Manfaat Buah Pepino dan Cara Pembibitan-nya

Posted on

Manfaat Buah Pepino tak semua orang tau, sebagian orang menjadikan pepino menjadi tumbuhan hias. Tetapi terdapat pula yang memakainya selaku obat. Khasiat buah pepino dikatakan sanggup menanggulangi maag, kolesterol besar, serta hipertensi.

Apa itu buah pepino?

Pepino merupakan buah asli dari daerah Andes, Amerika Selatan, dengan nama latin Solanum muricatum. Buah ini masih tercantum dalam keluarga terung- terungan. Dimensi buah pepino yang ditanam di Indonesia umumnya sebesar ubi jalar, serta berupa bundar ataupun lonjong semacam telur. Warna kulitnya kuning dengan belang- belang ungu ataupun kecokelatan. Sedangkan rasa buah pepino menyegarkan sebab isi air yang besar, serta aromanya sangat harum.

Manfaat dan Pembibitan Buah Pepino Ungu

manfaat buah pepino

Dikala dibelah, warna daging buah pepino mirip dengan melon. Tetapi teksturnya sedikit lebih keras semacam mentimun.

Isi nutrisi serta Manfaat buah pepino

Pada tahun 2005, Laboratorium Uji Teknologi Pangan serta Hasil Pertanian UGM sudah mempelajari isi nutrisi dalam buah pepino. Nyatanya terdapat bermacam- macam komponen efektif berikut ini di dalamnya:

  • Vit C
  • Protein
  • Serat
  • Lemak
  • Beta- karoten

Bisa jadi Kamu telah ketahui kalau vit C serta beta- karoten yang tersimpan dari santapan utuh, semacam sayur- mayur serta buah- buahan, mempunyai khasiat yang sangat besar buat kesehatan. Tidak terkecuali buah pepino.

Apa sajakah khasiat buah pepino tersebut?

Menolong dalam mengelola kandungan gula darah

Ekstrak pepino mempunyai dampak antioksidan, antiperadangan, serta antiglikasi. Perihal ini menjadikan pepino selaku buah yang baik buat membatasi pertumbuhan diabet. Khasiat buah pepino ini pula dibuktikan lewat riset tertentu yang diterbitkan dalam Journal of the Science of Food and Agriculture.

Menyembuhkan tekanan darah tinggi

Khasiat buah pepino yang lain merupakan menolong buat menyembuhkan hipertensi. Dalam sesuatu riset, dikenal kalau susu pepino yang difermentasi dengan Lactobacillus brevis bisa membagikan dampak antihipertensi serta antiradang.

Sepanjang uji coba, tikus- tikus yang diberi susu pepino yang difermentasi tersebut menampilkan penyusutan tekanan darah sistolik yang signifikan. Dari sinilah, para periset berkesimpulan kalau buah fresh ini berpotensi selaku konsumsi sehat.

Membatasi penyebaran kanker

Nyatanya buah pepino pula bisa membatasi penyebaran kanker ataupun metastasis. Ketahuilah kalau pemicu utama dari kematian pada penderita kanker merupakan menyebarnya sel- sel kanker ke bagian badan lain, yang susah buat dikendalikan.

Suatu riset memperlihatkan kalau penyembuhan dengan buah pepino bisa membatasi pembuatan tumor paru- paru. Sedangkan riset lain menampilkan kalau buah ini tidak cuma sanggup membatasi perkembangan tumor, tetapi pula memicu sistem imunitas badan.

Panduan komsumsi buah pepino

Sehabis mengenali khasiat buah pepino, Kamu pula butuh ketahui metode komsumsi supaya lebih nikmat serta membagikan manfaat maksimal. Berikut panduan yang dapat Kamu perhatikan:

  • Dinginkan buah saat sebelum dimakan. Buah pepino yang dingin pasti hendak lebih nikmat serta menyegarkan.
  • Dikala membuat es buah, Kamu dapat memilah pepino selaku pengganti melon ataupun blewah.
  • Walaupun keras, kulit buah pepino nyaman buat dimakan. Tetapi bila tidak menyukainya, Kamu dapat mengupasnya saat sebelum disantap.
  • Simpan buah pepino yang masih mentah pada temperatur ruangan supaya kilat matang.
  • Taruh buah pepino yang telah matang dalam kantong plastik saat sebelum dimasukkan ke kulkas. Buah ini cuma bisa bertahan sepanjang 3 hari dalam kulkas.

Panduan menaruh serta komsumsi buah pepino lumayan gampang, bukan? Tidak hanya memperoleh kesegaran, khasiat buah pepino pula tidak kalah bagusnya dengan buah- buah lain.

Buat lebih amannya, Kamu pula dapat bertanya terlebih dahulu dengan dokter. paling utama untuk Kamu yang mempunyai keadaan kedokteran tertentu. Dengan ini, manfaat buah pepino dapat Kamu miliki seara maksimal. Selamat berupaya!

Cara Budidaya Buah Pepino

Pembibitan Buah Pepino

Pembibitan tumbuhan pepino bisa dicoba dengan metode vegetatif. Perihal ini dicoba sebab keahlian germinasi biji pepino sangat kurang baik, sehingga kerap tidak dapat berkembang dengan baik, apalagi kandas berkembang sama sekali. Dengan metode vegetatif, tunas yang telah terdapat calon akarnya dipisah dalam polybag serta diperlakukan spesial. Sehabis disemai, tunas tersebut hendak berkembang dalam waktu 2 sampai 3 pekan.

Perawatan Buah Pepino

Perawatan tumbuhan buah pepino cenderung gampang sebab tidak sangat banyak membutuhkan air. Sehabis tumbuhan berusia 1 bulan, tumbuhan hendak mulai berbunga.

Pengendalian Hama serta Penyakit Tumbuhan Buah Pepino

Hama yang kerap melanda tumbuhan buah pepino ialah ulat serta belalang pemakan daun. Pengendalian hama tersebut dilekukan dengan membagikan pestisida organik. Sebaliknya, pengendalian gulma serta penyakit bisa dicoba dengan pemakaian plastik mulsa.

Masa Panen Buah Pepino

Pemanenan buah pepino bisa dicoba sehabis tumbuhan berusia 3 ataupun 4 bulan. Terdapat 2( 2) tipe buah pepino ialah bercorak putih bersih serta bercorak ungu, buah yang matang baunya harum semacam melon. Tetapi sayangnya, umur tumbuhan buah pepino tidak bertahan lama kerena Sehabis menggapai 1 tahun, wajib ditukar dengan bibit baru. Sekian pembahasan kali ini tentang ” Manfaat Buah Pepino dan Cara Pembibitan-nya ” semoga dapat bermanfaat !