manfaat buah murbei

19 Manfaat buah murbei untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

manfaat buah murbei
image from thewoksoflife.com

Manfaat buah murbei untuk kesehatan dan informasi kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat melimpah. Mulberry atau yang sering disebut juga murbei di Indonesia merupakan salah satu jenis buah yang masuk dalam keluarga berry. Dalam bahasa latin buah murbei biasa disebut dengan morus alba di mana buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dari kandungan nutrisi di dalamnya.

Tanaman dari buah murbei disebut tersebut berasal dari cina di mana buah ini bisa tumbuh hingga ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Tanaman dari buah murbei biasanya memiliki tinggi maksimal sekitar 9 meter. Buah murbei juga memiliki beberapa variasi seperti berwarna ungu tua, ungu, putih kemerahan dan putih. Setelah sebelumnya kita membahasa mengenai manfaat buah strawberry untuk kesehatan kita akan sedikit mengulas manfaat saudaranya yaitu murbei. Berikut selengkapnya mengenai manfaat buah murbei dan kandungan nutrisi di dalamnya

1. Sumber zat besi

Mengkonsumsi buah murbei akan meningkatkan asupan zat besi anda. 1 cangkir buah murbei segar memberikan sekitar 2,6 mg zat besi di mana jumlah tersebut mencukupi sekitar 32% dari kebutuhan zat besi yang direkomendasikan untuk pria, dan 14% yang direkomendasikan untuk wanita. Zat besi berguna membentuk jaringan dapat mengakses oksigen yang mereka butuhkan dengan sempurna bukan hanya itu salah satu manfaat mempelajari kandungan zat besi adalah untuk mendeteksi kadar oksigen yang rendah di dalam tubuh. Zat besi juga berguna untuk meningkatkan pertumbuhan sel darah putih yang bertanggung jawab dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

2. Sumber vitamin C dan K

Manfaat buah murbei untuk kesehatan juga banyak didapat dari kedua jenis vitamin yaitu vitamin C dan K. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah murbei memainkan peran penting dalam meningkatkan kekuatan jaringan sekaligus meningkatkan sintesis kolagen yang dibutuhkan untuk tulang rawan dan kulit yang sehat. Mengkonsumsi satu cangkir buah murbei menyediakan 51 mg vitamin C yang mencukupi sekitar 57% dari kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan untuk pria dan 68% untuk wanita.

Selain vitamin C, buah murbei juga memiliki kandungan vitamin K yang berkontribusi pada pengembangan jaringan tulang dan membantu mengendalikan tingkat ketebalan darah. Vitamin K juga sangat penting dalam pembekuan darah yang berguna mengurangi pendarahan saat luka atau proses persalinan. Dalam buah murbei segar mengandung setidaknya 10,9 mikrogram vitamin K. Jumlah tersebut memenuhi 9% dan 12% dari asupan vitamin K untuk pria dan wanita.

3. Sumber riboflavin

Riboflavin atau yang disebut juga vitamin B2 merupakan jenis nutrisi penting yang dapat mencegah kerusakan radikal bebas yang dapat mempengaruhi sel dan berkontribusi terhadap penuaan dan munculnya sel kanker. Selain itu, salah satu manfaat buah murbei dari kandungan riboflavin yang dimilikinya adalah mampu mendukung transportasi oksigen, sekaligus menciptakan sel darah merah dan membantu mengubah makanan menjadi energi. Mengkonsumsi 1 cangkir buah murbei menyediakan sekitar 141 mikrogram vitamin B2 dan mencukupi 13% dari kebutuhan vitamin B2 harian kita.

4. Sumber karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat sehat karena dikombinasikan dengan serat. Karbohidrat kompleks banyak ditemukan dari buah dan sayur serta beberapa biji-bijian. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. Dalam satu porsi buah murbei mengandung setidaknya 13,7 gram karbohidrat termasuk 11,3 gram gula alami. Tubuh akan mengubah gula menjadi glukosa yang digunakan sebagai sumber energi untuk sel. Sedangkan serat dalam buah murbei berguna meningkatkan kontrol tubuh terhadap gula sehingga dapat mencegah diabetes. Bukan hanya itu serat juga meningkatkan rasa kenyang sekaligus melonggarkan tinja sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan oleh tubuh melalui proses pencernaan.

5. Mencegah penyakit kanker

Diantara jenis buah-buahan lainnya keluarga berry memang terkenal karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi tidak terkecuali mulberry atau yang kita kenal dengan nama murbei. Antioksidan yang tinggi dalam buah murbei berguna melindungi sel tubuh kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas kerusakan pada sel dapat menyebabkan penyakit kanker. Beberapa jenis antioksidan penting yang ditemukan dalam buah murbei diantaranya seperti antosianin, Vitamin C, vitamin A, dan beberapa senyawa fenolik lainnya. Mengkonsumsi satu cangkir buah murbei organik dapat membantu anda mengurangi risiko penyakit kanker.

6. Ingatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat buah murbei yang sangat penting untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin C dalam buah murbei dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik sehingga kemampuannya dalam melawan virus dan bakteri menjadi lebih maksimal. Selain mengandung tinggi vitamin C, beberapa kandungan zat besi dalam buah murbei juga berguna menciptakan sel darah putih yang bermanfaat mengurangi infeksi.

7. Baik untuk mata anda

Jus buah murbei bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kelelahan pada mata. Selain nanti mengatasi kelelahan kandungan antioksidan dan vitamin a yang tinggi dalam buah murbei juga berguna meningkatkan kesehatan mata anda. Hal ini sangat penting sekali mengingat aktivitas mata sangatlah banyak dan cukup berat terutama di era modern.

8. Membantu meningkatkan kesehatan tulang

Jika anda ingin memiliki tulang yang sehat tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi buah murbei. Buah murbei bukan hanya mengandung vitamin K tetapi juga beberapa mineral penting termasuk zat besi, kalsium, dan fosfor yang kesemuanya berperan penting dalam meningkatkan kesehatan tulang anda. Mencukupi kebutuhan nutrisi tulang pada masa mudah dapat membantu mencegah osteoporosis pada masa tua. Dengan tulang yang sehat maka anda bisa beraktivitas dengan baik dan terbebas dari beberapa masalah tulang.

9. Tingkatkan kesehatan kulit anda

Murbei memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap untuk kulit anda beberapa nutrisi tersebut termasuk vitamin A vitamin E, Vitamin C dan berbagai komponen penting lainnya seperti betakaroten, zeaxanthin, dan alfa-karoten. Semua nutrisi tersebut memiliki tugas tersendiri dalam menjaga kesehatan kulit kita. Vitamin A, E dan C berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas yang mengarah pada keriput dan penuaan dini. Selain berperan sebagai antioksidan vitamin C juga berguna meningkatkan elastisitas kulit.

Dari rangkaian informasi mengenai kandungan nutrisi buah murbei diatas bisa kita ambil kesimpulan beberapa manfaat buah murbei diantaranya adalah:

10. Membantu mencegah pendarahan saat persalinan
11. Mencegah keriput dan masalah penuaan pada kulit
12. Mencegah penyakit diabetes dengan cara mengontrol kadar gula darah
13. Meningkatkan kesehatan tulang rawan
14. Mencegah infeksi
15. Mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak pada mata
16. Meningkatkan kesehatan pencernaan
17. Mencegah penyakit kanker usus besar
18. Membantu pendistribusian oksigen ke seluruh jaringan di dalam tubuh
19. Meningkatkan pasokan energi tubuh

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat buah murbei untuk kesehatan dan informasi seputar kandungan nutrisi di dalamnya. Semoga dapat menambah pengetahuan anda. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa share artikel di atas jika dirasa bermanfaat.