batuk umumnya dihubungkan dengan sputum, dan diperlukan upaya ekstra untuk menghilangkannya pada bayi atau balita karena cukup susah. Dengan mengkonsumsi herbal yang terbuat dari bunga belimbing wuluh bisa mengencerkan sputum sehingga lebih mudah dihilangkan terlebih pada bayi dan anak kecil.

4. Mengatasi Asma dan Sesak Napas

Bunga belimbing wuluh juga bisa mengatasi penyakit pernapasan lain yaitu asma dan sesak napas. Konsumsi air rebusan bunga belimbing wuluh dengan rajin yang dicampur dengan gula batu 2-3 kali sehari bisa membantu mengatasi asma dan sesak napas.

5. Mengobati Sariawan

Padahal tampaknya sepele, sariawan yang muncul pada mulut cukup menyakitkan dan mengganggu. Untuk mengatasinya, ada beragam obat siap minum seperti manfaat adem sari.

Tetapi, jika Anda berkeinginan lebih alami yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan bunga belimbing wuluh. Air rebusannya dapat Anda gunakan untuk mengolesi bagian yang terkena sariawan atau membersihkan mulut dengan berkumur.

6. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Bibir pecah-pecah yang dialami oleh penderita panas dalam juga dapat diatasi dengan bunga belimbing wuluh. Rebuslah bunga belimbing wuluh dan sesudah dingin minum air rebusannya.

7. Mengatasi Gusi Berdarah

Kurangnya perembesan manfaat vitamin C bisa menyebabkan beragam penyakit, termasuk pendarahan gusi. Untuk menuntaskannya, diperlukan asupan vitamin C yang memadai. Anda juga bisa menerapkan bahan-bahan alami seperti bunga belimbing wuluh.

manfaat bunga belimbing wuluh

Sumber: https://jybmedia.com

8. Mengatasi Jerawat

Persoalan kulit wajah seperti jerawat juga dapat diobati dengan ramuan bunga belimbing wuluh. Caranya yaitu dengan menumbuk buah, bunga dan daun belimbing wuluh hingga halus. ivermectina 6 mg dosis para coronavirus

Campuran ini kemudian digunakan sebagai masker wajah. Dengan penggunaan rutin, setiap pagi dan malam bisa membantu mencegah dan mengobati jerawat, yang cukup mengganggu.

9. Membatasi Wajah Berminyak

Bunga belimbing wuluh juga bisa dijadikan sebagai masker untuk melawan wajah berminyak sehingga tidak tampak mengkilap dan terlalu berminyak.

10. Mengatasi Panu

Penyakit kulit seperti panu juga bisa diatasi dengan ramuan bunga belimbing wuluh dengan buah dan daunnya. Bahan-bahan dari ketiga bahan ini, yang dihancurkan dengan cara ditumbuk atau dicampur, bisa dioleskan langsung ke tubuh yang terkena panu. Panu secara bertahap menghilang dengan penggunaan rutin 2-3 kali sehari.

11. Mengatasi Kadas

Penyakit kulit lain yang juga bisa diatasi dengan menyiapkan ramuan bunga belimbing wuluh yaitu kadas salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Hal ini bisa menjadi pilihan alami. ivermectin solubility

12. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan pada bunga belimbing wuluh penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas yang berasal dari polutan dan asap rokok sangat berbahaya bagi tubuh. ivermectin tablet for dogs dosage

13. Mencegah Penuaan Dini

Bunga belimbing juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan di wajah, sehingga Anda tampak lebih muda. Salah satu cara alami untuk mencegah penuaan dini adalah mengkonsumsi bunga belimbing.

Baca Juga: Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Dibalik Kecantikannya. Yuk, Wajib Tahu!