Manfaat Buah Naga Ungu yang Wajib Anda Dapatkan. Yuk, Intip!

manfaat buah naga ungu

manfaat buah naga ungu

Manfaat Buah Naga Ungu – Apakah Anda pecinta buah naga? Karena bentuknya yang unik, buah naga termasuk buah yang paling mudah dikenali. Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini mulanya berawal dari kaktus yang kemudian berbunga dari sore lalu menjadi layu di pagi hari.

Bunga buah naga seringkali mendapat julukan moonflower atau Queen of The Night karena keindahan bunganya. Tidak berhenti disitu, biasanya buah naga mempunyai tampilan kulit yang berwarna merah (sekali-sekali kuning) dengan daging buah yang berwarna merah keunguan atau putih dengan biji-biji hitam.

Selain itu, buah yang mempunyai nama latin Hylocereus undatus ini rendah kalori. Meskipun begitu, buah ini tetap tinggi nutrisi seperti vitamin B dan C, kalsium, fiber, fosfor, protein, captin, dan antioksidan. Itulah sebabnya buah naga bisa memberikan Anda manfaat untuk kesehatan.

Di balik rasa segarnya dan warnanya yang cerah, segudang manfaat untuk kesehatan ternyata tersimpan pada buah naga. Manfaat buah naga sangatlah sayang untuk dilewatkan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, sampai membantu mencegah kanker.

Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat buah naga ungu yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Buah Naga Ungu untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

1. Meredakan Penyakit Kronis

Berbagai jenis penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan arthritis dapat diredakan dengan dibantu buah naga yang kaya akan antioksidan ini. Antioksidan akan bekerja dengan lebih baik jika didapat secara alami dari makanan, dibandingkan dari suplemen atau obat.

2. Kaya akan Serat yang Baik untuk Tubuh

Serta tidak hanya terkait dengan kesehatan pencernaan saja, lho. Serat juga berperan penting untuk melindungi tubuh dari kondisi lain seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan menjaga berat badan ideal.

3. Memelihara Saluran Pencernaan

Salah satu manfaat buah naga yang bisa Anda dapatkan adalah menyehatkan saluran pencernaan. Buah naga berguna untuk kesehatan saluran pencernaan dengan membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi juga diatur dari jenis makanan yang Anda konsumsi. Buah naga memiliki vitamin C dan keratinoid yang bisa mencegah infeksi dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dengan cara melindungi sel darah putih dari kerusakan.

manfaat buah naga ungu

Sumber: https://www.bola.com

5. Meningkatkan Kadar Zat Besi di Tubuh

Salah satunya buah yang mengandung zat besi yaitu buah naga. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mencerna makanan untuk dijadikan sebagai sumber energi.

6. Sumber Magnesium

Buah naga mempunyai kandungan magnesium yang terhitung tinggi. 18% kebutuhan magnesium harian untuk tubuh bisa terpenuhi dengan mengonsumsi satu buah naga berukuran sedang seberat sekitar 100 gram.

Untuk proses biokimia yang berlangsung di tubuh, magnesium dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, mineral ini juga disebut bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Membatasi Gula Darah

Kandungan serat yang ada pada buah naga, membuatnya baik untuk penderita diabetes jenis 2. Serat akan membantu perut merasa kembung lebih lama, sehingga Anda bisa membatasi konsumsi makanan. Selain itu, buah naga juga dievaluasi efekti untuk menurunkan kadar gula darah.

8. Baik untuk Jantung

Resiko Anda terkena serangan jantung dan stroke bisa dikurangi dengan mengonsumsi buah naga. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan yang ada di dalam buah naga.

Selain itu, biji buah naga juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh karena mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6.

9. Mencegah Kanker

Karena kandungan vitamin C dan lycopene di dalamnya, buah naga juga diandalkan mencegah kanker. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada buah naga juga ternyata membantu mengurangi sel-sel kanker yang ada di tubuh.

10. Baik untuk Kesehatan Kulit

Buah naga berguna untuk kesehatan kulit yaitu mengatasi jerawat dan mengurangi kerutan serta kulit kering. Manfaat tersebut didapat dari vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Buah naga juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal paparan radikal bebas berlebih yang sering menjadi penyebab penuaan dini.

11. Mengurangi Peradangan di Tubuh

Bagi Anda yang menderita nyeri kronis akibat rheumatoid arthritis, mengonsumsi buah naga dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan yang terjadi. Zat anti peradangan terkandung pada buah ini yang juga bekerja sebagai pereda nyeri alami.

Meskipun demikian itu, buah naga tidak akan menghilangkan nyeri kronis secara sempurna. Buah ini hanya membantu meredakannya.

manfaat buah naga ungu

Sumber: https://www.klikdokter.com

12. Baik untuk Kesehatan Tulang

Buah naga ungu dan buah naga warna lainnya bermanfaat untuk kesehatan tulang. Manfaat tersebut didapat karena adanya kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium ternyata penting untuk menjaga tulang supaya tetap kuat.

13. Sumber Vitamin B

Buah naga mengandung vitamin B1, B2, dan B3 diandalkan bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Selain itu, kadar hemoglobin juga dapat terjaga dengan baik dengan vitamin B, dan juga menjaga fungsi kelenjar tiroid serta berperan dalam metabolisme karbohidrat.

14. Baik untuk Kesehatan Rambut

Mengonsumsi buah naga, bisa membantu menjaga rambut supaya tetap sehat dan berkilau. Buah naga juga mengandung nutrisi yang akan membantu mengurangi kerusakan rambut yang timbul akibat bahan kimia dari pewarna rambut.

15. Mencegah Penyakit Mata

Buah naga disebut bisa mencegah pertumbuhan protein sitokrom P450 di hati. Protein ini, sering dikaitkan dengan terjadinya glaukoma kongenital.

Selain itu, kandungan beta karoten pada buah naga juga diandalkan bisa membantu mencegah terjadinya degenerasi makula (gangguan medis pada mata, yang biasa menyerang lansia) dan katarak.

16. Baik untuk Ibu Hamil

Untuk ibu hamil, buah naga sangat baik karena mengandung zat besi, vitamin B, dan folat. Pada ibu hamil, zat besi berguna untuk mencegah anemia. Sementara itu, vitamin B dan folat bisa mencegah bayi cacat ketika lahir dan meningkatkan energi.

17. Meningkatkan Kerja Otak

Terakhir, buah naga ternyata juga berguna untuk meningkatkan kerja otak. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin C dan vitamin B dalam buah naga. Kedua vitamin tersebut, diandalkan bisa membantu sel membran tetap sehat.

Aktivitas vitamin tersebut di tubuh juga bisa membantu mencegah terjadinya gangguan kognitif dan menjaga fungsi otak supaya tetap sehat.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui. Check It!