10+ Manfaat buah pinang muda serta efek sampingnya untuk kesehatan

Manfaat buah pinang muda
Manfaat buah pinang muda
image pixabay.com

Manfaat buah pinang muda untuk kesehatan dan kecantikan serta efek samping yang ditimbulkannya yang perlu Anda ketahui.

Pinang merupakan salah satu buah yang menjadi ciri khas di Nusa tenggara dan Maluku. Buah ini telah diyakini memiliki banyak kegunaan sehingga sering dikonsumsi oleh masyarakat setempat.

Bahkan buah pinang sering dikait-kaitkan dengan kemampuannya dalam meningkatkan kesuburan meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi klaim ini.

Buah pinang memiliki nama yang berbeda-beda tergantung dari asalnya, misalnya saja di daerah Aceh buah ini dinamakan sebagai Pineung. Sedangkan di daerah seperti Maluku dan Nusa tenggara buah pinang sering disebut sebagai bua atau pua.

Biasanya buah pinang digunakan sebagai campuran untuk mengunyah sirih. Selain itu, biji buah pinang ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pewarna merah alami.

Manfaat buah pinang mudah

Dari sedikit ulasan mengenai buah pinang di atas mungkin anda bertanya-tanya sebenarnya apa saja manfaat buah pinang muda?. Berikut daftar manfaat buah pinang yang kami rangkum khusus buat pembaca cara profesor:

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Diantara manfaat buah pinang muda adalah kemampuannya dalam mengobati atau mengatasi masalah pencernaan. Bahkan buah pinang ini sering dikaitkan dengan kemampuannya dalam mengatasi masalah seperti susah buang air besar. Bagi Anda yang sedang mengalami kesulitan BAB tidak ada salahnya menggunakan ramuan buah pinang muda.

Meskipun terlihat sepele sulit buang air besar terkadang dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti kanker usus besar.

2. Menghentikan pendarahan

Manfaat buah pinang muda yang tidak kalah baik adalah membantu mengurangi atau mencegah pendarahan. Saat dikonsumsi sebagai ramuan dengan cara direbus buah pinang bisa berguna untuk menghentikan pendarahan pada luka. Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa menerapkan buah pinang yang sudah dihancurkan ke bagian kulit yang terluka.

3. Meningkatkan kesehatan gigi

Pinang muda dipercaya dapat meningkatkan kesehatan gigi dengan melindunginya dari kerusakan. Bahkan kemampuan buah pinang ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian di mana dalam penelitian tersebut buah pinang ternyata memiliki kemampuan mencegah bakteri menempel di gigi. 

Manfaat buah pinang muda ini lebih didominasi karena aktivitas antimikroba dan antibakteri yang dimilikinya. Mengkonsumsi buah pinang secara rutin sangat baik tentunya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

4. Menghilangkan bau mulut

Aktivitas antibakteri dan antimikroba dari buah pinang ternyata bukan hanya baik untuk kesehatan gigi tetapi juga mulut. Mengunyah pinang diketahui mampu menghilangkan bau mulut secara alami dan pastinya aman dibandingkan menggunakan obat kumur berbahan kimia.

Manfaat buah pinang muda untuk mulut ini patut dicoba terutama bagi mereka yang sering mengeluh mengalami bau pada mulut. Cara menghilangkan bau mulut dengan buah pinang sangat mudah anda bisa mengkonsumsi nya langsung sebagai ramuan atau mengunyah buah pinang muda.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat buah pinang muda bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga kecantikan kulit wajah anda. Bahkan buah pinang dipercaya mampu mengatasi jerawat dan menghilangkan kelebihan minyak di wajah. 

Selain itu buah pinang muda dipercaya juga cukup baik untuk menjaga agar kulit tetap awet muda. Jadi buah yang satu ini memiliki banyak sekali kegunaan dibandingkan hanya sekedar sebagai pewarna merah alami. 

6. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat buah pinang muda yang satu ini sangat dirasakan oleh anak-anak, terutama bagi mereka yang sangat sulit sekali makan. Selain untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa memanfaatkan buah pinang untuk meningkatkan nafsu makan mereka. 

Nafsu makan yang baik juga sangat penting sekali untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Terutama bagi mereka yang sering kehilangan nafsu makan.

7. Meningkatkan vitalitas pria dewasa

Manfaat buah pinang ini patut dicoba terutama bagi mereka yang sering mengeluh mengenai turunnya vitalitas. Selain itu konsumsi buah pinang juga mampu meningkatkan kinerja jantung sehingga dapat bekerja dengan optimal.

Hal ini juga sangat penting sekali untuk meningkatkan vitalitas pria. Jadi bagi Anda yang penasaran mengenai manfaat pinang yang satu ini bisa mencobanya langsung.

8. Mengencangkan organ kewanitaan

Manfaat buah pinang muda yang tidak kalah menarik adalah kemampuannya dalam mengencangkan organ kewanitaan secara alami. Tentunya buah pinang ini bisa bekerja cukup baik dan pastinya aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

9. Mengatasi glaukoma

Glaukoma merupakan salah satu gangguan pada mata yang dapat menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani. Untungnya diantara manfaat buah pinang muda dan tua adalah membantu mengatasi masalah glaukoma tersebut. 

Manfaat buah pinang ini didapat dari kemampuannya dalam menstimulasi sistem saraf pusat yang pada akhirnya akan mengobati atau meringankan glaukoma.

10. Mengatasi cacingan

Masalah cacingan bukan hanya dialami oleh anak-anak tetapi terkadang juga orang dewasa sekalipun. Meskipun terdengar sepele masalah cacingan ini bisa menjadi cukup mengganggu terutama bagi anak-anak.

Hal ini dikarenakan cacing yang menjadi parasit di dalam tubuh akan menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. 

11. Mencegah keputihan

Di antara masalah kesehatan yang sering mengganggu wanita adalah munculnya keputihan. Masalah Miss v ini selain mengganggu terkadang juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Untungnya salah satu kegunaan dari buah pinang adalah membantu menyingkirkan keputihan. Selain membantu mengobatinya buah pinang juga dapat mencegahnya muncul kembali. Baca juga

Efek samping buah pinang

Dibalik manfaatnya yang banyak ternyata buah pinang juga memiliki efek samping yang perlu Anda waspadai. Lantas apa saja efek samping buah pinang tersebut?. Mari simak artikel di bawah ini:

Di dalam buah pinang sendiri terdapat beberapa zat psikoaktif seperti halnya yang terkandung dalam kafein, alkohol, atau nikotin. Jadi jika buah pinang dikonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan masalah seperti mual muntah dan detak jantung yang tidak stabil.

Selain itu, bagi ibu hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi buah pinang karena dikhawatirkan efek samping tersebut akan mengganggu kehamilannya. Kecuali jika sudah mendapat izin dari dokter.

Selain dapat meningkatkan kesehatan gigi buah pinang ternyata juga dapat merubah warna gigi Anda sehingga membuatnya menjadi kurang bersih. Selain itu, efek samping buah pinang lainnya adalah meningkatkan risiko penyakit jantung dan sindrom metabolik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jadi cobalah untuk lebih bijak dalam menggunakan buah pinang tersebut dan jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Demikian tadi informasi mengenai manfaat buah pinang muda serta efek sampingnya yang perlu Anda ketahui. Bagaimana apakah anda tertarik untuk mengkonsumsinya?

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →