10 Manfaat buah naga untuk kecantikan kulit wajah dan rambut

Buah
Manfaat buah naga untuk kecantikan
image from pexels.com

Manfaat buah naga untuk kecantikan kulit wajah dan rambut serta cara membedakan buah naga alami dan buah naga yang tidak normal. Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Sekilas tentang buah naga

Pada awalnya buah naga berasal dari negara Meksiko dan Amerika selatan kemudian banyak dibudidayakan di beberapa negara termasuk Vietnam, taiwan, Australia, dan Israel di Indonesia sendiri buah naga juga sudah mulai banyak dibudidayakan. Buah ini memiliki bentuk bulat dengan kulit yang terdapat sirip seperti naga sehingga membuatnya disebut sebagai buah naga. Ada tiga jenis buah naga yaitu buah naga merah buah naga putih dan buah naga kuning. Dari ketiga jenis buah naga tersebut buah naga merah dan putih menjadi yang paling populer. Setelah sebelumnya kita membahas mengenai manfaat buah naga merah untuk kesehatan sekarang kita mencari tahu manfaat atau kegunaan buah naga untuk kecantikan kulit wajah. Apa saja manfaatnya? mari simak ulasannya berikut ini:

Manfaat buah naga untuk kecantikan kulit dan rambut

1. Meningkatkan elastisitas kulit

Diantara manfaat buah naga untuk kecantikan adalah kemampuannya dalam meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit menjadi lebih terlihat kenyal dan tidak mudah kendur. Hal ini dikarenakan di dalam buah naga terdapat vitamin C yang berperan penting dalam menciptakan kolagen (sebuah protein yang menyusun berbagai macam sel di tubuh kita). Anda bisa mengkonsumsi buah naga secara langsung untuk mendapatkan manfaatnya tersebut atau membuatnya menjadi sebuah jus.

2. Mencerahkan kulit secara alami

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga bukan hanya dapat meningkatkan elastisitas kulit, tetapi juga mencerahkan kulit anda secara alami. Memiliki kulit yang cerah tampaknya menjadi idaman hampir semua wanita di Indonesia. Karena di indonesia tersendiri kulit secara alami menjadi salah satu simbol kecantikan. Daripada anda menghabiskan banyak uang untuk membeli produk kecantikan yang mahal dan belum tentu keamanannya anda bisa memanfaatkan buah naga sebagai masker wajah. Berikut cara mencerahkan kulit wajah menggunakan buah naga:

  • Pertama haluskan buah naga menggunakan blender.
  • Kemudian tambahkan susu secukupnya.
  • Gunakan sebagai masker wajah dan diamkan selama kurang lebih setengah jam.
  • Jika sudah selesai angkat dan bersihkan wajah anda dengan air.

3. Mencegah penuaan dini

Munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah merupakan diantara tanda-tanda penuaan pada kulit. Meskipun penuaan tidak dapat dihindari akan tetapi bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti buah naga. Kandungan antioksidan dari vitamin C dan beberapa senyawa penting lainnya di dalam buah naga dapat menghindarkan anda dari penuaan dini. Mengkonsumsi buah naga secara langsung atau membuatnya sebagai masker wajah bisa membantu anda terhindar dari munculnya tanda-tanda penuaan.

4. Melembabkan kulit secara alami

Buah naga memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Salah satu manfaat buah naga untuk kecantikan wajah anda adalah menjaga kelembaban kulit secara alami. Kulit yang lembab secara alami dapat memastikan kesehatannya sehingga terhindar dari minyak berlebih. Untuk mendapatkan kulit sehat tersebut anda bisa mengkonsumsi 1 buah naga setiap hari di pagi hari sebelum sarapan. Pastikan anda memilih buah naga organik yang belum tercemar oleh pestisida ataupun zat berbahaya lainnya yang biasanya disuntikkan pada buah naga.

5. Membantu mencegah munculnya jerawat di wajah

Kandungan berbagai macam vitamin dalam buah naga seperti vitamin C berguna mencegah munculnya jerawat di wajah. Untuk melakukannya anda bisa memanfaatkan buah naga sebagai masker wajah. Caranya cukup mudah ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Ambil beberapa potong buah naga kemudian masukkan ke dalam blender.
  • Haluskan buah naga tersebut kemudian tambahkan sedikit perasan lemon.
  • Jika kulit anda sensitif dengan lemon anda bisa menggantinya dengan madu.
  • Terapkan ke kulit wajah anda secara merata dan diamkan selama kurang lebih setengah jam.
  • Jika sudah selesai angkat kemudian bersihkan wajah anda.

6. Bantu menurunkan berat badan

Dianugerahi wajah yang cantik rasanya kurang lengkap jika memiliki berat badan berlebih. Memiliki berat badan berlebih selain membuat seseorang wanita kurang menarik juga dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Karena buah naga memiliki kandungan serat dan berbagai macam nutrisi penting lainnya sehingga membuatnya sangat baik digunakan sebagai buah untuk diet sehat. Anda bisa mengkonsumsi 1 buah naga berukuran besar sebelum sarapan di pagi hari untuk membantu menstabilkan berat badan anda.

7. Mengurangi bintik hitam di wajah

Memiliki bintik hitam di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Bintik hitam bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti penggunaan parfum bekas jerawat dan juga sengatan sinar matahari. Ada cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan mudah yaitu menggunakan buah naga. Untuk melakukannya anda hanya perlu mencampurkan buah naga dengan lemon seperti pada point nomor 5. Manfaat buah naga untuk kecantikan tersebut bisa anda dapat dengan menerapkan nya secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu.

8. Melindungi wajah dari sengatan sinar matahari

Bagi anda yang memiliki aktivitas di luar rumah pasti tidak akan bisa menghindari sengatan sinar matahari di kulit wajah anda. Padahal sengatan sinar matahari Bisa mengakibatkan banyak masalah kecantikan termasuk munculnya flek hitam di wajah. Untungnya salah satu manfaat buah naga untuk kecantikan adalah membantu kulit anda melawan sengatan sinar matahari tersebut. Bagi anda yang tertarik menggunakan buah naga sebagai masker wajah mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengupas 1 buah naga berukuran sedang. Potong menjadi beberapa bagian kemudian haluskan menggunakan blender. Tambahkan beberapa yoghurt ke dalam jus buah naga tersebut kemudian aduk hingga merata. Oleskan ke seluruh wajah anda hingga hampir semua bagian wajah tertutupi kecuali mata. Diamkan selama kurang lebih setengah jam setelah itu bersihkan seperti biasa.

9. Menutrisi kulit dari dalam

Berbagai macam vitamin dan antioksidan penting yang terdapat dalam buah naga memiliki banyak kegunaan untuk kecantikan kulit. Mengkonsumsi buah naga secara rutin dapat membuat kulit anda tampak bersinar alami dan terbebas dari kerutan. Selain itu vitamin C juga dapat membantu peremajaan kulit akibat dari regenarasi sel yang berjalan lancar. Jadi bisa dikatakan buah naga menjadi salah satu paket lengkap untuk kesehatan dan kecantikan kulit anda.

10. Menjaga kesehatan rambut kesehatan rambut

Manfaat buah naga untuk kecantikan yang terakhir adalah menjaga kesehatan rambut anda. Selain karena kandungan berbagai macam nutrisi penting seperti vitamin dan mineral, ternyata buah naga juga memiliki kandungan protein yang dapat membantu kekuatan rambut anda. Kandungan antioksidan dan juga beberapa enzim dalam buah naga dapat membuat rambut tampak lebih halus dan sehat secara alami.

Tips memilih buah naga yang sehat

Sebelum mengkonsumsi buah naga sebaiknya anda memilih jenis buah naga yang sehat yang terhindar dari suntikan hormon yang dapat membahayakan kesehatan. Nah, ada beberapa ciri-ciri khusus buah naga yang sehat diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ciri-ciri buah naga yang sehat yang pertama adalah ukurannya tidak terlalu besar yaitu sekitar satu genggaman tangan. Secara umum buah naga memang memiliki bentuk yang tidak begitu besar karena buah naga yang terlalu besar biasanya sudah ditambahkan hormon tertentu.
  2. Berat buah naga tidak sampai 1 kg. Meskipun ini tidak mutlak akan tetapi secara umum buah naga jarang yang memiliki berat hingga 1 kilogram atau lebih karena rata-rata berat buah naga normal hanya sekitar 6 sampai 7 ons aja.
  3. Buah naga yang sudah masak biasanya memiliki rasa manis yang merata dengan daging buah yang merah mendekati keunguan. Warnanya juga merata dan tidak belang.
  4. Buah naga yang alami biasanya memiliki kemampuan bertahan di suhu ruangan lebih baik. Sehingga biasanya buah naga ini tidak mudah busuk meskipun ditaruh pada suhu kamar.
  5. Memiliki kulit yang lebih tipis dan sirip yang lurus.

Ciri-ciri buah naga yang tidak normal

  1. Memiliki ukuran terlalu besar biasanya lebih dari 1 kg
  2. Rasa manis dalam daging buah naga biasanya tidak merata alias hanya sebagian saja.
  3. Kulit buah naga memiliki warna pink
  4. Memiliki kulit tebal dan sirip yang lebih keriting atau melengkung

Demikian tadi beberapa informasi mengenai manfaat buah naga untuk kecantikan kulit wajah dan rambut. Semoga dapat menambah wawasan Anda.