Manfaat buah pisang untuk kesehatan
image from maxpixel.freegreatpicture.com

12 Manfaat buah pisang untuk kesehatan dan ibu hamil

Posted on
Manfaat buah pisang untuk kesehatan
image from maxpixel.freegreatpicture.com

Manfaat buah pisang untuk kesehatan dan ibu hamil. Buah pisang merupakan salah satu buah yang paling populer di Indonesia. Buah ini sangat mudah sekali dibudidayakan dan harganya pun cukup terjangkau sehingga membuat buah pisang menjadi salah satu sumber nutrisi yang murah. Manfaat buah pisang untuk kesehatan, kecantikan, dan ibu hamil sangat banyak sekali. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya seperti vitamin, mineral, dan serat. Nah bagi anda yang sering mengkonsumsi buah pisang tapi tidak mengetahui manfaatnya mari kita pelajari apa saja manfaat buah pisang untuk kesehatan, kecantikan, dan ibu hamil:

1. Sumber nutrisi yang melimpah

Manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak sekali hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam buah pisang sangat beragam. Beberapa nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, asam folat ,riboflavin, niasin, vitamin A, zat besi, kalium mangan, protein dan serat berkumpul menjadi satu di dalam buah pisang. Hal ini menjadikan pisang menjadi salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan ibu hamil.

2. Mmembantu menurunkan berat badan

Meskipun buah pisang mengandung kalori yang cukup tinggi akan tetapi buah ini tidak akan membuat anda menjadi gemuk jika tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Saat menjalani diet makanan yang padat akan nutrisi sangat dibutuhkan sekali seperti halnya buah pisang. Karena prinsip dari menjalani diet adalah makanan yang kita konsumsi harus berkualitas. Kandungan seratnya yang cukup tinggi juga akan membantu proses diet karena serat akan mencegah sembelit yang pada gilirannya akan mengurangi resiko perut buncit.

3. Menyeimbangkan cairan dalam tubuh

Baca juga  Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Tahu. Yuk, Wajib Baca!

Buah pisang mengandung kalium yang cukup tinggi dimana mineral ini berfungsi menyeimbangkan cairan dalam tubuh kita. Keseimbangan cairan dalam tubuh akan mencegah kita mengalami dehidrasi lebih cepat. Jadi bagi anda yang memiliki aktivitas super padat seperti olahragawan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang untuk mencegah kekurangan cairan.

4. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Buah pisang memiliki beberapa mineral yang sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan tulang di antara mineral tersebut adalah magnesium. Bagi ibu hamil, anak-anak, dan juga para lansia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi magnesium untuk menjaga kesehatan tulang mereka. Hal ini dikarenakan tulang merupakan organ yang sangat penting sekali, terutama bagi para lansia yang biasanya sudah mulai merasakan beberapa gangguan tulang termasuk osteoporosis.

5. Mencegah dan meringankan anemia

Anemia adalah masalah kesehatan yang ditandai dengan pusing, cepat lelah dan tidak bersemangat. Anemia bisa terjadi akibat kurangnya asupan zat besi dari makanan yang kita konsumsi. Diantara manfaat buah pisang untuk kesehatan adalah mencegah anemia. Karena buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup baik. Zat besi membantu pembentukan hemoglobin yang merupakan sel darah merah. Sehingga mencukupi kebutuhan zat besi dari makanan yang anda konsumsi akan menghindarkan anda dari masalah anemia tersebut.

6. Menjadi sumber energi bagi tubuh

Buah pisang memiliki kandungan kalori dan gizi yang sangat melimpah sehingga dapat memberikan suplai energi bagi tubuh kita. Para olahragawan bahkan sering memanfaatkan buah pisang sebagai pendongkrak stamina pengganti minuman berenergi. Selain aman, buah pisang juga tidak menimbulkan efek samping seperti halnya suplemen atau minuman penambah stamina lainnya.

7. Mencegah sembelit

Baca juga  Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Intip Ulasannya Berikut!

Masalah sembelit sering dialami oleh mereka yang kurang asupan serat dan air. Untungnya buah pisang dapat membantu anda mencegah sembelit dengan dua cara. Cara pertama adalah kandungan serat yang dimilikinya akan membantu kelancaran proses pencernaan. Sedangkan cara yang kedua yaitu dengan menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Cairan sangat penting sekali dalam proses pencernaan sehingga dengan mencukupi kebutuhan cairan akan mencegah sembelit.

8. Mencegah cacat tabung saraf pada bayi

Manfaat buah pisang untuk kesehatan ibu hamil yang paling utama adalah mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Kandungan asam folat dalam buah pisang membantu perkembangan tabung saraf bayi pada otak dan sumsum tulang belakang. Hal ini pada gilirannya akan mencegah bayi mengalami cacat. Masalah pada tabung saraf bayi dapat menyebabkan pertumbuhan beberapa organ penting khususnya saraf dan tulang belakang bayi akan terganggu, sehingga akan menyebabkan kelainan atau kelahiran tidak normal.

9. Mencegah keguguran pada ibu hamil

Meskipun mengkonsumsi buah pisang tidak akan menjamin anda tidak mengalami keguguran, akan tetapi penelitian setidaknya mengungkap bahwa mengkonsumsi buah pisang dapat mengurangi resiko keguguran terutama pada awal masa kehamilan. Hal ini disebabkan kandungan asam folat yang tinggi dalam buah pisang membantu mencegah terjadinya keguguran yang sering dialami oleh ibu hamil terutama pada periode awal masa kehamilan.

10. Mencegah stres pada ibu hamil

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat menenangkan ibu hamil yang pada gilirannya akan mencegah stres dan depresi. Stres ataupun depresi sangat mungkin dialami oleh seorang ibu hamil terutama saat pertama kali hamil. Stres dan depresi yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan janin di dalam kandungan. Sehingga bagi para ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjaga manajemen stres yang baik. Selain melakukan berbagai macam aktivitas positif, salah satu cara mencegah stress adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti halnya buah pisang.

Baca juga  Kelebihan Dan Kekurangan Kasur Busa Inoac

11. Mencegah kerusakan otak pada janin

Mengkonsumsi buah pisang yang mengandung tinggi asam folat berguna mencegah kerusakan otak pada bayi. Otak merupakan organ yang sangat penting sekali sehingga menjaga kesehatannya sangat perlu dilakukan tidak terkecuali pada saat bayi di dalam kandungan.

12. Mencegah anemia

Anemia atau kekurangan darah merah sebenarnya adalah penyakit yang tidak berbahaya akan tetapi kondisi ini akan berakibat kurang baik bagi ibu hamil. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kadar hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh seorang wanita hamil dapat meningkatkan resiko Abortus atau pendarahan pasca melahirkan. Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia dan masalah kesehatan lainnya.