17 Manfaat buah sawo untuk kesehatan dan ibu hamil

Buah
manfaat buah sawo untuk kesehatan
image from pixabay.com

Manfaat buah sawo untuk kesehatan dan ibu hamil yang sangat mengejutkan. Buah sawo merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di indonesia. Buah ini memiliki ukuran tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Daging buahnya berwarna coklat dengan rasa manis dan menyegarkan. Buah sawo memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita karena di dalam buah tersebut terkandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Diantara beberapa jenis nutrisi yang terkandung dalam buah sawo seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A vitamin, C, lemak, protein, energi, karbohidrat dan vitamin B1. Kesemua notasi tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Selengkapnya mengenai manfaat buah sawo untuk kesehatan bisa anda bahasa dalam artikel berikut ini:

1. Membantu pembentukan sel darah merah

Buah sawo mengandung tinggi zat besi yang sangat baik untuk menciptakan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah dapat mempengaruhi kesehatan kita salah satunya adalah anemia. Meskipun anemia bukan merupakan penyakit berbahaya akan tetapi gejala yang ditimbulkannya cukup mengganggu aktifitas kita. Mengkonsumsi setidaknya 2 buah sawo setiap hari bisa membantu anda terhindar dari anemia.

2. Meningkatkan kesehatan jantung kita

Jantung merupakan organ yang sangat penting dan memainkan banyak peran di dalam tubuh kita. Salah satu tugas utama jantung adalah memompa darah dan mendistribusikannya ke seluruh bagian tubuh. Jika kesehatan jantung bermasalah maka seluruh organ di dalam tubuh mungkin juga akan terkena dampaknya. Mengingat begitu pentingnya fungsi jantung untuk tubuh kita maka merawat kesehatan jantung sangatlah penting. Untungnya buah sawo memiliki banyak nutrisi penting yang berguna meningkatkan kesehatan jantung kita. Di dalam buah sawo terdapat beberapa kandungan serat yang berguna mengurangi kolesterol. Kolesterol yang tinggi sering dikaitkan dengan tingginya risiko penyakit jantung.

3. Membantu meningkatkan kesehatan pencernaan

Berapakah kon pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi buah sawo. Manfaat buah sawo untuk kesehatan ini didapat dari kandungan serat didalamnya yang cukup melimpah serat berfungsi meningkatkan pergerakan usus sehingga membuat pembuangan kotoran menjadi lebih mudah. Selain sisa makanan beberapa zat yang tidak berguna di dalam tubuh bisa dibuang sempurna jika kesehatan pencernaan kita terjaga dengan baik.

4. Sumber energi tubuh

Buah sawo mengandung tinggi gula alami yang sangat baik dalam meningkatkan energi kita secara instan. Mengkonsumsi 2 sampai 3 buah sawo segar akan membantu meningkatkan tenaga anda yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari. Bosan sangat cocok dikonsumsi terutama bagi atlet dan juga orang yang memiliki aktivitas padat. Anda bisa memanfaatkan buah yang satu ini sebagai pengganti minuman berenergi yang tentunya lebih aman.

5. Mengurangi mual saat hamil

Morning sickness atau mual saat hamil merupakan hal yang wajar akan tetapi kondisi ini bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi buah sawo. sawo memiliki kandungan vitamin B yang sangat baik mengurangi morning sickness pada ibu hamil.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil

Buah sawo mengandung tinggi vitamin c yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil dan anak-anak. Kedua kelompok tersebut sangat rentan mengalami gangguan kesehatan sehingga meningkatkan kemampuan sistem imun dalam melawan penyakit mutlak dilakukan. Dengan mengkonsumsi buah sawo akan membantu anda terhindar dari beberapa penyakit seperti flu dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Beberapa virus dan bakteri juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi buah sawo.

7. Meningkatkan kesehatan gigi dan tulang

Buah sawo mengandung tinggi zat besi dan juga fosfor di mana kedua mineral tersebut berperan penting dalam meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Manfaat buah sawo untuk kesehatan yang satu ini cukup diperhitungkan karena kandungan kedua mineral tersebut cukup tinggi di dalam buah sawo. Jika anda memiliki tulang yang kuat maka risiko beberapa penyakit tulang bisa diminimalisir.

8. Mengurangi risiko terjadinya infeksi

Manfaat buah sawo untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meminimalisir terjadinya infeksi. Kandungan kedua vitamin yang sangat penting di dalam buah sawo seperti vitamin A dan C sangat baik dalam menangkal serangan infeksi. Kedua jenis vitamin tersebut bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi virus dan bakteri yang bisa merugikan kesehatan. Mengkonsumsi buah sawo secara rutin dapat mengurangi penggunaan antibiotik.

9. Mencegah penuaan dini

Penuaan adalah proses yang pasti terjadi pada setiap manusia. Akan tetapi kadang penuaan bisa datang lebih cepat dari yang seharusnya. Anda bisa mencegah datangnya penuaan dini dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan termasuk di antaranya adalah buah sawo. Vitamin C dan A dalam buah sawo berperan penting sebagai antioksidan yang menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak sel dan menyebabkan penuaan.

10. Sebagai obat diare alami

Jika anda memiliki masalah dengan di hari tidak ada salahnya menggunakan buah sawo sebagai obat alami caranya cukup mudah anda hanya perlu menggunakan 15 tetes getah dari buah sawo yang masih muda sudah menggunakan sekitar setengah gelas air panas setelah itu minum airnya.

11. Mengobati radang mulut

Selain buahnya ternyata daun dari buah sawo bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati radang mulut untuk melakukannya pertama-tama cuci beberapa lembar daun buah sawo kemudian rebus sekitar10 menit. Tunggu hingga dingin setelah itu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

12. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat puasa untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan mata. Jika anda ingin memiliki mata yang sehat sebaiknya penuhi kebutuhan vitamin a harian anda. Ada beberapa kelompok sayur dan buah yang mengandung vitamin A diantaranya adalah buah naga, buah bit, wortel, dan pepaya. Selain buah dan saya tersebut ternyata buah sawo juga menyediakan vitamin A yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata anda. Vitamin A selain berguna meningkatkan ketajaman mata juga mampu melindungi retina dari kerusakan.

13. Mencegah kanker usus

Serat dalam buah sawo bukan hanya berperan sebagai pencahar alami akan tetapi juga mencegah kanker usus. Memiliki masalah pencernaan yang buruk dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan resiko penyakit kanker usus besar. Hal ini dikarenakan saat pencernaan anda terganggu maka proses pembuangan limbah dan racun dari dalam usus besar akan terhambat. Racun tersebut bisa mengakibatkan penyakit kanker usus. Untuk itulah kenapa sangat penting sekali menjaga kesehatan pencernaan.

14. Baik untuk ibu hamil

Selain memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi kuasamu juga menyediakan asam folat yang sangat baik untuk kesehatan janin dalam kandungan. Bersama dengan zat besi asam folat berguna meningkatkan pembentukan sel darah merah. Anemia pada ibu hamil dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Bukan hanya itu kandungan asam folat di dalam buah sawo berperan penting dalam mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

15. Meningkatkan kesuburan

Asam folat bukan hanya baik untuk ibu hamil akan tetapi juga berguna meningkatkan kesuburan. Bagi anda yang lama belum diberikan momongan sebaiknya mencoba mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi asam folat. Meskipun buah sawo bukan sumber asam folat utama akan tetapi buah ini juga patut diperhitungkan.

16. Mencegah sariawan

Mengkonsumsi buah sawo di saat cuaca panas akan membantu anda mengurangi risiko sariawan. Kandungan vitamin c dan air yang tinggi di dalam buah sawo berguna mengurangi bakteri di mulut kita yang dapat menyebabkan sariawan.

17. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah sawo untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit anda. Buah sawo memiliki vitamin yang lengkap meliputi vitamin A, C dan E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Mencukupi kebutuhan vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel kulit dari kerusakan. Selain itu mencukupi kebutuhan vitamin akan membantu kulit tampak sehat alami.

Manfaat buah sawo untuk kesehatan ternyata sangat banyak jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.