Manfaat Buah Plum Merah untuk Diet yang Sayang Jika Dilewatkan!

manfaat buah plum merah untuk diet

manfaat buah plum merah untuk diet

Manfaat Buah Plum Merah untuk Diet – Apakah Anda tahu buah plum merah? Buah plum merah mempunyai kemiripan bentuk dengan buah apel. Buah plum sendiri adalah jenis tanaman yang berasal dari famili Rosaceae bersama dengan aprikot, persik, dan nektarin.

Mungkin Anda juga belum familiar dengan buah plum merah ini. Wajar saja, karena buah plum merah ini umumnya tumbuh di negara barat seperti Amerika Serikat dan Eropa. Apabila di Indonesia, Anda akan menemukan buah plum dengan warna hijau ke kuning-kuningan.

Namun, tahukah Anda bahwa buah plum merah ini mempunyai banyak sekali manfaat. Manfaat buah plum merah ini didapat dari kandungan buah plum yang terdiri dari serat, kalium, folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan mineral serta senyawa lainnya.

Khasiat buah plum merah yang tinggi seringkali diaplikasikan untuk kesehatan tubuh. Tidak cuma itu, buah ini juga tak jarang diaplikasikan untuk kecantikan terutama pada kulit wajah. Masih ada lagi manfaat buah plum merah yang tidak terduga lho, ternyata buah ini sangat berkhasiat untuk membantu Anda diet.

Penasaran dengan manfaat buah plum merah untuk diet? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Buah Plum Merah untuk Diet yang Perlu Anda Ketahui!

1. Mengurangi Obesitas

Pada 2017 sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Obesity & Therapeutics menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah plum bisa membantu memerangi sindrom metabolik.

Senyawa flavonoid juga bagian senyawa lainnya yang memberikan efek anti obesitas dan anti inflamasi pada sel-sel lemak.

2. Membatasi Gula Darah

Senyawa flavonoid dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam darah dan memberikan proteksi pada resistensi insulin. Oleh karena itu, walaupun buah plum mengandung karbohidrat, buah ini tetap aman dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai keinginan diet gula atau potensi diabetes.

Di dalam buah plum memiliki kandungan yang juga berkhasiat memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh menjadi gula.

manfaat buah plum merah untuk diet

Sumber: https://intisari.grid.id

3. Sumber Antioksidan

Manfaat buah plum lainnya yakni sebagai sumber antioksidan. Kandungan senyawa dalam buah plum seperti fenol bisa menetralkan radikal bebas yang membahayakan bagi tubuh. Senyawa fenol juga bisa mencegah kerusakan oksigen dalam lemak.

4. Melindungi Kesehatan Jantung

Kandungan buah plum yang terdiri dari kalium dan mineral membuat buah plum mempunyai khasiat yang baik untuk jantung. Manfaat yang diberikan mineral dan kalium yaitu seperti memelihara irama jantung, dan kontraksi otot jantung.

5. Mencegah Osteoporosis

Pada studi dari Florida State University dan Oklahoma State University menunjukkan bahwa plum bisa mencegah hilangnya massa tulang yang rentan osteoporosis.

Manfaat buah plum yang satu itu disebabkan adanya mineral boron pada kandungan buah plum. Mineral boron bisa membantu membangun tulang dan otot yang kuat.

Baca Juga: Manfaat Pisang Kepok Rebus untuk Diet Sampai Penderita Diabetes…

6. Mencegah Kanker

Kandungan buah plum yang kaya akan antioksidan bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker akibat masuknya radikal bebas dalam tubuh. Manfaat buah plum ini tidak jarang diaplikasikan sebagai multivitamin antioksidan yang patut dikonsumsi secara rutin.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Terdapat kandungan vitamin C yang alami dan tinggi di dalam buah plum. Dikarenakan kandungannya, buah ini diyakini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan resistensi kepada infeksi dari penyakit tertentu.

8. Mencegah Pembekuan Darah

Buah plum mempunyai kandungan senyawa antioksidan seperti betakaroten dan lutein-zeaxanthin juga vitamin K. Senyawa antioksidan dan vitamin K tersebut bisa membantu sistem peredaran darah agar mencegah pembekuan darah dan melancarkan peredaran darah.

manfaat buah plum merah untuk diet

Sumber: https://www.grid.id

9. Meningkatkan Daya Ingat

Senyawa flavonoid yang ada dalam kandungan buah plum juga efektif dalam memberikan perlindungan kepada gangguan kognitif yang berkaitan dengan usia (neurodegeneratif). Dalam hal ini, buah plum bisa meningkatkan daya ingat pada fungsi belajar dan memori.

10. Mengurangi Kadar Kolesterol

Serat pada buah plum mempunyai kandungan asam propionat yaitu jenis serat tidak larut. Serat pada buah plum ini bisa mengikat asam empedu dan mengeluarkannya lewat kotoran.

Kadar kolesterol dalam tubuh akan berkurang, karena adanya produksi asam empedu baru yang menyebabkan kolesterol mudah terpecah.

Baca Juga: Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil dan Janinnya, Bunda Wajib Tahu!

11. Menghilangkan Kecemasan

Mengonsumsi buah plum secara teratur bisa membantu mengurangi kecemasan. Efek anxiolytic dari antioksidan yang ada dalam buah plum membantu menyembuhkan perasaan cemas dan kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

12. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah disebutkan di atas, buah plum mempunyai banyak serat. Serat yang ada dalam buah plum lambat untuk dicerna oleh tubuh sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Manfaat buah plum ini tidak jarang diperuntukkan untuk diet sehat oleh banyak orang, lho.

13. Meringankan Gejala Influenza

Peneliti dari College of Life dan Ilmu Kesehatan Universitas Chubu, Jepang menunjukkan bahwa kandungan molekul lektin dalam buah plum bisa menghambat gejala dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus influenza A.

Sumber: https://www.njajan.com

14. Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Manfaat buah plum rupanya tidak sampai di situ saja, manfaat lain yang bisa Anda peroleh pada buah plum yakni baik untuk kesehatan ibu hamil.

Kandungan mineral dan vitamin baik untuk kesehatan sel, perkembangan tulang dan jaringan dan penglihatan mata. Selain itu, baik juga untuk mencegah ambeien pada ibu hamil.

15. Melancarkan Pencernaan

Komponen sorbitol dan isatin yang ada pada kandungan buah plum ikut membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Sorbitol dan isatin mempunyai efek pencahar dan mendukung sekresi cairan dalam usus secara efisien.

Baca Juga: Apa Saja Bahaya Makan Tomat Mentah Secara Berlebihan? Wajib Tahu!

16. Menyehatkan Sistem Saraf

Buah plum mengandung vitamin K yang berperan menurunkan risiko kerusakan syaraf pada penderita alzheimer. Adanya vitamin K ini juga bisa meningkatkan fungsi otak pada manusia.

17. Mengurangi Risiko Anemia

Di dalam buah plum terdapat kandungan zat besi tinggi yang menambah daftar manfaat pada buah ini. Apabila dikonsumsi secara rutin, zat besi tersebut membantu mencegah dan mengurangi risiko anemia.

18. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang dibutuhkan oleh mata bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi buah plum. Buah plum mengandung sekitar 5% vitamin A yang cukup tinggi. Dengan begitu, mata Anda tetap terjaga kesehatannya.

19. Menyeimbangkan Elektrolit Tubuh

Senyawa potassium yang tinggi dalam buah plum bisa menyeimbangkan elektrolit pada tubuh. Senyawa ini baik untuk memproteksi sel serta jaringan dalam tubuh dan menyeimbangkan beberapa zat dalam tubuh, sehingga berpengaruh kepada keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

20. Sebagai Perawatan Kulit

Plum kaya akan vitamin C dan vitamin E yang tinggi sehingga bisa menjaga kesehatan kulit. Pada wajah, plum bisa mengurangi bintik-bintik hitam dan kerutan. Namun, tentu juga patut dibarengi dengan cleanser, dan produk perawatan wajah lainnya agar hasil lebih optimal.

Itulah berbagai manfaat baik untuk tubuh yang dimiliki buah plum. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari buah plum ini, sebaiknya Anda mengkonsumsinya secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Makan Tomat Mentah yang Khasiatnya Sayang Jika Dilewatkan!