Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil. Yuk, Intip Penjelasannya!

manfaat buah pir untuk ibu hamil1

manfaat buah pir untuk ibu hamil

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil – Pir yaitu salah satu buah yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Buah ini mempunyai rasa manis dan menyegarkan, serta mempunyai tekstur yang khas.

Selain lezat, sederet manfaat juga dimiliki buah pir bagi siapa saja yang mengonsumsinya, termasuk ibu hamil. Buah pir lazimnya dapat dikonsumsi langsung sesudah dicuci, dicampur dengan yoghurt, dibuat menjadi salad buah dan rujak, sampai diolah menjadi jus atau smoothie.

Sekitar 120 ml air dan 85–100 kalori terdapat dalam satu buah pir berukuran sedang. Selain itu, dalam satu buah pir juga terkandung aneka nutrisi yang baik bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan, yaitu: 25–27 gram karbohidrat, 6–6,5 gram serat, 0,5–1 gram protein, 6,5 miligram vitamin C, 250 miligram kalium, 5 mikrogram vitamin K.

Vitamin dan mineral lain dalam jumlah sedikit seperti tembaga, vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, magnesium dan folat juga terkadung pada buah pir. Selain itu, antioksidan yang terkandung pada buah pir baik untuk menangkal bahaya radikal bebas.

Karena kandungan gizinya yang berbagai macam, tidak heran apabila tersimpan berbagai manfaat buah pir untuk ibu hamil. Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat buah pir untuk ibu hamil yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

1. Mencegah dan Mengatasi Wasir

Sembelit yaitu salah satu keluhan yang biasa dialami oleh ibu hamil. Sembelit ketika hamil dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari perubahan hormon, rahim yang membesar, kurang minum air putih, sampai kurangnya asupan serat.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah dan meringankan wasir pada ibu hamil yaitu dengan mengonsumsi asupan kaya serat. Nah, asupan tinggi serat ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi sayur dan buah, salah satunya yaitu buah pir.

manfaat buah pir untuk ibu hamil

Sumber: https://www.alodokter.com

2. Meringankan Gejala Morning Sickness

Buah pir mengandung berbagai macam vitamin B. Vitamin B3 berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan meredakan migrain, sedangkan vitamin B6 berperan penting dalam mendukung perkembangan fungsi otak dan sistem syaraf bayi.

Tidak hanya itu, kedua vitamin tersebut juga mampu meringankan mual dan muntah atau morning sickness selama masa kehamilan.

3. Mencegah Kram Ketika Hamil

Kekurangan mineral seperti kalium dan magnesium dapat menyebabkan keluhan kram kaki yang kerap dialami ibu hamil. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, ibu hamil perlu banyak mengonsumsi sayuran hijau dan buah segar seperti pir dan pisang, yang mengandung nutrisi tersebut.

Kalium juga mampu menyeimbangkan kadar elektrolit dan cairan dalam tubuh, sehingga organ tubuh dapat berfungsi dengan normal. Sementara itu, peran penting magnesium yang terkandung pada buah pir dapat mendukung relaksasi otot sehingga ibu hamil tidak sering kram.

4. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Vitamin C dalam buah pir berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Serta melindungi sel-sel tubuh ibu hamil, dan bayi dalam kandungan dari bahaya radikal bebas. Vitamin ini juga baik untuk membantu peresapan zat besi, sehingga ibu hamil tercegah dari anemia.

Selain itu, kandungan vitamin C dan zat tembaga dalam buah pir juga berfungsi untuk mendukung perkembangan jaringan tulang, otot, dan kulit pada ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

5. Mencegah Bayi Terlahir Cacat

Buah pir juga mengandung folat yang penting bagi tumbuh kembang bayi dalam kandungan dalam rahim. Asam folat untuk ibu hamil baik untuk mendukung produksi sel darah merah, membantu perkembangan syaraf otak, dan sumsum tulang belakang bayi dalam kandungan.

Dengan demikian, bayi dalam kandungan dapat terhindar dari risiko cacat tabung syaraf dan risiko komplikasi kehamilan lainnya.

6. Mencegah Dehidrasi Ketika Hamil

Sering muntah dan sulit makan atau minum ketika hamil dapat membuat tubuh ibu hamil rentan kekurangan cairan atau dehidrasi. Nah, Bumil dapat memperbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi, mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti buah pir atau makan dalam porsi sedikit tetapi sering.

Sebelum dikonsumsi, buah pir semestinya dicuci terlebih dahulu sampai bersih. Agar lebih awet, Bumil juga dapat mencuci buah pir lalu menaruhnya di wadah yang bersih dan meletakkannya di dalam kulkas. Biasakan untuk selalu mencuci sayuran dan buah segar sebelum dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan buah dan sayuran yang kumal dapat saja mengandung bakteri. Sehingga dapat menyebabkan ibu hamil mengalami keracunan makanan, atau parasit membahayakan penyebab penyakit toksoplasmosis.

Untuk mendapatkan seluruh manfaat buah pir untuk ibu hamil, konsumsilah buah pir dalam porsi yang cukup, yaitu sekitar 1 atau 2 buah per hari. Jangan lupa juga untuk menggunakan pola makan bergizi seimbang.

Jika ingin tahu lebih jauh mengenai jumlah asupan buah pir yang ideal ketika hamil, Bumil dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter ahli nutrisi.

Baca Juga: Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil. Yuk, Intip Ulasan Lengkapnya!